Optimalisasi Pendidikan Inklusi Menuju Masa Depan Sekolah Dasar Berkualitas
Abstract
Inclusive education at primary school level is an important step in ensuring the right to education for all children, including children with special needs. This study aims to analyse the urgency of inclusive education, the challenges of implementation in primary schools, optimization strategies and the implications for the quality of education. The review method uses a literature study by reviewing national regulations, inclusion theory and relevant research. The study method uses a descriptive qualitative approach through a literature study by analyzing national regulations, inclusion theories and relevant research results. The subjects of this study are policy documents, scientific journals and literature that discuss inclusive education in primary schools with document collection and analysis procedures through content analysis techniques. The results show that the main obstacles to implementing inclusion include low teacher competence, weak internal school policies, limited infrastructure, and low awareness of diversity values among the school community. Suggested strategies include strengthening policies, training inclusive teachers, adapting the curriculum, developing child-friendly infrastructure and cultivating an inclusive school culture. Inclusive education has been shown to have a positive impact on the learning climate, pedagogical innovation and generally improving student learning outcomes. It is hoped that these findings will inform the formulation of inclusive education policies and practices in Indonesia,
Pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar merupakan langkah penting dalam menjamin hak pendidikan bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Kajian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pendidikan inklusi, tantangan implementasi di sekolah dasar, strategi optimalisasi, serta implikasinya terhadap kualitas pendidikan. Metode kajian menggunakan studi pustaka dengan mengkaji regulasi nasional, teori inklusi, serta penelitian relevan. Metode kajian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dengan menganalisis regulasi nasional, teori inklusi, serta hasil penelitian yang relevan. Subjek pada kajian ini berupa dokumen kebijakan, jurnal ilmiah, dan literatur yang membahas pendidikan inklusi di sekolah dasar dengan prosedur prngumpulan dan analisis dokumen melalui teknik analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kendala utama implementasi inklusi mencakup rendahnya kompetensi guru, lemahnya kebijakan internal sekolah, keterbatasan infrastruktur, serta rendahnya kesadaran komunitas sekolah terhadap nilai-nilai keberagaman. Strategi yang disarankan meliputi penguatan kebijakan, pelatihan guru inklusif, adaptasi kurikulum, pengembangan sarana-prasarana ramah ABK, dan penanaman budaya sekolah yang inklusif. Pendidikan inklusi terbukti berdampak positif terhadap iklim belajar, inovasi pedagogis, serta peningkatan hasil belajar siswa secara umum. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar perumusan kebijakan dan praktik pendidikan inklusif yang lebih efektif dan berkelanjutan di Indonesia. Berdasarkan pemaparan tersebut, saran dari peneliti yang dapat dilakukan antara lain strategi optimalisasi melalui penguatan kebijakan, pelatihan guru, kurikulum adaptif, pengembangan sarana ramah ABK, serta pembentukan budaya inklusif terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Af'idah, A., Purwoko, B., & Hazin, M. (2025). Implementing Regional Inclusive Education Policies to Realize Education Without Borders. Academia Open, 10(1), 10-21070.
Darwis, A. A. (2024). Penguatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Inklusif Melalui Pelatihan Kompensatoris. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 169–176. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15701
Dwi Arnia Ulfa, O. F., & Wardany. (2022). Kesiapan guru dalam penyelenggaran kelas inklusi di MI NW Lendang Penyonggok, Lombok. Jurnal Pendidikan Khusus (JPK), 18(2), 113–123. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/48322
Istikhanah, A. S., Sary, Y. L., & Andriani, O. (2023). Implementasi Landasan Konvensional Dan Yuridis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kabupaten Bungo. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (JPVS), 2(1), 41–46. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1748
Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91
Johnson, B. & Christensen, Larry. (2012). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (4th ed). London: SAGE Publication Ltd.
Hakim, C.. (2016, Juni 16). Kode Morse THR. Kompas Online. Diakses dari http://www.kompas.com
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2011). Peraturan Mendiknas tentang Satuan Pengawasan Internal (Permendiknas Nomor 47 tahun 2011). Jakarta: Penulis.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Khoirunisa, S., Muhroji, M., Wulandari, R., & Pratiwi, A. S. (2024). Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 97–109. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v6i1.23644
Komariyah, S. N., Bagarkorowati, R., & Lianty, L. (2017). Pemahaman Guru Terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Wilayah Kepulauan Seribu. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 216–222. https://doi.org/10.21009/parameter.292.09
Marsha Chrysanta Valentina, Nanda Alyya Riftina Azmi, Sania Putri Cantika, & Tin Rustini. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Dalam OptimalisasiManajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(1), 197–202.
Maryam, M., Nasrullah, A., & Aliyah, S. R. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Journal of Instructional and Development Researches, 4(5), 418–430. https://doi.org/10.53621/jider.v4i5.386
Mursak, M., Supena, A., Bintoro, T., & ... (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sdn 13 Banawa: Tantangan Dan Strategi. … Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 09, 154–167. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/20195
Mustika, D., Afta, I., Aini, K., Auliya, N., & Febrianti, S. (2024). Studi Literatur: Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan PendidikanInklusi di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 11409–11415.
N. Tlou, F., & Nyoni, T. (2021). Alignments and Mismatches of Policies on Children with Learning Difficulties/Disabilities to Professional Practice Expectations in Zimbabwe: A Reality Check. American Journal of Educational Research, 9(8), 465–471. https://doi.org/10.12691/education-9-8-1
Peraturan Pemerintah no 35 Tahun 2014. https://peraturan.bpk.go.id/Details/5473/pp-no-35-tahun-2014
Pratama, D. W., & Roesminingsih, E. (2023). Manajemen Humas pada Sekolah Inklusi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(01), 1–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56993
Salma, Q. A., & Najibah, F. (2025). Pendidikan Inklusi di SDN Ciracas Jakarta Timur: Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 20-20.
Sania, S. (2019). Kebijakan Permendiknas Tentang Penyelenggaraan Pedidikan Inklusi.PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,1(1), 29–37.https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3325
Sari, S. N., Hajri, N., Andriani, O., & Wicaksono, N. F. (2023). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), 2(1), 70-75.
Setianingsih, E. S., & Listyarini, I. (2019). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Di Sd Bina Harapan Semarang. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 257-268.
Sitanggang, A. R., Puteri, A., Nduru, E. B., Fazira, E. M. T., Anggriana, F., Nainggolan, I. B., ... & Ningsih, W. D. (2025). Optimalisasi pendidikan inklusi di Indonesia: tantangan, permasalahan, dan strategi peningkatan mutu. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(1), 217-234.
Sudjak, S. (2018). Problematika pendidikan inklusi di sekolah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 185–201.
Widhiarti, F. N., Hanifah, A., Chasanah, C., & Efendi, C. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Inklusi terhadap Prestasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Negeri 1 Bocor. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 572–579. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91625
Refbacks
- There are currently no refbacks.