Penggunaan Platform Quizizz Sebagai Evaluasi Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Kelas XI SMKN 3 Pamekasan
Abstract
This study aims to analyze the use of the Quizizz platform as an evaluation tool in teaching short story writing to Grade XI students at SMKN 3 Pamekasan. Quizizz, a game-based digital platform, was chosen for its ability to create an interactive and engaging learning environment. This research employs a descriptive qualitative method, with data collected through interviews, observations, and literature studies. The participants of this study were Grade XI students and a Bahasa Indonesia teacher at SMKN 3 Pamekasan. The research design involved observing the learning and evaluation process using Quizizz and comparing student responses and learning outcomes before and after its implementation. The research procedure included planning, conducting learning activities with Quizizz, data collection, and data analysis. The instruments used were interview guidelines and documentation of learning activities. Data analysis was carried out qualitatively through data reduction, data presentation, and drawing conclusions based on field findings and literature review. The findings indicate that the use of Quizizz in learning evaluation significantly enhances students' interest and participation. Both students and the teacher experienced the benefits of Quizizz features, such as easy access, quick scoring, and an interactive display. This study concludes that Quizizz is a feasible and effective alternative media for learning evaluation. As a recommendation, teachers are encouraged to continue utilizing platforms like Quizizz as part of their evaluation strategies, as it can foster a more meaningful and enjoyable learning experience for students.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pemanfaatan platform Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran menulis teks cerpen pada kelas XI SMKN 3 Pamekasan. Quizizz sebagai plaform digital berbasis game dipilih karena mampu menghadirkan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Peserta dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMKN 3 Pamekasan dan seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Desain penelitian dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran dan evaluasi yang menggunakan media Quizizz, serta membandingkan respons dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan platform tersebut. Prosedur penelitian meliputi meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dngan Quizizz, pengumpulan data, dan analisis hasil. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan dokumentasi aktivitas aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan lapangan dan kajian Pustaka. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa penggunaan Quizizz dalam evaluasi pembelajaran memberikan dampak signifikan terhadap minat dan partisipasi peserta didik. Peserta didik dan guru sama-sama merasakan manfaat dari fitur-fitur yang ada dalam Quizizz, seperti kemudahan akses, kecepatan penilaian, dan tampilan yang interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quizizz dapat dan layak dijadikan alternatif media evaluasi dalam pembelajaran. Sebagai rekomendasi, guru disarankan untuk terus memanfaatkan platform seperti Quizizz sebagai bagiab dari strategi evaluasi, karena mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1-11.
Ananda, I., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(2), 246-270.
Anggraeni, H., Al Habib, I. M., & Putri, H. R. (2025). Efektivitas Quizizz Sebagai Media Evaluasi Sumatif Materi Bioteknologi Kelas X MA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(3), 2185-2190.
Darmawan, N. T., & Sulistyowati, E. D. (2025). Penerapan Media Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 2 Bontang. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(1), 22-28.
Fatiah, P. N., Sukmanasa, E., & Anwar, W. S. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Quizizz Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2161-2175.
Haki, U., & Prahastiwi, E. D. (2024). Strategi pengumpulan dan analisis data dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-19.
Hilmy, B. (2024). PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PENERAPAN KOSAKATA BAHASA ARAB. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 7(2), 1-12.
Kusumadewi, R. I., & Aeni, C. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Ekonomi. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi, 3(01), 17-25.
Lolowang, J., & Tumimomor, F. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran dalam Hukum Newton Tentang Gerak. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 156-160.
Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.
Permataisari, F. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Pada Materi Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XI. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 4055-4073.
Susila, Heni Rita, and Arief Qosim. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 10.1 107-114.
Sunardi, D. O. D. I. (2020). Hubungan meningkatnya hasil belajar siswa SMP dengan penerapan media evaluasi pembelajaran inovatif quizizz. Jurnal Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 94-116
Syeptiani, Silvia. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan. Jurnal Pendidikan Mipa 13.2.
Saputra, Banyu. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran di Prodi Matematika Universitas Wanita Internasional. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6.1.
Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan model discovery learning pada materi teks cerpen dengan menggunakan media canva for education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 10.2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.