Efektifitas Metode Kaisa Berbasis Traker Hafalan dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Al-Qodr di TK IT Al-Kautsar Klapasawit
Abstract
Memorizing short surahs is an activity of memorizing short verses in the Quran, which is usually done as part of Islamic religious learning, especially in the context of Islamic religious education in schools. The purpose of this study was to determine the implementation of memorizing Surah Al-Qodr using the Kaisa method in TK IT Al-Kautsar Klapasawit. This study is a Classroom Action Research (CAR) consisting of 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings. In this study, we recorded 17 children and there were 2 children who were not yet able to fluently memorize, tajwid, makharijul huruf, and attitude. Data collection techniques used tests, interviews, observation, and documentation. The criteria were said to be complete if the percentage was above 85%. The data analysis technique used Miles & Huberman & Saladana which consisted of the stages of data condensation, data presentation, and data verification. The results of the study proved that the memorization model using the Kaisa method based on a tracker can improve students' memorization of Surah Al-Qodr in TK IT Al-Kautsar Klapasawit. The increase in cycle 1 was 70% and in cycle 2 it was 85%. This improvement is evident in the students' average memorization scores, which continued to rise from pre-cycle, cycle 1, to cycle 2. Furthermore, observations showed increased student enthusiasm and active participation during the memorization learning process. Future researchers are encouraged to evaluate the effectiveness of the Kaisa method based on memorization tracking for other short surahs and compare it with other memorization learning methods to expand the findings and apply this method to early childhood education (PAUD) or kindergarten (TK).
Menghafal surat pendek merupakan kegiatan menghafal ayat-ayat pendek dalam Al-Quran, yang biasanya dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran agama Islam, terutama dalam konteks pendidikan agama islam di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi menghafal surat Al - Qodr menggunakan metode kaisa di TK IT Al - Kautsar Klapasawit. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing - masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam penelitian ini kami mendata 17 anak dan terdapat 2 anak yang belum mampu dalam kelancaran hafalan, tajwid, makharijul huruf, dan sikap. Teknik pengambilan data menggunakan test, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kriteria dikatakan tuntas apabila presentase di atas 85%. Teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman & Saladana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa model hafalan menggunakan metode kaisa berbasis traker dapat meningkatkan hafalan Surat Al-Qodr siswa di TK IT Al-Kautsar Klapasawit. Dengan besar peningkatan di siklus 1 adalah sebebsar 70% dan besar peningkatan di siklus II adalah sebesar 85%. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata nilai hafalan siswa yang terus meningkat dari pra-siklus, siklus I, hingga siklus II. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran menghafal. Peneliti berikutnya dianjurkan untuk mengevaluasi keefektifan metode Kaisa berbasis Traker hafalan pada surat-surat pendek lainnya, serta melakukan perbandingan dengan metode pembelajaran tahfiz yang berbeda, guna memperluas hasil temuan dan penerapan metode ini pada jenjang pendidikan PAUD atau TK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students’ learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public Interest.
Hidayah, A. (2017). Metode tahfidz alqur’an untuk anak usia dini (kajian atas buku rahasia sukses 3 hafizh qur’an cilik mengguncang dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, 18(1), 51-70.
Imawati Rodhiyyana dkk. (2022), “Penerapan Metode Kaisa dalam Menghafal Al‑Qur’an di TKII Al‑Abidin Surakarta” (Kumara Cendekia, Vol. 10 No. 1)
Maryam, K. (2019). Studi perbandingan kemampuan menghafal al-quran dengan metode kaisa dan metode wafa dalam al-quran pada anak usia dasar di rumah tadabbur quran (RTQ) kendari. TADARUS: jurnal pendidikan islam, 8(1).
Salamah, Umi. (2018). Penerapan Metode Kaisa dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Ta’limuna, 7(2), 119–128. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/186
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek, hlm. 206.
Suwarsih Madya, 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Syafe’i, Imam. “Tujuan Pendidikan Islam.” Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 6-2015 ), hal 156
Syafnidawaty(2020). Observasi. Universitas Raharja
Zulfa, N. W. (2018). Perbedaan implementasi program tahfidz di sekolah dan madrasah di surakarta. PROFETIKA, jurnal studi islam, 19(2), 144-153.
Refbacks
- There are currently no refbacks.