Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Mahasiswa PGSD

Wahyudi Wahyudi, Kartika Chrysti Suryandari, Muhamad Chamdani, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Murwani Dewi Wijayanti, Dewi Indrapangastuti

Abstract

One of the life skills in 21st century skills is critical thinking and problem solving. For this reason, innovative learning strategies are needed by developing problem-based teaching materials. The purpose of this study is to analyze the need for problem-based Geometry and Social Arithmetic teaching materials to improve the critical thinking skills of PGSD students. This qualitative design study involved 121 PGSD students of FKIP UNS Kebumen Campus in 2025. The instruments used were observation sheets, questionnaires, and document analysis. Data analysis used qualitative data analysis which included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that the need for Geometry and Social Arithmetic teaching materials included: (a) flat geometry, (b) transformation geometry, (c) spatial geometry, (d) measurement, (e) social arithmetic, (f) mathematical problem solving. The conclusion of this study is that the analysis of teaching material needs is very necessary in the development of problem-based teaching materials. The results of this study can be used as recommendations for developing other types of teaching materials.

Salah satu kecakapan hidup pada keterampilan abad 21 adalah critical thinking and problem solving. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran inovatif dengan mengembangkan bahan ajar berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan bahan ajar Geometri dan Aritmetika Sosial berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Penelitian ini desain kualitatif melibatkan 121 mahasiswa PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen tahun 2025.  Instrumen yang digunakanadalah lembar observasi, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan bahan ajar Geometri dan Aritmetika Sosial meliputi: (a) geometri datar, (b) geometri tranformasi, (c) geometri ruang, (d) pengukuran,  (e) aritmetika sosial, (f) pemecahan masalah matematika. Simpulan penelitian ini adalah analisis kebutuhan bahan ajar sangat diperlukan dalam pengembangan bahan ajar berbasis masalah. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendai untuk mengembangkan jenis bahan ajar lainnya.

Keywords

Analisis kebutuhan, bahan ajar, berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(3), 752. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762

Ahmad, K. & Lestari, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. .22 Th. III. 183-193.

Ahmadika, F.E., dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Lingkaran Kelas VIII. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika . Volume 3, No. 1 (87-97).

Annisa, I.S & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Klasifikasi Materi Terintegrasi Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu. 5 (4). 1754-1765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1019

Bahij, A. A., dkk. (2022). Bahan ajar pendidikan lingkungan hidup berbasis problem based learning untuk mahasiswa PGSD dinyatakan sangat valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan lingkungan hidup. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 6 (1). 213-227. http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.11799

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press.

Fakhriyah, I. (2014). Penerapan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). 3 (1). 95-1001. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Irena Maharani, I.; Putra, A.A. (2023). Hubungan Metode Problem Based Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Mutaʹallimin - Vol. 1 No. 1 (2023). https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM.

Magdalena, I., dkk, (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN. Vol. 2, No.8 (10-20). Prefix DOI 10.9644/scp.v1i1.332.

Mariyani, A., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar untuk Mata Kuliah Pengembangan IPA SD Pada Program Studi PGSD Berbasis Literasi Sains. Jurnal Sinektik. 6 (2). 115-128. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/9151/5297

Murti, C.R, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Persiapan PPL untuk Mahasiswa PGSD yang Mengakomodasi Diverse Learners. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 10 (1). 67-74

Murtiwi, W., dkk. (2015). Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Penyelesaian Masalah Matematis Siswa SMP: Tesis Prodi S2 Matematika UNTAN.

Nur, H., Berlianti, N. A., & Wijayadi, A. W. (2019). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Akademik Mahasiswa. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 6(2), 7–11. https://doi.org/10.29407/jbp.v6i2.14792.

Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara No. 225/JTE/2021 1-79. https://.repository.Penerbiteureka.com/id/publications/565674/penelitiantindakan-kelas.

Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552.

Pranata, A.H., dkk. (2023). Pengembangan Modul Ajar Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9 (2). 971-983.

Rati, N. W., & Rediani, N. N. (2020). E-learning Assissted by Finger Printing on Students’ Critical Thinking and Creativity. Journal of Education Technology, 4(4), 433. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30214.

Rediani, N.N. (2022). Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah Berbasis Aktivitas terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar bagi Pengembangan Konsep-Konsep Dasar IPA. Junal Mimbar Ilmu. 27 (3). 511-521. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.55431.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155

Rochmatika, I. (2023). Desain Bahan Ajar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 11, No. 1. DOI: 10.33603/ejpe.v10i1.7,

Saparuddin, S., Patongai, D. D. P. U. S., & Sahribulan, S. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berpiki Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 103–111. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Pendidikan Tambusai, 2(2), 621–631. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272.

Widiani, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Subang. IV(1). 30-49.

Youllanda, W., Medriati, R., & Swistoro, E. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 191–198. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.191-198.

Zulkarnain, Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding. J. Pijar MIPA, 14(2), 96–100. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.