Analisis Kebutuhan Pengembangan Elektronik Bahan Ajar Berbasis Model LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi) untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Integrating technology is very important to carry out learning in this era. In addition, literacy improvement continues to be encouraged to improve students' literacy skills, including through social studies learning in the classroom. This study aims to describe the presentation of social studies books for class V which is reviewed from the aspects of the literacy model, orientation, collaboration and reflection stages. In addition, it also reviews aspects of integrating technology through the learning process presented in the book. This study uses a qualitative descriptive method with key instruments, namely the researcher with an analysis guideline. The research was carried out with an analysis sheet through a qualitative descriptive approach with data analysis techniques in the form of content analysis. Data collection was carried out using document analysis with stages of data reduction, presentation and conclusion drawn. The results of the study show that there is no integration of technology presented in the IPAS book of social studies materials, and the lack of specific stages of the LOK-R (Literacy, Orientation, Collaboration and Reflection) model that can help students develop their literacy, so it can be concluded that it is very important to carry out the electronic development of teaching materials based on the LOK-R model for elementary school students.
Pengintegrasian teknologi begitu penting untuk menyelenggarakan pembelajaran di era ini. Selain itu, peningkatan literasi terus digalakkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berliterasi termasuk melalui pembelajaran IPS di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sajian buku IPAS materi IPS kelas V yang ditinjau dari aspek tahapan model literasi, orientasi, kolaborasi dan refleksi. Selain itu juga meninjau terkait aspek pengintegrasian teknologi melalui proses pembelajaran yang disajikan dalam buku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen kunci yaitu peneliti dengan lembar pedoman analisis. Penelitian dilakukan dengan lembar analisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data berupa analisis isi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan analisis dokumen dengan tahapan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengintegrasian teknologi yang disajikan dalam buku IPAS materi IPS, dan minimnya tahapan model LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi) secara spesifik yang dapat membantu siswa mengembangkan literasinya, sehingga dapat disimpulkan sangat penting untuk dilakukan pengembangan elektronik bahan ajar berbasis model LOK-R untuk siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alsubaie, M. A. (2022). Distance education and the social literacy of elementary school students during the Covid-19 pandemic. Heliyon, 8(7), e09811. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09811
Arthur.J. & Davidson.J. (2000). Social Literacy And Citizenship Education In The School Curriculum. Curriculum Journal. 11(1): 9-23.
Artia, Wibowo, A. D., Pradani, C. H., Hanifan, S. A., Islami, Z. N. A., & Marini, A. (2023). Peran Literasi Sosial Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(2), Article 2.
Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi Teknologi dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), Article 1.
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan. Depok: Rajawali pers.
Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Herlambang, F. N., Botifar, M., & Iskandar, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Lok-R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Rakyat Siswa Kelas V SDN 10 Rejang Lebong [Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/4853/
Mbuik, H. B., & Benu, A. Y. (2023). Aktualisasi Budaya Literasi Mata Pelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Nasionalis Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 7906–7910. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4200
Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. Open Science Framework. https://osf.io/ec6du
Permendikbud. (2024). Permendikbud Ristek Nomor 32 Tahun 2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Prihatiningtyas, N. C. (2024). Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi dan Refleksi (LOK-R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa.
Segara, N. B., Maryani, E., Supriatna, N., & Ruhimat, M. (2018). Investigated The Implementation Of Map Literacy Learning Model. Geosfera Indonesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.7808
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Tamami, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Dan Refleksi Terhadap Keterampilan Literasi Sosial Budaya Dan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa. 16(01).
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.