Pembelajaran Menulis Resensi Novel Berbantuan Media Wattpad
Abstract
The learning of novel review writing in class XI of SMA Ahmad Yani 2 Baureno was considered less effective because it still relied on the lecture method. Therefore, the researcher used the Wattpad application as an alternative learning medium. The purpose of this study is to find out how the planning, implementation, and student learning outcomes occur in novel review writing learning assisted by the Wattpad media. This type of research is qualitative. The research sample consisted of class XI students of SMA Ahmad Yani 2 Baureno, totaling 26 students. The sampling technique used in this study was total sampling, in which all 26 students of class XI were taken as the sample because the number was relatively small and allowed for a comprehensive investigation.The data collection techniques used were documentation, observation, and tests. Based on the research findings, it was revealed that: (1) the planning stage involved the preparation of a teaching module with complete components based on student needs; (2) the implementation of the learning process went well, as shown by teacher activity categorized as very good with a percentage of 92.30% and student activity also categorized as very good with a percentage of 93.7%; and (3) the learning outcomes showed that 25 students achieved mastery while 1 student did not. The student learning mastery rate was categorized as very good with a percentage of 90.19%, indicating that the application of Wattpad was effective for class XI of SMA Ahmad Yani 2 Baureno.This research strongly recommends that Indonesian language teachers utilize Wattpad as an alternative medium for teaching novel review writing to enhance students’ interest, creativity, and digital literacy.
Pembelajaran menulis resensi novel di kelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno kurang efektif karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga peneliti menggunakan aplikasi Wattpad sebagai media alternatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, penerapan, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis resensi novel berbantuan media Wattpad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini kelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno yang berjumlah 26 orang dijadikan sebagai sampel, karena jumlahnya relatif kecil dan memungkinkan untuk diteliti secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) perencanaan berupa modul ajar disusun dengan komponen lengkap berdasarkan kebutuhan siswa, (2) penerapan pembelajaran berjalan dengan baik yang dibuktikan aktivitas guru berkategori sangat baik dengan presentase 92.30% aktivitas siswa berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 93,7%, (3) hasil belajar siswa terdapat 25 siswa yang tuntas belajar dan 1 siswa yang tidak tuntas belajar. Ketuntasan belajar siswa berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 90,19% atau efektif untuk diterapkan dikelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Penelitian ini sangat direkomendasikan agar guru Bahasa Indonesia memanfaatkan media Wattpad sebagai alternatif pembelajaran menulis resensi novel untuk meningkatkan minat, kreativitas, dan literasi digital siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36–45. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.
Anniza, V., Taqiyuddin, M., & Hartati, M. (2024). Implementasi Model Circuit Learning di Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Karangan Narasi SDN 18 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Astuti, R. (2020). Pentingnya kelengkapan data bibliografis dalam penulisan resensi buku. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 77–85.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fitriani, H. (2019). Peran kesimpulan dalam memperkuat argumen resensi karya sastra. Jurnal Retorika, 6(1), 43–50.
Hidayati, N., Syaikhu, A., & Nugraheny, D. C. (2021). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 406-419).
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan media pembelajaran komik terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Rahayu, A., & Fitri, A. (2021). Hakikat perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36-48.
Rahmawati, R., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Puisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 663-674.
Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583-591.
Sari, M. A., & Nugroho, A. (2022). Analisis kemampuan evaluatif siswa dalam menulis resensi novel di kelas XI. Jurnal Literasi Pendidikan, 10(3), 102–110.
Silaban, Y. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division ( STAD ) Pada Siswa SMA Global Prima. 6(1), 129–139.
Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B., Siahaan, P. R. A., Hasibuan, A., & Barus, D. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas X Smas Rk Deli Murni Diski. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477-484.
Simanjuntak, N., Naibaho, P., Arif, S., & Medan, U. N. (2021). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, 6. http://digilib.unimed.ac.id/43369/1/Fulltext.pdf
Sinta, A. N., & Hakim, F. (2025). Integrasi Nilai Religius dan Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 5 Jember. Journal of Classroom Action Research, 7(2), 550-560.
Syamsiah, S. (2019). Hubungan antara Kebiasaan Membaca Berbasis Aplikasi Wattpad dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914
Wahyuni, N. W. R., & Winaya, I. M. A. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVC SD SARASWATI 6 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyasrama, 32(2), 1-7.
Wardoyo, T. H. (2024). BAB 9 EVALUASI DAN AKREDITASI PROGRAM MBKM. Revolusi Pendidikan: Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), 124.
Wulandari, S. (2021). Kemampuan siswa dalam menyusun sinopsis cerita fiksi di SMA. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 54–62.
Yulianti, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal Diksatrasia, 2, 1–11
Refbacks
- There are currently no refbacks.