Hubungan Program Adiwiyata dengan Literasi Lingkungan Siswa di SDN 02 Kota Bengkulu
Abstract
This type of research is quantitative. The population is all students at SD 02 Bengkulu City, totaling 358 students. Sampling was taken using the Probability Sampling technique, namely the Proportionate Stratified Random Sampling technique of 20% so that a sample of 72 students was obtained. The instruments used were a student perception questionnaire about the adiwiyata program and a student environmental literacy questionnaire. The research instrument used a closed questionnaire using a Likert scale. The data analysis used is a prerequisite test using the normality test, correlation analysis, namely the variable significance test and the coefficient of determination test. The results of this research show that there is a significant relationship between student participation in student perceptions about the adiwiyata program and environmental literacy. These results are proven by the sig (2-tailed) value of 0.000, significance ≤ 0.05 with a Pearson correlation value of 0.434, a sign that the correlation coefficient is positive. The magnitude of the student participation variable in students' perceptions of the Adiwiyata program with an environmentally caring attitude is 45.1%.
Permasalahan lingkungan saat ini telah menjadi topik yang kian mendesak, terutama karena tingkat kesadaran manusia dalam menjaga keberlanjutannya masih berada pada level yang perlu ditingkatkan. Berbagai faktor penyebab krisis lingkungan dapat ditelusuri dari perilaku manusia itu sendiri, di mana pola pikir yang materialistik, pandangan antroposentris, ketergantungan pada sains semata, gaya hidup yang berlebihan dalam konsumsi, serta kebijakan pembangunan yang cenderung mengabaikan aspek keberlanjutan lingkungan berkontribusi signifikan terhadap kondisi ini. Penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif, dengan populasi yang mencakup seluruh siswa di SD 02 Kota Bengkulu sebanyak 358 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Probability Sampling, khususnya Proportionate Stratified Random Sampling, yang menghasilkan 72 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa angket yang mengukur persepsi siswa terhadap program adiwiyata dan literasi lingkungan, dengan menggunakan format angket tertutup dan skala Likert. Analisis data mencakup uji prasyarat normalitas, analisis korelasi, serta uji signifikansi variabel dan koefisien determinasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara partisipasi siswa dalam persepsi terhadap program adiwiyata dengan literasi lingkungan yang mereka miliki. Hasil ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan relevansi signifikan (≤0,05) serta nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,434 yang mencerminkan hubungan positif antara kedua variabel. Dengan kata lain, sebesar 45,1% partisipasi peserta didik dalam persepsi siswa mengenai program adiwiyata berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan yang ditunjukkan oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Arisanty, D., Nisfinahari, S., Misbah, S., Suci, I., & Yurika, P. (2018). Evaluation of adiwiyata program implementation in sman 1 martapura.. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.11
Azwardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Darussalam: Syiah Kuala University Press.
Farida, Ida. Hadiansah. (2018). Pembangunan Literasi Lingkungan Bermuatan Nilai – Nilai Islam Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Bandung: LP2M.
Fios, F. (2019). Menjadi Manusia Spiritual-Ekologis Di Tengah Krisis Lingkungan-Sebuah Review. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 12(1), 39-50.
Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690-6700.
Handayani, A., Soenarno, S., & A’ini, Z. (2022). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup terhadap sikap peduli lingkungan siswa smpn 20 depok. Edubiologia Biological Science and Education Journal, 2(1), 80. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.11827
Kardinus. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Malang:CV. Literasi Nusantara Abdi.
Khasanah, I., Wibowo, A., & Padmaningrum, D. (2023). Pemberdayaan kelompok tani melalui pengembangan nilai-nilai modal sosial dalam pelestarian lingkungan di kabupaten karanganyar. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Dan Pendidikan Vokasi Pertanian, 4(1), 27-41. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.628
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Mawardi, P., Nurhakim, I., & Veriansyah, I. (2023). Pengembangan Modul Literasi Lingkungan melalui Program Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6609-6619.
Megananda, N., Suyitno, S., & Anindya, D. (2023). Aktualisasi nilai adiwiyata pada konstelasi pembelajaran di sekolah. Madako Elementary School, 2(2), 163-171. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.210
Permatasari, R., Suarsini, E., & Maslikah, S. (2021). Pengaruh pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan terhadap partisipasi siswa sma negeri di kota malang. Jurnal Mipa Dan Pembelajarannya, 1(1), 25-32. https://doi.org/10.17977/um067v1i1p25-32
Sani, A. and Qadri, M. (2024). Manajemen perpustakaan terhadap literasi peserta didik. Jumper Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(2), 95-108. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.238
Shiddieqiey, M., Maghfirah, L., Utami, M., Pribadi, R., & Supeno, S. (2022). Tingkat kesadaran siswa sekolah dasar akan pelestarian lingkungan melalui pembelajaran ipa berbasis laboratorium alam tentang pemanfaatan arang sekam. Jurnal Ipa Terpadu, 6(2), 60. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.31119
Syaifulloh, M., Kodir, A., Zubaidah, S., & Sumarmi, S. (2022). Dynamics and sustainability of environmental conservation at adiwiyata school in malang. Iop Conference Series Earth and Environmental Science, 1066(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1066/1/012015Referensi:
Utami, I., Wulan, S., & Hapidin, H. (2023). Efektivitas penggunaan media permainan engklek maritim untuk meningkatkan kesadaran lingkungan maritim anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2400-2412. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4183
Wahyudin, U. (2017). Strategi komunikasi lingkungan dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Jurnal Common, 1(2). https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitati Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta : Bumi Aksara.
Winarni, E. W., Abdul Muktadir, , Yusnia, Y., Liani, G. A., Heryanto, D., & Wulandari, D. (2025). The Assessment Instruments of Social and Environment Literacy in Science Learning for Elementary School. KnE Social Sciences, 10(12), 359–369. https://doi.org/10.18502/kss.v10i12.18926
Wulandari, D., Winarni, E. W., & Yusnia, Y. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Literasi Lingkungan dalam Muatan Pembelajaran IPAS Kelas V Gugus XI di Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.