Pengembangan Media Poster Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Pada Materi IPA Bagian Tubuh Tumbuhan untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
Abstract
Poster learning media is one of the tools that can be used by teachers to convey information to students such as encouraging understanding and arousing enthusiasm related to learning so that it is easy to understand. This study aims to develop and determine the feasibility of poster media as a learning aid in the material of plant body parts science for grade IV students in Elementary Schools. This study uses the Research & Development (R&D) method with a 4D model with development stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate, but the final stage is not used in this study. Data collection techniques use questionnaires for media experts and material experts as well as student questionnaires. The results of the study showed that the validation of media experts and material experts obtained an average percentage of 94.23% and 84.61%. While the operational trial on the student response questionnaire obtained an average percentage of 96%. The conclusion of the study shows that poster media as a learning aid in the material of plant body parts science for grade IV students in Elementary Schools is said to be very feasible to use in learning.
Media pembelajaran poster menjadi salah satu alat bantu yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi kepada siswa seperti mendorong pemahaman dan membangkitkan antusias terkait dengan pembelajaran sehingga mudah dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media poster sebagai alat bantu pembelajaran pada materi IPA bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Reaserch & Development (R&D) dengan model 4D dengan tahap pengembangan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan), tetapi tahap akhir tidak digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi serta angket siswa. Analisis data peneltian ini menggunakan rumus skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli media dan ahli materi mendapatkan presentase rata-rata 94,23% dan 84,61%. Sedangkan uji coba operasional pada angket respon siswa mendapatkan presentase rata-rata 96%. Simpulan dari penelitian menunjukan media poster sebagai alat bantu pembelajaran pada materi IPA bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV di Sekolah Dasar dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Disarankan agar penelitian selanjutnya mengeksplorasi efektivitas media poster dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan membandingkannya dengan media pembelajaran visual lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah, N. (2021). Pengaruh penggunaan media poster terhadap pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v9i1.1234
Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710-721.
Asbarin, A., Kumillaela, K., & Sari, D. A. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Pesantren dalam Mewujudkan Indonesia Madani di Era Globalisasi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 127-141.
Arisyanto, P., Cahyadi, F., & Azizah, M. (2025). Media Grafis dalam Pendidikan Dasar Pendekatan Berbasis Kasus untuk Pembuatan Media Pembelajaran. Cahya Ghani Recovery.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). Longman.
Dick, W., & Carey, L. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson Education.
Fitriani, E., & Mulyani, S. (2022). Validasi media pembelajaran berbasis visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7(2), 56–65. https://doi.org/10.xxxx/jip.v7i2.5678
Indriany, L., Alam, S., Satriawati, & Cayati. (2023). Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1092–1102. Diakses dari https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6478
Iskandar, K., & Kundji, R. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA POSTER MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 7 LIMBOTO. Al-Mujahidah, 6(1), 69-78.
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran poster berbasis literasi dan numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 88-97.
Lestari, A., & Kurniawan, D. (2020). Efektivitas penggunaan media poster dalam
Maeretta, I. A. (2024, October). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Multimedia Interaktif tipe Wordwall Pada Siswa Kelas IV Di SDN Mergosono 2. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 629-639).
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. Diakses dari https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. New York: Oxford University Press.
Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.
Risal, Z., Hakim, R., Abdullah, A.R (2022). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN RESEARCH AND DEVELOPMENR (R&D). Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sari, M. P., & Rohman, F. (2020). Penggunaan media visual dalam meningkatkan
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University.
Wahyuni, S. (2020). “Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Tumbuhan di Kelas IV SDN 1 Sukamaju.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 112–120.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.
Refbacks
- There are currently no refbacks.