Pragmovisual: Pemanfaatan Cuplikan Film sebagai Media Pembelajaran Matakuliah Pragmatik pada Mahasiswa TBIN C Angkatan 22
Abstract
This research is motivated by the low understanding of deixis material in Pragmatics courses. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the use of film clips through the Pragmovisual approach in improving the understanding of the concept of deixis in TBIN C Batch 22 students. This finding is expected to be replicated in other language courses that have a high contextual content, with the adjustment of relevant learning media. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques include interviews, observations, and literature studies. The population in this study amounted to 32 students, with 10 students selected as samples through a purposive sampling technique based on active involvement in learning. Data were analyzed using content analysis techniques to identify patterns and meanings related to the effectiveness of the use of film clips in understanding deixis. The results show that the use of film clips helps students understand the types of deixis contextually through real speech situations. Students show active involvement, better analytical skills, and positive responses to the applied learning method. Lecturers also assess this approach supports independent and reflective learning. Thus, the Pragmovisual approach has proven to be effective in learning Pragmatics, especially in understanding deixis material.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap materi deiksis dalam pembelajaran mata kuliah Pragmatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan cuplikan film melalui pendekatan Pragmovisual dalam meningkatkan pemahaman konsep deiksis pada mahasiswa TBIN C Angkatan 22. Temuan ini diharapkan dapat direplikasi pada mata kuliah kebahasaan lainnya yang memiliki muatan kontekstual tinggi, dengan penyesuaian media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 mahasiswa, dengan 10 mahasiswa dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive sampling berdasarkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi pola dan makna terkait efektivitas penggunaan cuplikan film dalam memahami deiksis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cuplikan film membantu mahasiswa memahami jenis-jenis deiksis secara kontekstual melalui situasi tutur yang nyata. Mahasiswa menunjukkan keterlibatan aktif, kemampuan analisis yang lebih baik, serta respon positif terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Dosen juga menilai pendekatan ini mendukung pembelajaran mandiri dan reflektif. Dengan demikian, pendekatan Pragmovisual terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran Pragmatik, khususnya dalam memahami materi deiksis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.
Amaniyah, D. Z., & Rumilah, S. (2023). Memanifestasi deiksis dalam film 'Ngeri-Ngeri Sedap' karya Bene Dion Rajagukguk: Analisis pragmatik. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 11(2). (https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/15284)
Andayani, A., & Sutopo, D. (2020). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 45–53.
Aspia. (2024). Pendidikan dan peningkatan kualitas SDM. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Astuti, P. W., & Suwandi, S. (2021). Pengaruh penggunaan media film terhadap kemampuan pemahaman konteks bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4), 561–568.
Cahyono, B. Y., & Widiati, U. (2018). Penggunaan bahan ajar autentik dalam kelas Bahasa Inggris sebagai bahasa asing: Perspektif guru. Jurnal Linguistik Terapan Indonesia, 8(1), 101–110.(https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11448)
Darmawan, R., & Sutopo, D. (2020). Film sebagai media pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 183–192.
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Fitriyani, N. (2023). Penggunaan media film dokumenter pada pembelajaran menulis puisi di SMPN 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].(http://repository.uinjkt.ac.id)
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Hasan, A. (2021). Media pembelajaran: Teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.
Hidayati, T., & Novita, D. (2019). Efektivitas penggunaan cuplikan film dalam pengajaran pragmatik: Fokus pada tindak tutur. JET (Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris), 5(3), 188–197. (https://doi.org/10.33541/jet.v5i3.1391)
Hrp, S. (2022). Strategi pembelajaran efektif. Surabaya: Penerbit Citra.
Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Ismail, M. A., & Rahmawati, E. (2022). Penggunaan media interaktif berbasis video dalam meningkatkan pemahaman konsep bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(1), 27–35.
Isnawati, I., & Aulia, S. (2020). Pemanfaatan film untuk mengajarkan makna kontekstual tuturan dalam kelas Pragmatik Bahasa Inggris. Lingua, 16(2). (https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/lingua/article/view/1572)
Kelana, D. (2021). Media pembelajaran interaktif. Yogyakarta: Deepublish.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). SAGE Publications.
Kurniawan, D., & Saputra, H. (2021). Penerapan pendekatan pragmatik untuk meningkatkan kompetensi komunikatif mahasiswa. Jurnal Linguistik Terapan, 11(1), 55–64.
Kusumastuti, F., & Khoiron, A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa. Surabaya: Pustaka Media.
Maulidia, D., & Nurmala, I. (2020). Penggunaan media visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 92–100. (https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8627)
Puspitasari, S., & Rasyid, M. A. (2022). Pembelajaran pragmatik berbasis konteks melalui media film. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 67–76. (https://doi.org/10.24042/jpb.v11i1.10021)
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Ramdani, R. (2023). Interaksi dalam pembelajaran. Bandung: Pustaka Pelajar.
Rizki, F., & Hamid, F. (2019). Penggunaan cuplikan film untuk mengajarkan deiksis dalam kelas Pragmatik Bahasa Inggris. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris dan Linguistik, 4(3), 365–375.(https://doi.org/10.21462/jeltl.v4i3.324)
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Setyawan, B. (2015). Psikologi pendidikan: Teori dan aplikasi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Sitepu, J. (2022). Media digital dalam pembelajaran. Medan: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan pembelajaran: Teori dan praktik. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Wawa, S., & Sari, W. H. (2019). Penggunaan media film dalam meningkatkan kompetensi pragmatik mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.