Kincir Perkalian: Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Tri Utami, Febrian Haninda Nabila Zahra, Indah Agustin Nugraheni, Zahra Damayanti

Abstract

Elementary school students often show low interest in learning mathematics, especially in understanding multiplication operations. One way to address this issue is by using interactive learning media that is relevant to everyday life. Literature reviews indicate that the *Multiplication Wheel* has great potential to increase students' participation and understanding by presenting multiplication concepts in a fun, engaging, and contextual way. The purpose of this study is to evaluate the potential and effectiveness of the Multiplication Wheel in improving students’ interest and learning outcomes in mathematics. This study uses a descriptive qualitative approach with fifth-grade elementary students as participants, and the data were collected through observation and questionnaires, then analyzed descriptively. Based on the reviewed sources, this media can support visual and manipulative learning, provide enjoyable learning experiences, and encourage students’ active involvement. Therefore, the Multiplication Wheel can serve as an effective alternative learning media suitable for the characteristics of elementary school students.

Ketertarikan siswa SD terhadap pelajaran matematika seringkali rendah, terutama dalam memahami operasi perkalian. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah media pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tinjauan pustaka menunjukkan bahwa Kincir Perkalian memiliki potensi besar dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa, serta menyajikan perkalian dengan cara yang menyenangkan dan kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi potensi dan efektivitas Kincir Perkalian terhadap minat dan hasil belajar siswa SD melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan peserta siswa kelas V, menggunakan instrumen observasi dan angket, serta dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil studi pustaka, media ini mendukung pembelajaran visual dan manipulatif, serta mendorong keterlibatan aktif siswa. Oleh karena itu, Kincir Perkalian dapat menjadi media alternatif yang efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa usia sekolah dasar.

Keywords

Kincir Perkalian, media pembelajaran, minat belajar

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, D., & Yuliati, L. (2020). Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 85–94.

Musfiroh, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Permainan untuk Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 45–52.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sumarni, W. (2022). Inovasi Media Edukatif untuk Pembelajaran Operasi Hitung di SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 3(1), 112–119.

Utami, R. N., & Prastyo, D. (2021). Peran Media Visual dalam Pembelajaran Perkalian pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(3), 150–158.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek RI). (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Anggraeni, R. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 15–23.

Wulandari, S. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Operasi Hitung. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 34–41.

Rahmawati, D., & Yuniarti, A. (2022). Strategi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pendidikan, 9(1), 50–59.

Putri, L. M. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Media Edukatif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 379–390.

Prasetya, B. (2023). Efektivitas Media Permainan terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 67–75.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.