Pengembangan Media Pembelajaran Seni Kuliner Berbasis Prize untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Tata Boga

Siti Sutanti, Erli Mutiara, Ajeng Inggit Anugerah, Dian Agustina Dalimunthe

Abstract

Culinary Arts is one of the Culinary Arts Education courses that studies the art of making food garnishes. Prezi learning media is a media that makes it easier for students to learn Culinary Arts. This study aims to: 1) Develop Prize-based Culinary Arts media; 2) Determine student responses to Prize-based Culinary Arts media. Research method research and development (R&D). Research period March-May 2025. Prize-based Culinary Arts Media was validated by two (2) expert lecturers and two (2) expert lecturers in media. The sample size was 100 Culinary Arts Education students class of 2024 as media users. Data collection used a questionnaire. The data analysis technique was descriptive qualitative. The results of the study showed that the media can be disseminated and implemented in Culinary Arts courses. The results of the validation by material experts and media experts stated that the Prezi learning media was included in the very feasible category with an average value of 94.57 percent. The students' response to this media was also very good, with an average value of 82.50%, indicating that Prize-based media is effective and well received in culinary arts learning. This research recommendation is used as teaching material for lecturers in Culinary Arts learning to provide a variety of learning atmospheres for students to continue to foster high learning interest and motivation.

Seni Kuliner merupakan matakuliah Pendidikan Tata Boga yang mempelajari tentang seni membuat garnish makanan, dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui media pembelajaran Prezi. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan media Seni Kuliner berbasis Prize; 2) Mengetahui respon mahasiswa terhadap media Seni Kuliner berbasis Prize. Metode penelitian research and development (R&D). Waktu Penelitian Maret-Mei 2025. Media Seni Kuliner Berbasis Prize divalidasi oleh dua (2) orang Dosen ahli materi dan dua (2) orang Dosen ahli media. Jumlah sampel 100 orang mahasiswa Pendidikan Tata Boga angkatan 2024 sebagai pengguna media. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dapat disebarluaskan dan di implementasikan pada mata kuliah Seni Kuliner. Hasil validasi  ahli materi dan ahli media, menyatakan media pembelajaran Prezi termasuk kategori sangat layak dengan nilai rerata 94,57 persen. Respon mahasiswa terhadap media ini juga sangat baik, dengan nilai rerata 82,50%, menunjukkan bahwa media berbasis Prize efektif dan diterima dengan baik dalam pembelajaran seni kuliner. Rekomendasi  penelitian  ini  digunakan  sebagai  bahan  ajar  dosen  dalam  pembelajaran Seni Kuliner  untuk  memberikan  variasi  suasana  belajar  bagi  mahasiswa  untuk tetap menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi

Keywords

Media, Pembelajaran, Prezi, Seni Kuliner, Tata Boga

Full Text:

PDF

References

Angkowo, R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo

Dewi, P. O. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Barat (BRIDAL) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Karim, M. dan Agung, Y.A. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PreziPada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI di SMK Negeri 1 Sidoarjo”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 07 (2):143-149

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229-240.

Mulyadi, R., Faturohman, N., & Nulhakim, L. (2023). Pengembangan Media Prezi Video dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 174-188.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 87-96.

Putri, M., & Simbolon, N. (2021). Pengembangan MEDIA Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Activities Di Kelas II SD Swasta Tunas Harapan Islam Kecamatan Medan Amplas Ta 2020/2021. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(4), 36-44.

Putri, Y. E. (2024). An Effectiveness of Using Inquiry-Based Learning Models on Student Learning Outcomes: Meta Analysis. The Indonesian Journal of Computer Science, 13(2).

Sari, S. M., Purwidiani, N., Pangesthi, L. T., & Handajani, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Materi Bumbu Dan Rempah Indonesia Di SMKN 1 Cerme Gresik. Jurnal Tata Boga, 11(2), 12-21.

Sujarwo, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan prezi pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 3 Buduran. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.