Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS pada Materi Nilai-Nilai Tradisi di Indonesia di Kelas 3 Sekolah Dasar

Sramanera Badra Vidu, Badarudin Badarudin

Abstract

The low academic achievement of third-grade students at SDN 2 Banteran was the background for this study. The purpose of this study was to determine the improvement in student academic achievement in learning traditional values in Indonesia through the jigsaw cooperative model in third-grade elementary school. This study used classroom action research with four stages, including planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques in this study include observation sheets, evaluation questions, and documentation. The research subjects are third-grade students at SDN 2 Banteran. The research data were analyzed descriptively by examining student scores. The results showed an improvement in learning achievement in Cycle I, with 70% of students meeting the minimum completion criteria, increasing to 80% in Cycle II. The findings of this study on the application of the jigsaw cooperative model indicate that the application of the jigsaw cooperative model can improve student learning achievement.

Prestasi belajar siswa di kelas III SDN 2 Banteran masih rendah, melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran nilai-nilai tradisi di Indonesia melalui model kooperatif tipe jigsaw di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai lembar observasi, soal evaluasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalh siswa kelas III SDN 2 Banteran. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan melihat nilai siswa. Hasil menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar pada siklus I prestasi belajar siswa sebesar 70% siswa mencapai kritetia ketuntasan minimal meningkat menjadi 80% pada siklus II .Temuan penelitian pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw menunjukan penerapan model kooperatif tipe jigsaw bisa meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords

Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar, Nilai-Nilai Tradisi di Indonesia

Full Text:

PDF

References

Afsan, M. F., Arsil, & Destrinelli. (2024). Penerapan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 664–672. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3662

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

ARTA, I. M. . (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 . ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 9-21. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.283

Billa, A. S., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran IPAS dari perspektif model kooperatif tipe jigsaw pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 1642–1650. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5329

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Handayani, H. (2020). Pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944

Irawan, D., Nurlailasari, I., & Muslim, A. (2023). Peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui media PowerPoint pada tema 4 subtema 3 kelas IV SD UMP. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 301–306. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16525:contentReference[oaicite:0]{index=0}

Krowin, M. M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar. Edu Primary Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 166–170. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimar

Ma’arif, I. B., & Meishanti, O. P. Y. (2020). Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Keanekaragaman Hayati. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 5(2), 1-9.

Purwaningsih, A. S., & Harjono, N. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1204–1212. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5083

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(2), 80–90.

Rahman, A. A., Sulistyowati, S., & Syabrina, M. (2025). Penerapan Metode Jigsaw Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas V SD Negeri 9 Menteng Palangka Raya. Jurnal Media Informatika, 6(3), 2003-2006. https://doi.org/10.55338/jumin.v6i3.6290

Sampe, M., Koro, M., & Bire Logo, R. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. ISLAMIKA, 6(3), 1430-1437. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.5156

Saputra, N., Zanthy L.S., Gradini, R., Jahring., Rif’an, A., Arifin, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Pidie : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suherman, A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 45 56.

Sukmayadi, T., & Suyitno, S. (2022). Kontribusi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Tradisi Macanan dan Kawin Cai Untuk Menguatkan Identitas Nasional Indonesia (Studi Kasus di Desa Adiraja Kabupaten Cilacap dan Desa Babakan Kabupaten Kuningan). Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 17(1), 22-32. https://doi.org/10.14710/sabda.17.1.22-32

Sumandya, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253.

Tambun, N. K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V. 6(4), 511–517.

Telaumbanua, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 839-847. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2558

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/v iew/646.

Wijaya, A. (2021). Pengembangan pembelajaran IPAS berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 123-134.

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.