Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMK

Setyo Ranu Murti, Nur Khotibul Umam, Ida Nugroho Saputro, Etiek Kurniawati

Abstract

In the current era, students are required to be able to adapt, think critically, and be able to learn independently. This study aims to improve students' learning independence at the vocational high school level, especially in class XI DPIB SMK Ganesha Tama Boyolali by implementing the Problem Based Learning model in the Expertise Concentration subject. This study is a Classroom Action Research with a research design using the Kemmis & McTaggart model. The research subjects used were 27 students of class XI DPIB SMK Ganesha Tama Boyolali. Data collection techniques were obtained through observation, documentation and field notes. The collection was carried out through two cycles and one pre-cycle. Data analysis used is a descriptive analysis technique sourced from the results of observations. The results of the observations showed an increase in learning independence from 37.0% in the pre-cycle, 55.6% in the first cycle, and 77.8% in the second cycle. Students showed positive developments in aspects of initiative, responsibility, perseverance, and confidence in completing tasks. The implementation of the PBL model has been proven effective in increasing student learning independence at SMK Ganesha Tama Boyolali.

Dalam era saat ini, siswa dituntut untuk dapat beradaptasi, berpikir kritis, dan mampu belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada jenjang SMK khususnya di kelas XI DPIB SMK Ganesha Tama Boyolali dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam mata pelajaran Konsentrasi Keahlian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI program keahlian DPIB di SMK Ganesha Tama Boyolali berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengambilan dilakukan melalui dua siklus dan satu pra-siklus. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang bersumber dari hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan peningkatan kemandirian belajar dari 37,0% pada pra-siklus, 55,6% pada siklus pertama, dan 77,8% pada siklus kedua. Siswa menunjukkan perkembangan positif dalam aspek inisiatif, tanggung jawab, ketekunan, serta kepercayaan diri dalam menyelesaikan tugas. Penerapan model PBL telah terbukti efektif dalam peningkatan kemandirian belajar siswa di SMK Ganesha Tama Boyolali.

Keywords

kemandirian belajar, problem based learning, sekolah menengah kejuruan

Full Text:

PDF

References

Aprila, B., & Fajar, A. A. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Dan Hubungannya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education, 12(1), 15–29. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5408

Anggraini, K. N. (2023). A Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31-48. https://doi.org/10.61346/jse.v4i3.71

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Siswa. Widya Accarya, 12(1), 61-69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69.

Douglass, C., & Morris, S. R. (2014). Student perspectives on self-directed learning. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 14(1), 13–25. https://doi.org/10.14434/josotl.v14i1.3202

Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Hastuti, F. F., Waluyo, M., & Sumadi, S. (2024). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 98–110. https://doi.org/10.33373/pyth.v13i2.6356

Ilmaknun, L. ., & Ulfah, M. . (2023). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416-423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Lumbantobing, W. L., & Haryanto. (2019). Effect of ARCS Model on Learning Independence of 21st Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012105

Machali, I. . (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mardatillah, A., Putri, H., Nadia, N., Tanjung, N., & Ungu, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 98-105. https://doi.org/10.5281/zenodo.10082148

Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Analisis Studi Pada Kemandirian Belajar Siswa. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 114–126. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1869

Sagita, A., Wahyudin, E., Latiefah, L., Ramdhan, R. M., & Padilah, T. (2023). Strategi Membangun Kolaborasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 48-56.

Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Journal on Education, 6(1), 48-53. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2912

Widyasari, M., Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 509–516. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.574

Wijanarko, T., & Taofik, T. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 527–540.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.