Pembelajaran Keterampilan Berbicara Materi Biografi melalui Proyek Podcast
Abstract
This study was motivated by the low speaking skills of students due to the lack of speaking skill development in the classroom. Therefore, podcasts were chosen as an innovative strategy for their potential to train students to speak actively and creatively. The aim of this study is to describe the planning, implementation, and results of learning speaking skills through a biographical podcast project for Grade X students at SMA Ahmad Yani 2 Baureno. This research used a descriptive qualitative method with documentation, observation, and testing techniques. The results show that (1) the teaching module was systematically designed with complete components based on student needs, (2) the implementation ran optimally with observation scores of 91% for teacher activities and 86.3% for student activities, categorized as Excellent, and (3) 33 out of 34 students achieved scores above the Minimum Mastery Criteria (MMC), with a 90.01% success rate. Thus, the podcast project effectively improves students’ speaking ability, confidence, and collaboration skills.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa akibat kurangnya pengembangan keterampilan berbicara di kelas sehingga podcast dipilih sebagai strategi inovatif karena potensinya dalam melatih siswa berbicara aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, penerapan, dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara materi biografi melalui proyek podcast pada siswa kelas X SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan berupa modul ajar disusun sistematis dengan komponen lengkap berdasarkan kebutuhan siswa, (2) penerapan berjalan maksimal dengan presentase hasil observasi aktivitas guru 91 dan siswa 86,3 yang masuk dalam kategori Sangat Baik dan (3) hasil belajar siswa menunjukan 33 dari 34 siswa mencapai nilai di atas KKM dengan presentase ketuntasan 90,01 dan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, proyek podcast terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berbicara, kepercayaan diri, dan kemampuan kolaborasi siswa. Dengan adanya penelitian ini, diharapakan guru dapat terus mengembangkan podcast sebagai alternatif pembelajaran keterampilan berbicara yang inovatif dan menyenangkan, serta peneliti selanjutnya dapat menerapkan proyek podcast pada materi lain seperti eksposisi, pidato, atau cerita inspiratif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arlina, A., Amini, A., Ainun, N., & Maharani, M. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MIS SKB 3 Menteri AL-Ikhwan Desa Mekar Tanjung Kab. Asahan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1).
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.
Akhiruddin, A., Yusri, M., & Purnama, S. (2020). Teori dan praktik pembelajaran berbicara dalam konteks pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 112–124.
Andriyan, L., Ulfiyani, S., & Arifin, Z. (2024). Penerapan media podcast dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran 2022/2023. Simpati, 2(1), 82–86.
Ashri, A., Frayoga, D. N., & Fitri, N. Z. N. (2024). Pentingnya menentukan langkah-langkah pengembangan perencanaan pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5387-5396.
Chikmah, L., Utami, N. C. M., & Akbar, P. Z. (2024). Systematic review: Pembelajaran kolaboratif teknik brainwriting untuk peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 1119–1132.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2020). Peningkatan minat dan hasil belajar keterampilan berbicara menggunakan metode mind map pada mahasiswa kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2019/2020. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 263–276.
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422.
Hidayat, M., & Subekti, A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Informasi melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Literasi, 5(2), 112–120.
Hudhori, M. (2023). Pengaruh gaya belajar terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik materi teks biografi. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 277–283.
Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan podcast sebagai media suplemen pembelajaran berbasis digital pada perguruan tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–116.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Inayah, A. P., & Hasanudin, C. (2023, November). Aplikasi Spotify sebagai sarana meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan fitur podcast. Dalam Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 146–152).
Kemendikbud. (2017). Panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kirana, Z. C., & Am, A. N. A. B. (2020). Peranan apresiasi guru terhadap antusias belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 174–193.
Kusyairi, K., & Nurlaili, N. (2021). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 195–203.
Mahardika, D., & Wibisono, T. (2023). Bimbingan kreatif guru dalam produksi konten digital berbasis tugas proyek. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Media, 11(2), 136–144.
Majid, A. (2009). Perencanaan pembelajaran: Mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marpaung, L. (2024). Teknik pembelajaran berkelompok pada kurikulum Merdeka. Komprehensif, 2(1), 138–146.
Misbah, S. (2022). Penerapan metode umpan balik (feed back partner) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi struktur dan kebahasaan teks anekdot kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 143–154.
Mubarok, M. S. (2020). Penggunaan media aplikasi Google Meet pada pembelajaran berbicara teks biografi & obituari pada siswa di SMAN 12 Kota Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh pertanyaan pemantik terhadap kemampuan vernakar kritis dan hasil belajar peserta didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.
Pramesti, C., Sidik, R. S. R., Sari, A. S. L., & Yunaini, F. (2023). Diseminasi pertanyaan pemantik menuju pembelajaran bermakna. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Khaira Ummah, 2(01), 19–24.
Ramadhan, S., Atmazaki, A., Indriyani, V., & Sukma, E. (2022). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Berkelompok pada Pembelajaran Jarak Jauh Online. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 76-90.
Rizki, N., Sutri, S., & Rosalina, S. (2023). Penerapan media podcast (siniar) terhadap keterampilan menyimak biografi pada siswa kelas X di SMKN 3 Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 557–565.
Ruhimat, T. (2010). Prosedur pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.
Saragih, F., Nggandung, Y., Data, A., Loe, A. P., & Lulan, N. A. (2024). Pelatihan refleksi pembelajaran yang bervariasi pada SMP Negeri 9 Kupang. Kelimutu Journal of Community Service, 4(2), 18–28.
Selani, T. P. (2021). Pentingnya keterampilan berbahasa berbicara siswa dalam pembelajaran. Accelerating the World’s Research.
Sholihah, U., Ihsan, B., & Lestari, L. T. (2024). Model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dalam menulis puisi siswa kelas VIII MTs Darun Najah Babat. RUNGKAT: RUANG KATA, 1(1), 27–36.
Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dalam menceritakan kembali isi teks biografi pada kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388–393.
Suhaimi, I., & Permatasari, F. (2021). Model pembelajaran abad 21 dan pembelajaran menulis kolaborasi. Jurnal Koulutus, 4(2), 211–223.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583-589.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taufiqurrohman, M. S. (2022). Efektivitas mindful podcast untuk menurunkan loneliness pada mahasiswa dengan mobile phone addict [Disertasi doktoral, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Tristiantari, N. K. D., & Wulandari, P. M. D. S. (2024). Media pembelajaran spinner. Uwais Inspirasi Indonesia.
Tuharea, N. F. M., & Mulyono, M. (2022). Analisis tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam podcast Enzy Storia episode peduli kesehatan mental. Bapala, 9(3), 26 36.
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16–35.
Wahyuni, D., & Arifin, M. (2024). Strategi pengembangan keterampilan vokal siswa melalui media podcast dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(1), 94–103.
Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan PUEBI dan keterkaitannya dengan keterampilan menulis teks biografi siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 86–92.
Yasin, F. N. (2022). Pengaruh media pembelajaran Big Book dengan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 142–153.
Refbacks
- There are currently no refbacks.