Peningkatan Higher Order Thingking Skill (HOTs) melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV pada Materi Beriman Kepada Rasul-rasul Allah di SDN 1 Plunjaran, Wadaslintang, Wonosobo

Sukron Isnaeni, Cahyadi Cahyadi, Amir Sarifudin, Siti Fatimah, Bahrun Ali Murtopo

Abstract

Belief in the Messengers of Allah is a fundamental pillar of faith that fourth-grade elementary school students must understand. This study aims to identify the improvement of Higher Order Thinking Skills (HOTs) through a Puzzle-Based Problem-Based Learning (PBL) Model. The goal is to enhance the abilities of fourth-grade students in the subject of Belief in the Messengers of Allah at SDN 1 Plunjaran, Wadaslintang, Wonosobo. This research is a Classroom Action Research (CAR) comprising two cycles, with each cycle consisting of two meetings. Data collection techniques included tests, observations, interviews, and documentation. Data analysis employed the Miles & Huberman & Saldana model, which involves data condensation, data display, and data verification stages. The research findings prove that the Puzzle-Based PBL model can improve higher-order thinking skills at C4, C5, and C6 levels for the subject of Belief in the Messengers of Allah among fourth-grade students at SDN 1 Plunjaran, Wadaslintang. The improvement in Cycle I was 50%, and in Cycle II, it reached 100%.

Beriman kepada Rasul-rasul Allah merupakan rukun iman yang harus diketahui oleh peserta didik kelas 4 SD. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengidentifikasi Peningkatan Higher Order Thingking Skill (HOTs) melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV pada Materi Beriman Kepada Rasul-rasul Allah di SDN 1 Plunjaran, Wadaslintang, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman & Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa  model PBL berbasis Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi level C4 C5 C6 materi Beriman Kepada Rasul-rasul Allah pada siswa kelas IV di SD N 1 Plunjaran, Wadaslintang. Dengan besar peningkatan di siklus 1 sebesar 50% dan besar peningkatan di siklus II sebesar 100%. 

Keywords

Model PBL, Puzzle, HOTs, Beriman Kepada Rasul-rasul Allah

Full Text:

PDF

References

Aris. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Ernawati, L. (2017). “Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking dalam Pendidikan Agama Islam.” 1st International Conference on Islamic Civilization Ans Society (ICICS), 62253, 189–202.

Hartono, H, dkk. (2023). “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa”. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.

Nisak, Raisatun. (2011). Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar – Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.

Pristiwanti, D., dkk. (2022). “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51.

Saputra, Hardika. (2021). “Penggunaan Media Puzzle dalam Proses Pembelajaran.” Profesi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-9.

Suciaty al – azizy, A. (2010). Ragam Latiahan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani Dian Dwi, dkk, (2023). “Pengaruh Model Pbl Menggunakan Lkpd Berbantuan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II A”, Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Volume 09 (03).

Syafitri, Aisha. (2019) “Perbandingan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Medi Ular tangga dan Media Puzzle di Kelas XI SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah”, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2 ,133-134.

Zainal Fanani. Moh, (2018). “Strategi Pengembanan Soal Higher Order Thinking Skill (HOT) dalam Kurikulum 2013.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 2 (1), 60.

Zaini, Moh., Noorthaibah, Siti Julaiha. (2024). “Pendidik Dalam Perspektif Iimam Al Ghazali Dan Relevansinya Di Era Society 5.0.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(1), 174-193.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.