Menanamkan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Purbalingga Kidul
Abstract
This study aims to describe how the character education of a love of reading is instilled through the School Literacy Movement at SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Although the results of the Computer-Based National Assessment (ANBK) show that SD Negeri 1 Purbalingga Kidul has a fairly good literacy level, in reality the implementation of the School Literacy Movement (GLS) at this school is still not optimal. This is an interesting reason for researchers because there is a mismatch between potential and actual implementation. Daily literacy activities have not been implemented consistently, so that reading habits have not fully become part of the student's learning culture, as well as identifying factors that support and hinder its implementation. The approach used is a descriptive qualitative with a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The research subjects included 5 students, a second-grade teacher, and the principal. Data validation was carried out using the Miles and Hubermas model. The data analysis process includes data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that reading is an important activity for gaining insight, expanding knowledge, and adding information. The success of the School Literacy Movement is highly dependent on the availability of libraries, reading corners, and access to quality books at schools. Students are required to participate in the School Literacy Movement for 10-15 minutes before classes begin. Each day, the activity begins by giving students the opportunity to choose a book of their choice. It is recommended that schools increase the consistency and scope of the School Literacy Movement so that reading can truly become an ingrained part of the students' culture.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penanaman pendidikan karakter gemar membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Walaupun hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) memperlihatkan bahwa SD Negeri 1 Purbalingga Kidul memiliki tingkat literasi yang cukup baik, kenyatannya pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah ini masih belum optimal. Hal ini menjadi alasan menarik bagi peneliti karena terjadi tidak kesesuaian antara potensi dan implementasi nyata. Kegiatan literasi harian belum dilaksanakan secara konsisten, sehingga kebiasaan membaca belum sepenuhnya menjadi bagian dari budaya belajar siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaanya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi 5 siswa, guru kelas II, dan kepala sekolah. Validasi data dilakukan menggunakan model Miles dan Hubermas. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca merupakan aktivitas penting untuk memperoleh wawasan, memperluas pengetahuan, dan menambah informasi. Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah sangat bergantung pada ketersediaan perpustakaan, sudut baca, serta akses terhadap buku-buku berkualitas di sekolah. Peserta didik diwajibkan mengikuti Gerakan Literasi Sekolah selama 10-15 menit sebelum pelajaran dimulai. Setiap hari, kegiatan dimulai dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih buku yang mereka sukai. Dianjurkan agar sekolah meningkatkan konsistensi dan cakupan dalam menjalankan Gerakan Literasi Sekolah, sehingga kebiasaan membaca dapat benar-benar menjadi bagian dari budaya para siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acetylena, Sita. 2018. “Hadjar Dewantara (Perspektif Teori Kritis Habermas).” Journal of Islamic Education Studies III(1). Anindyarini, Atikah, Sumarwati, Budi Waluyo, Sri Hastuti, and Yant Mujiyanto. 2019. “Strategi Menghidupkan Budaya Literasi Melalui Dongeng.” Senadimas 7(1). Arto, Subi, and Wakhudin Wakhudin. 2021. “The Role of Teachers in Improving the Discipline Character of Students.” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 13(2):71. doi: 10.30595/dinamika.v13i2.11552. Ayni, Nuril, Risma Nurmaning Azizah, and Reksa Adya Pribadi. 2022. “Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10(1). doi: 10.47668/pkwu.v10i1.353. Fathiara, Anggit, Badarudin Badarudin, and Aji Heru Muslim. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 4(2):92. doi: 10.31602/muallimuna.v4i2.1863. Fatmasari, Era, Rizki Alfiana, Ninda Silvia, and Parasian Sinambella. 2022. “Analisis Karakter Gemar Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Research 3(3). doi: 10.37251/jber.v3i3.271. Istiqomah, Kumil, Waridah Waridah, and Mastiah Mastiah. 2022. “PERAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI.” Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1). doi: 10.46368/mkjpaud.v2i1.677. Kusumastuti, Narendradewi. 2017. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5 Tahun Cultivating Moral Values through Storytelling Activity.” Fondasi Dan Aplikasi 5(2). M. Fadillah. 2016. “PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN-PERMAINAN EDUKATIF.” PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo. Muktiali, Saiful, Sarwo Edy, and Nenda Nenda. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Gemar Membaca Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8(1):499–509. doi: 10.31004/basicedu.v8i1.7142. Nopitasari, Eryka Tri, and Raden Roro Nanik Setyowati. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Religius Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Magetan.” Journal of Civics and Moral Studies 6(2):1–16. doi: 10.26740/jcms.v6n2.p1-16. Oktarina, Ary. 2018. “Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di SD N Golo Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 Tahun Ke-7 2018 30(7):2.941-2.951. Pamungkas, S. K., I. Isawati, and T. Yunianto. 2022. “Implementasi Karakter Gotong Royong Berbasis Online Colaborative Learning.” Jurnal Candi 18(2). Pantiwati, Yuni. 2021. “MODEL PEMBELAJARAN LI-PRO-GP (LITERASI BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI GLS DAN PPK).” Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) 2. doi: 10.31000/sinamu.v2i0.3593. Priasti, Silvia Nur, and Suyatno Suyatno. 2021. “Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(2):395. doi: 10.33394/jk.v7i2.3211. Puspito, Danang Wahyu. 2017. “Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah.” Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II 3(2). Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. 2022. “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA Dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi Dan Numerasi.” Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1). Ramandanu, Febriana. 2019. “GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA KELAS SEBAGAI SARANA ALTERNATIF PENUMBUHAN MINAT BACA SISWA.” Mimbar Ilmu 24(1). doi: 10.23887/mi.v24i1.17405. Sari, Puput Purwita. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 7(2):205–17. doi: 10.24090/jimrf.v7i2.2521. Shoimah, Lailatus. 2018. “Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah.” Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Article/View/4206 1(2):169–75. Subhananto, Aprian, Helminsyah Helminsyah, Mira Dahlia Sari, Zulheri Is, and Rita Wahyuni. 2024. “Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1). doi: 10.47776/praxis.v2i1.835. Sugiyanto, Sugiyanto, Syamsu Yusuf-LN, Mamat Supriatna, and Amin Budiamin. 2023. “Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Tut Wuri Handayani Sebagai Asas Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Karakter 14(1):91–103. doi: 10.21831/jpka.v14i1.59168. Tanjung, Rahman, Amir Supandi, and Nazma Nurhaolah. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Tahsinia 1(1):82–91. doi: 10.57171/jt.v1i1.43. Tri Widyahening, Christiana Evy, and Luqman Al Hakim. 2024. “Peran Ibu Dalam Membudayakan Minat Baca Melalui Kegiatan Mendongeng Bagi Anak.” AKM: Aksi Kepada Masyarakat 4(2). doi: 10.36908/akm.v4i2.986. Wahiddin, Ihsa. 2021. “Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dala Kitab Alaalaa Karya Syekh Al-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Wakhudin, Wakhudin, Asih Ernawati, and Subuh Anggoro. 2023. “Developing the Religious Character of Primary School Students with Habituation.” doi: 10.4108/eai.22-7-2023.2335704. Wandani, Amalia Rizki, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1(2):34–39. doi: 10.56393/decive.v1i2.225. Zaman, Badrus. 2019. “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Ndonesia.” AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam 2(1):16–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.