Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
The low learning motivation of elementary school students is a challenge in the world of education, so innovation is needed in participatory and fun learning models such as the talking stick learning model, which is the background of the research. This study aims to describe the influence of the talking stick learning model on learning motivation based on previous research findings. Literature studies are used as a research method obtained through scientific research articles from 2016-2025 found on Google Scholar as many as 30 relevant articles and used as a literature review then identified by reading, categorizing, analyzing, classifying, and describing. The results of the data analysis show that learning motivation increased significantly after the implementation of the talking stick model. This is proven by researchers who argue that the results of their research state that the talking stick model has an effect on increasing learning motivation. This means that the talking stick model is able to increase the level of learning motivation of elementary school students. It is recommended that teachers at the elementary school level can implement the talking stick model so that learning is more active and motivates students during the learning process.
Motivasi belajar siswa sekolah dasar yang masih rendah menjadi tantangan dalam dunia pendidikan, sehingga diperlukan inovasi dalam model pembelajaran yang bersifat partisipatif dan menyenangkan seperti model pembelajaran talking stick yakni hal yang melatarbelakangi penelitian. Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan mengenai pengaruh model pembelajaran talking stick ke motivasi belajar yang didasarkan temuan penelitian terdahulu.Studi literatur dipakai sebagai metode penelitian yang didapatkan melalui artikel penelitian ilmiah mulai tahun 2016-2025 yang terdapat di Google Scholar sebanyak 30 artikel yang relevan dan dijadikan sebagai kajian pustaka kemudian diidentifikasi dengan membaca, mengkatagori, menganalisis, mengklasifikasikan, dan mendeskripsi. Hasil analisis data memperlihatkan motivasi belajar meningkat secara signifikan sesudah penerapan model talking stick. Hal tersebut dibuktikan oleh peneliti-peneliti yang berpendapat dari hasil penelitiannya menyebutkan model talking stick berpengaruh ke peningkatan motivasi belajar. Artinya model talking stick mampu menumbuhkan tingkat motivasi belajar siswa sekolah dasar. Disarankan untuk guru di tingkat sekolah dasar bisa melakukan penerapan model talking stick agar pembelajaran semakin aktif serta memotivasi siswa saat proses belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1 (1), 30-37.
Alfiyani, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2 (1), 43-49.
Amalia, E. S, Karyawati, L., & Karnia, N. (2024). Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Malangsari 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (2), 26277-26285.
Anggriyanto, N. A., & Atmojo, S. E. (2018). Penerapan Model Talking Stick Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas III SD N 2 Jambidan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal PGSD Indonesia , 4 (1), 8-8.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal Of Education Technology, 1 (3), 183-190.
Bastari, A., Eliyana, A., & Wijayanti, T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Mediasi: Studi Pada Perusahaan Milik Negara. Jurnal Manajemen, 10 (12), 2883-2888.
Djabidi, F. (2017) Manajemen Pengelolaan Kelas Upaya Peningkatan Strategi dan Kualitas Dalam Pembelajaran. Malang: Madani.
Fausiah, F., Nawir, M., & Nursalam, N. (2024). Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Media Pembelajaran Mystery Box Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Gugus 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4 (2), 626-638.
Finayanti, D., Hakim, L., & Rizhardi, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 88 Palembang. Jurnal Pendidikan Amarta, 3 (4), 140-148.
Hadi, M. S., & Metroyadi. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa, Menggunakan Kombinasi Model PBL, Discovery Learning dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling. Bahasa Indonesia: 1 (3), 866-875.
Hartina, S. (2021). Using Talking Stick Method To Improve The Speaking Ability. International Journal of Language Education, 5 (3), 45-53.
Hazhari, A., & Pamungkas, M. S. H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Professional Elementary Education, 4 (1), 34-41.
Hidayanti, N. A., Maryamah, M., Saputra, A. D., Fadil, A., & Tauhid, I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Palembang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2), 81-90.
Jannah, A. I., & Posangi, S. S. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Menyambut Usia Balig Melalui Penerapan Metode Talking Stick. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (1), 20-31.
Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1847-1854.
Marni, M. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas VI SDN Tanjungsari. Al Hikmah: Journal Of Education, 1 (1), 71-84.
Muhaimin, R., & Firmansyah, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Pemahaman dan Motivasi Siswa Sd Kelas 5b Pada Mata Pelajaran Matematika di Sd Muhammadiyah 1 Bangkalan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 267-278.
Nafitupulu, S., & Waudy, K. (2023). Penerapan Model Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2), 83-87.
Nasution, S. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 182/I Hutan Lindung. Pendidikan: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1 (1), 124-135.
Nurhakim, H. Q. A., Sabrina, A., Sobarna, A., & Saepudin, A. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Khulafaurrasyidin di Kelas V SDN Cinunuk 01 Bandung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (1), 121-134.
Nurliyanti, E., & Sari, DD (2024). Meningkatkan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Menggunakan Model PBL, Talking Stick, Metode Demonstrasi. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2 (2), 377-382.
Nursalam, N., Kamaruddin, R., & Ruslan, N. S. R. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan, 13 (1), 122-131.
Prayogi, P. (2019). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di Mi Al Hasib Pakisjajar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 15-19.
Putri, R., dan Metroyadi. (2023). Meningkatan Aktivitas dan Motivasi Belajar Menggunakan Model PBL, TGT, Talking Stick di SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia: 1 (2), 56-63.
Rahayu, S., & Halimah, M. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1), 308-318.
Ramadhan, N. S., Nawir, M., & Salam, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Model Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18 (1), 35-46.
Rofi'ah, N., & Ma'ruf, A. (2020). Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu'allim, 2 (1), 29-3
Safitri, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1 (1), 84-91.
Salsabila, Sp, & Gumala, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Rukasi: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1), 32-44.
Santiasih, N. L. A., Ganing, N. N., & Sujana, I. W. (2016). Penerapan Talking Stick Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 4 (1).
Sumarlan, S. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 189/V Kuala Indah. Primaria Educationem Journal, 2 (2), 177-186.
Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., ... & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, And Collaboration: Assessment, Certification, And Promotion Of 21st Century Skills For The Future Of Work And Education. Journal Of Intelligence, 11 (3), 54.
Tirtawati, S. A. K., Abadi, I. B. G. S., & Se, M. P. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4 (3).
Utami, G. A. M. W., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2016). Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 4 (1).
Yulita, E., Nahwiyah, S., & Zulhaini, Z. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan BP Kelas IV di SDN 007 Sikijang Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 6 (1), 17-28.
Yuniari, N. P. A., Jampel, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2023). Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (3), 468–474.
Refbacks
- There are currently no refbacks.