Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar
Abstract
Teacher professionalism is a key factor in determining the quality of primary education. Teacher training is an essential strategy to enhance professional competence and performance. However, current training programs have not been fully effective in improving teacher professionalism across various educational settings. This study aims to examine the influence of teacher training on the professionalism of primary school teachers. A quantitative approach with a correlational survey method was used. The sample consisted of 20 primary school teachers selected through purposive sampling, involving those who had participated in training within the last two years. Data were collected using a Likert-scale questionnaire and analyzed using normality tests and simple linear regression. The results indicate that although the data were normally distributed, the influence of training on teacher professionalism remains low. These findings highlight the need for more contextual, continuous training programs supported by proper mentoring systems. Future research is recommended to involve a broader range of respondents and explore other variables that may influence teacher professionalism.
Profesionalisme guru adalah kunci utama dalam menentukan mutu pendidikan dasar. Pelatihan guru menjadi strategi penting untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja profesional. Namun, pelatihan yang ada belum sepenuhnya efektif dalam mendorong peningkatan profesionalisme di berbagai satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pelatihan guru terhadap profesionalisme guru sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sampel berjumlah 20 guru sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu guru yang telah mengikuti pelatihan dalam dua tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan angket skala Likert, kemudian dianalisis dengan uji normalitas dan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan bahwa meskipun data berdistribusi normal, pengaruh pelatihan terhadap profesionalisme masih tergolong rendah. Temuan ini menunjukkan perlunya desain pelatihan yang lebih kontekstual, berkelanjutan, dan didukung oleh sistem pendampingan. Penelitian lanjutan disarankan untuk melibatkan responden lebih luas serta mengkaji variabel lain yang dapat memengaruhi profesionalisme guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriawan, A. N., Yulianti, D., Eliza, H., & Fauzy, A. R. (2024).
Bertahan dan berinovasi: Perjuangan guru SDN Babakan Jawa 1 Majalengka di tengah tantangan pembelajaran. Edukreatif: Jurnal Kependidikan dan Pengajaran, 6(1). https://ijurnal.com/1/index.php/jkp/article/view/977
Ahyar, A., & Herlambang, Y. T. (2025).
Strengthening pedagogical competence of elementary teachers in the digital era. Curricula: Journal of Curriculum Development, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/CURRICULA/article/view/84679
Ananda, R., Hasfarina, F., & Oktafiyanti, T. I. (2025).
Efektivitas sertifikasi dalam meningkatkan kualitas guru sekolah dasar: Tinjauan literatur empiris. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/27580
Fitrianingrum, A. M., & Husain, S. W. J. (2023).
Sosialisasi pemanfaatan website untuk personalisasi pengajaran bagi guru. Edukreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2).
Hadiyanti, P. O., & Juliana, S. (2025).
Transformasi pembelajaran interaktif: Pelatihan modul digital di SDN 141. Hawa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1). https://hawajppm.yayasanwayanmarwanpulungan.com/index.php/HAWAJPPM/article/view/90
Hasibuan, I. A., Hasibuan, D. S., & Lubis, M. S. (2025).
Penerapan manajemen strategik pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Edusociety: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(1). https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/1400
Husni, Z., Wahidah, U., & Sutini, N. M. (2024).
Persepsi guru terhadap praktik supervisi yang monoton dan kurangnya umpan balik: Studi kasus di sekolah dasar Kabupaten Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan, 6(2). https://www.jurnal.bimaberilmu.com/index.php/diksi/article/view/1936
Isnaini, N., & Sumardi, L. (2025).
Manajemen pengembangan kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelompok kerja guru olahraga di Kecamatan Praya. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(1). https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/1093
Lumiati, A., Hertanto, A., & Setianingsih, D. M. (2025).
Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan di SDN Pagu 2 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2). http://ejournal.poltekbangsby.ac.id/index.php/jurnalpenelitian/article/view/2039
Pada, A., Irfan, M., & Djabir, R. (2025).
Pengaruh pelatihan mandiri pada platform Ruang GTK terhadap kompetensi pedagogik guru kelas sekolah dasar di Kecamatan Manggala. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/26760
Paramita, R. (2025).
Implementasi program guru penggerak dalam menerapkan pembelajaran ekstrakurikuler. Repository Universitas Muhammadiyah Mataram. https://repository.ummat.ac.id/11279/
Prasetyo, E., Bektiarso, S., & Sumardi, S. (2025).
Meta-analisis transformasi pendidikan: Pengaruh profesionalisme dan kesejahteraan guru terhadap kinerja. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1). https://jurnal-dev.unej.ac.id/jipsd/index.php/JIPSD/article/view/53686
Primastuti, K. P., & Anjarwati, N. (2025).
Isu-isu pendidikan di Indonesia: Inovasi kurikulum dan pembelajaran. Jurnal Basica Academica, 2(1). https://journal.mahsya-educreativa.com/index.php/basica-academica/article/view/40
Qadar, R., & Farida, S. (2025).
Peningkatan keterampilan pembelajaran IPA guru SD se-Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Profesi Masyarakat Guru, 7(2). https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/4368
Rahmah, A. N., Situmeang, D. R. S., & Amalia, N. (2024).
Implementasi layanan konseling untuk siswa SD. Edukreatif: Jurnal Kependidikan dan Pengajaran, 6(1).
Rizki, R. A., Pangestu, R. I., & Pratiwi, K. (2025).
Dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik guru di UPT SD Negeri 007 Pulau Lawas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24582
Shofiyana, A., & Faradina, M. (2024).
Teknik public speaking yang harus dikuasai oleh guru SD/MI agar pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan berkesan. Edukreatif: Jurnal Kependidikan dan Pengajaran, 6(1). https://ijurnal.com/1/index.php/jkp/article/view/970
Simanjuntak, M., & Siahaan, N. C. (2025).
Pengaruh sertifikasi guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/23798
Wahyuni, Y., & Halimah, N. (2025).
Meta-analisis: Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dengan PjBL terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(2). https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2015
Wulandari, P. N., & Akbarjoni, A. (2025).
Faktor-faktor psikososial dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SDN 79 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1). https://ejournals.akadipren.com/JRIPP/article/view/106
Yahiji, K., Anwa, H., & Otaya, L. G. (2025).
Pengaruh kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Transformasi Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jtpm/article/view/825
Zainuddin, A. H. (2025).
Peran guru sekolah dasar dalam pembelajaran inklusif: Sebuah tinjauan literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 10(1). http://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/669
Refbacks
- There are currently no refbacks.



