Hubunngan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Berbantuan Aplikasi Canva dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
This study is motivated by students who still have difficulty in understanding reading in depth. This is indicated by the low results of students' reading evaluation, both in the aspects of answering questions, finding the main idea, and concluding the content of the text. The purpose of this study was to determine the relationship between GLS and reading comprehension skills. This research method is a correlational approach. With the sample choosing total sampling of 39 students, with data collection techniques in the form of tests and questionnaires. The data processing and analysis techniques used statistical prerequisite tests, and hypothesis testing (correlation). As for the results of descriptive statistical analysis, the research results of the school literacy movement have an average of 74.40 and a percentage of 74.4% and the average reading comprehension ability of students has an average of 56.41 and a percentage of 56.4% with a very good category. Based on the results of statistical analysis, there is a positive and significant relationship between the school literacy movement assisted by the canva application and the reading comprehension skills of grade V students of SDN 2 Sukarame, Bayongbong District. The direction of the positive relationship is indicated by the value of the correlation coefficient of 0.511 is positive. There is a significant relationship indicated by the correlation coefficient of r count 0.511 and r table 0.172 (r count> r table). This means that every time there is an increase in the quality of the school literacy movement assisted by the canva application, it will be followed by an increase in the quality of the school literacy movement assisted by the canva application.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami bacaan secara mendalam. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil evaluasi membaca siswa, baik dalam aspek menjawab pertanyaan, menemukan gagasan utama, maupun menyimpulkan isi teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan GLS dengan kemampuan membaca pemahaman. Metode penelitian ini berupa pendekatan korelasional. Dengan sampel memilih total sampling yaitu sebanyak 39 siswa, dengan Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Adapun teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji prasyarat statistic, dan uji hipotesis (korelasional). Adapun hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian gerakan literasi sekolah memiliki rata-rata 74,40 dan presentase 74,4% dan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa memiliki rata-rata 56,41 dan presentase 56,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis satistik, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah berbantu aplikasi canva dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 2 Sukarame Kecamatan Bayongbong. Arah hubungan positif ditunjukan dengan nilai dari koefisien korelasi sebesar 0,511 adalah positif. Ada hubungan yang signifikan ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar r hitung 0,511 dan r tabel 0,172 (r hitung > r tabel). Ini artinya setiap kali adanya kenaikan pada kualitas gerakan literasi sekolah berbantu aplikasi canva maka akan diikuti dengan kenaikan kemampuan membaca pemahaman siswa. Oleh karena itu, hendaknya semua pihak bekerja sama memfasilitasi dan mendukung upaya peningkatan gerakan literasi sekolah ini dalam hal penyediaan sumber daya yang memadai seperti memperbaiki infrastruktur sekolah dan menyediakan lebih banyak buku serta materi bacaan yang bervariasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Lina. 2016. Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus [Skrpsi]. Semarang (ID): Universitas Negri Semarang.
Faizah, Dewi Utami, et al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.
Handayani, S. P. hubungan gerakan literasi sekolah (gls) terhadap minat baca siswa kelas iii sd al-fath cirendeu (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Halimah, A. (2015). Pengaruh metode sq3r terhadap kemampuan membaca pemahaman. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 201-220.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dan implementasinya di sekolah dasar. Jessica, A. R. A. (2020). PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 BERBASIS E-LEARNING TEMA 8 “BUMIKU” KELAS VI SD NEGERI 2 PURBALINGGA LOR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, Rahmah Nita Rukmina dkk. (2022). Hubungan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 2 Tahun 2022 Halm 24 – 30.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
-----------. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Handayani, S. P. (2024). hubungan gerakan literasi sekolah (gls) terhadap minat baca siswa kelas iii sd al-fath cirendeu (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau Dari Hasil-Hail Studi Internasional. Seminar Nasional FKIP-UT, 3, 1–22. Http://Pustaka.Ut.Ac.Id/Pdfartikel/TIG601.Pdf/
Utami, N. F., Permana, R., & Nurfitriani, M. (2024). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Palasari. AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 255-265.
Yunianika, I. T. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497-503.
Refbacks
- There are currently no refbacks.