Transformasi Peran Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Abad 21
Abstract
The rapid advancement of technology and social change in the 21st century has demanded a major transformation in the role of primary school teachers—from traditional instructors to active, adaptive, and innovative facilitators. This article aims to explore how the transformation of teacher roles supports the development of students’ 21st-century skills and what competencies are needed to meet modern educational challenges. The method used is a literature review with a qualitative descriptive approach based on ten relevant scholarly articles. The findings emphasize three main aspects: (1) shifting from teacher-centered to student-centered learning, (2) strengthening digital literacy and integrating learning technologies, and (3) applying project- and problem-based approaches to develop 4C skills. This study recommends continuous training, an innovative school culture, and supporting infrastructure to enable teachers to perform their roles effectively in the digital era.
Perkembangan teknologi dan perubahan sosial pada abad ke-21 menuntut transformasi signifikan dalam peran guru sekolah dasar, dari pengajar tradisional menjadi fasilitator pembelajaran yang aktif, adaptif, dan inovatif. Artikel ini bertujuan mengkaji bagaimana transformasi peran guru sekolah dasar dapat mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 siswa, serta kompetensi apa saja yang dibutuhkan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap sepuluh artikel ilmiah relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa transformasi peran guru mencakup tiga fokus utama: (1) perubahan dari teacher-centered menjadi student-centered learning, (2) penguatan literasi digital dan integrasi teknologi pembelajaran, serta (3) penerapan pendekatan berbasis proyek dan masalah untuk pengembangan keterampilan 4C. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan, budaya inovatif di sekolah, serta infrastruktur pendukung agar guru mampu menjalankan perannya secara optimal di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776.
Chusna, I. F., Aini, I. N., Putri, K. A., & Elisa, M. C. (2024). Literatur review: Urgensi keterampilan abad 21 pada peserta didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 1-1. V
Fajriyah, E. (2022, October). Kemampuan literasi numerasi siswa pada pembelajaran matematika di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 403-409). V
Junaidah, J., Fadila, P., & Masruroh, W. (2025). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Perspektif Teori Pendidikan Modern. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1613-1618. V
Karacaoğlu, Ö. C. (2025). Basic skills of 21st century teachers. Australian Journal of Teacher Education, 50(1), 75–87. V
Kırbaş, A., & Bulut, M. (2024). Examining the 21st century skills teaching levels of teacher candidates. International Journal of Technology in Education (IJTE), 7(3), 434–455. V
Kuntari, S. (2023, May). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 2, pp. 90-94). V
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. V
Mardiana, E., Kusuma, Z. N. A. W., & Iskandar, S. (2024). KARAKTERISTIK DAN PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 247-256. V
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305-317. V
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77-86. V
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas strategi pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47. V
Nurhidayat, E., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Hartono, R. (2024). Technology integration and teachers’ competency in the development of 21st-century learning in EFL classroom. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 342–349. V
Nursaya’bani, K. K., Falasifah, F., & Iskandar, S. (2025). Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21: Mengintegrasikan Kreativitas, Kolaborasi, dan Teknologi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109-116. V
Özer, M., & Kuloğlu, A. (2023). The relationship between primary school teachers’ perceptions of 21st century skills and digital literacy level. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 11(3), 173–183. V
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 13(1). V
Rizkiani, R., Halidu, S., & Sarlin, M. (2024). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di SDN 1 Mansalean Kabupaten Banggai Laut. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(2), 469-480. V
Söylemez, N. H. (2023). Teacher and student in the 21st century: A mixed design research. International Journal of Psychology and Educational Studies, 10(3), 758–772. V
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57-68.V
Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61-70. V
Yanti, E., Utari, M., & Putra, S. (2024). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 14(1). V
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17). V
Refbacks
- There are currently no refbacks.