High Five Game sebagai Media Edukatif untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SD
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan jenis Systematic Literature Review (SLR). Referensi yang dikaji terdiri dari jurnal ilmiah, prosiding, dan artikel penelitian yang membahas pembelajaran berbasis permainan, interaksi sosial siswa, dan pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Analisis dilakukan secara tematik untuk menemukan relevansi penggunaan High Five Game terhadap aspek kognitif dan sosial pembelajaran. Pembelajaran Matematika di sekolah dasar masih menghadapi tantangan berupa rendahnya motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi dasar seperti penjumlahan dan pengurangan. Hal ini diperparah dengan penggunaan metode konvensional yang cenderung monoton, kurang interaktif, dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana High Five Game sebagai media pembelajaran berbasis permainan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan sosial dalam proses pembelajaran Matematika di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.