Pengaruh Strategi Pembelajaraan KWL (Know, Want, Learn) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sukasenang
Abstract
This study aims to examine the effect of the KWL (Know, Want, Learn) learning strategy on students' understanding of science concepts. The research is significant in assessing the effectiveness of the KWL strategy in enhancing science concept comprehension among fifth-grade students at SDN 1 Sukasenang, and it serves as a foundation for developing more innovative and student-centered learning practices. This research adopts a quantitative approach using a quasi-experimental design, specifically a non-equivalent control group design with a pretest-posttest model. The sample was selected through purposive sampling, involving two classes: class VB as the control group and class VC as the experimental group. The instrument used was a test designed to measure students' conceptual understanding. Data were analyzed using a t-test, preceded by normality and homogeneity tests. The results showed that the average pretest score was 44.3, while the posttest average increased to 83.70 after implementing the KWL strategy. The hypothesis testing indicated a significant difference, with a t-value of 3.50 compared to a t-table value of 2.09 at a 5% significance level. These findings suggest that the KWL learning strategy significantly influences students' understanding of science concepts. Therefore, it is recommended that elementary science teachers consider utilizing the KWL strategy as an effective alternative to improve students' conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran KWL (Know,Want,Learn) terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menjadi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas strategi KWL dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V di SDN 1 Sukasenang, sehingga dapat menjadi dasar pengembangan praktik pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa. Penelitian ini termasuk dalam kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yang digunakan adalah tipe non-equivalent control group desain dengan model pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Sampel ditentukan secara purposive sampling di kelas V SDN 1 Sukasenang, dengan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dan VC sebagai kelas eksperimen. Instrumen menggunakan soal untuk melihat kemampuan konsep siswa. Kemudian dianalisis dengan Uji t dengan uji pra syarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep IPA siswa sebelum menggunakan adalah 44,3. Setelah dilakukan treatment yakni penggunaan Strategi KWL (Know,Want,Learn), rata-rata pemahaman konsep IPA siswa adalah 83,70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis pemahaman konsep IPA menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) menunjukkan thitung pemahaman konsep sebesar 3,50 dan ttsbel pemahaman konsep 2,09. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi KWL (Know,Want,Learn) terhadap pemahaman konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran IPA, untuk mempertimbangkan penggunaan strategi pembelajaran KWL sebagai alternatif metode yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada. . 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada
Awaliah, A. N. (2024). Penerapan strategi Know-Want to know-Learn (KWL) berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV: Penelitian quasi eksperiment di MIS YAPINUR Kabupaten Garut (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Buehl, D. (2009). Classroom Strategies for Interactive Learneding. Newark: International
Reading Association.
Cahyaningtyas, Citra. “Penerapan Strategi KWL (Know,Want, And Learn) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jember. 2011.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Fitriana, F., Karma, I. N., & Setiawan, H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Progres Pendidikan, 2(1), 35-40.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.
Hamzah., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hari Satrijono, Izzah Fitri Badriyah, Fajar Surya Hutama. “Penerapan Strategi Know, Want to Know Learne (KWL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV B Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02”. Jurnal Profesi Keguruan, Vol 5 No.1 Mei: 2019
Herliyanto. (2015).“Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman ddan Minat
Membaca)”, Yogyakarta: Deepublish.
Jewaru, M, dkk. (2020). Penerapan Strategi KWL (Know, Want to Know,Learned) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Bali Star Academy Tahun Ajaran 2019/2020.
Karim, Asrul. 2011. ―Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khusus(1): 21–32.
Karim, Asrul. 2011. ―Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khus(1): 21–32.
Munawati, Chandra. “Penerapan Strategi KWL (Know, Want, And Learned) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MI Ar-Raudhah Kec. Bumi Makmur Kab. Tanah Laut”. Banjarmasin. 2018.
NCTM. 2014. Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Ningsih, Erna dan Misyanto. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want To Know-Learned) Berbantuan Media Cerita Bergambar Pada Kelas III SDN- 3 Palangkaraya”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 4 No 1 Juni:2018, h.46
Nugraha, W. S., & Raihan, D. (2023). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA DI KELAS V SDN 1 CINISTI. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 138-145.
Nugraheni, Esti Ambar, and SugimanSugiman. 2013. ―PengaruhPendekatan PMRI Terhadap AktivitasDan Pemahaman Konsep MatematikaSiswa SMP.‖ Pythagoras - Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8(1), pp:101 – 8.
Nugrahini, D. W. 2012. Peningkatan Keaktifan Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hands on Activity pada Pembelajaran IPA Tema Pencemaran Air Kelas VII di SMPN 1 Seyegan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I):What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://www.oecdilibrary.org/education/pisa2018resultsvolumei_5f07c754-en
Pringgawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Risnawati, Pengaruh Model Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Open Ended
Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa,‖
Beta 4, no. 2 (2011): 101–119 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sudjana, Nana dan Ibrahim.(2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar
Baru Algensindo.
Sugiono. (2010) Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D) Cet.9; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alvabeta. Sundayana, Rostina. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suraji, Maimunah, dan Sehatta Saragih. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4 (1): 9-16
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Tarigan, Henry Guntur. “Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung: Angkasa, 2018
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (Cetakan ke-5). Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.