Penguatan Karakter Anak melalui Metode Permainan Edukatif Berbasis Nilai-Nilai Rukun Islam dan Rukun Iman di Lingkungan Sekolah Dasar

Khoridatul Anniesa Ardiari, Siti Salamah, Oktavia Sri Wulandari, Ana Pertiwi

Abstract

Character development in elementary school children can be achieved through educational games that integrate the values of the Five Pillars of Islam and the Five Pillars of Faith, thus facilitating the understanding and application of Islamic teachings in daily life. This study uses a literature analysis approach, which is a research method that includes the collection, analysis, and synthesis of information from various written sources such as scientific journals, books, and other references. The research subjects were a collection of reputable articles and journals relevant to the theme of educational games and character education based on Islamic values. The research design used was a descriptive qualitative literature study with systematic steps of collecting, selecting, and analyzing literature. The measurement tools in this study were a matrix of literature analysis guidelines and criteria to ensure the validity and reliability of the reference sources, to ensure data quality. Data analysis was conducted qualitatively through reduction, categorization, and synthesis of results from various literatures, resulting in a comprehensive picture of the effectiveness of educational games in developing children's character. The results of the study indicate that educational games can effectively improve children's character in terms of religiosity, responsibility, discipline, and social aspects. The study's conclusion states that integrating the values of the Five Pillars of Islam and the Five Pillars of Faith into educational games at the elementary school level has significant potential for strengthening children's overall character development. As a recommendation, further research is recommended to conduct direct trials of this method in a field context using a quantitative or mixed-method approach to empirically validate the results.

Pengembangan karakter anak di tingkat sekolah dasar dapat dilakukan melalui permainan edukatif yang menyatu dengan nilai-nilai Rukun Islam dan Rukun Iman, sehingga mempermudah pemahaman dan penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini menggunakan pendekatan analisis literatur, yang merupakan metode penelitian yang mencakup pengumpulan, analisa, dan sintesis informasi dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku, dan referensi lainnya. Subjek penelitian berupa kumpulan artikel dan jurnal yang memiliki reputasi baik dan relevan dengan tema permainan edukatif serta pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Islam. Desain penelitian yang digunakan adalah studi pustaka kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah pengumpulan, pemilihan, dan analisis literatur secara sistematis. Alat ukur dalam penelitian ini adalah matriks pedoman analisis literatur serta kriteria untuk memastikan validitas dan reliabilitas dari sumber referensinya, guna menjamin kualitas data. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif melalui reduksi, kategorisasi, dan sintesis hasil dari berbagai literatur, sehingga menghasilkan gambaran menyeluruh mengenai efektivitas permainan edukatif dalam pembentukan karakter anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif dapat secara efektif meningkatkan karakter anak dalam hal religiositas, tanggung jawab, disiplin, dan aspek sosial. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa integrasi nilai Rukun Islam dan Rukun Iman dalam permainan edukatif di tingkat sekolah dasar berpotensi besar dalam memperkuat pembentukan karakter anak secara menyeluruh. Sebagai saran, untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan uji coba langsung penerapan metode ini dalam konteks lapangan dengan pendekatan kuantitatif atau campuran, agar dapat mengvalidasi hasil secara empiris.

Keywords

permainan mendidik, karakter anak, Rukun Islam, Rukun Iman, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References

Al Qodiri, A. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Manusia di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 125-137.

Asysyams, N. (2025). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Islam di SD. Journal of Islamic Education, 5(1), 45-60.

Azizah, R., & Hamzah, S. (2021). Internalization of Islamic Values through Educational Games at Elementary Level. Journal of Islamic Education Studies, 9(2), 34-48.

Devina, P., Yulianti, D., & Firmansyah, Y. (2023). Pengaruh Permainan Edukatif Berbasis Nilai Islam Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 19(1), 110-126.

Effendy, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Gedung Sari. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 298-304.

Eliza, N. (2017). Metode Permainan Edukatif dalam Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 78-89.

Fadillah, M. (2016). Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran Karakter Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(1), 99-112.

Fitriani, S. (2020). Efektivitas Permainan Ular Tangga Keagamaan dalam Meningkatkan Pemahaman Rukun Islam dan Iman. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 43-55.

Hoktaviandri, H. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 7(2), 99-112.

JILPI. (2024). Pengembangan Aspek Sosial-Emosional melalui Permainan Edukatif Islami. Jurnal Ilmiah Layanan Pendidikan Islam, 6(1), 77-90.

Nurhayati, W., & Sudamara, D. (2024). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Permainan Edukatif Islami. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 23-41.

Rahman, F., & Al-Hadi, M. (2018). Integrasi Nilai Rukun Islam dan Rukun Iman dalam Pendidikan Karakter Anak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 129-143.

Suryani, L. (2021). Lagu religius dan pembentukan karakter anak. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Wibowo, A. (2018). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Yaa Bunayya. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Islam: Menanamkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53-62.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.