Analisis Implementasi Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Education is a crucial element in developing human resources; however, IPAS (Science and Social Studies) learning in elementary schools often faces challenges, such as limited instructional innovation and low student concentration. The cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) offers a promising alternative as it promotes collaboration, creativity, and critical thinking. This study aims to analyze the implementation of the STAD model in IPAS learning through a literature review. A total of 20 sources published between 2020 and 2025 were systematically analyzed. The findings indicate that the STAD model is effective in improving students’ learning outcomes, motivation, attitudes, and knowledge, while also significantly enhancing students’ skills such as communication, collaboration, and independence. Moreover, the model contributes to creating an active, interactive, and enjoyable learning environment. The implementation of the STAD cooperative learning model in IPAS education at the elementary school level shows a significant improvement in various aspects of student learning outcomes. It is recommended that this research be continued by examining the factors that influence the successful implementation of the STAD model in a broader context.
Pendidikan adalah elemen krusial untuk mengembangkan sumber daya manusia, namun pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar kerap menghadapi tantangan, seperti rendahnya inovasi pembelajaran dan kurangnya konsentrasi siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menjadi alternatif yang potensial karena mendorong kerja sama, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model STAD dalam pembelajaran IPAS melalui studi literatur. Sebanyak 20 literatur dari tahun 2020–2025 dianalisis menggunakan pendekatan sistematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa model STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar, motivasi, sikap, pengetahuan, serta secara signifikan mengembangkan keterampilan siswa seperti komunikasi, kolaborasi, dan kemandirian. Selain itu, model ini turut membentuk lingkungan belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek hasil belajar siswa. Disarankan agar penelitian ini dapat dilanjutkan dengan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi model STAD dalam konteks yang lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdel, B. A., Nabilah, N. N., & Dewi, R. P. (2025). Peningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran STAD di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. 3(4), 2307–2312.
Agatha, S. O., Winarni, R., & Supianto, S. (2024). Implementasi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.20961/jpiuns.v10i2.86307
Aminulloh, M., & Abidatillah. (2024). Deskripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPAS. Published by MAN Insan Cendekia Jambi, 5(2), 91–98. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/49031/40852
Cahyani, I., Akmal, A. U., Amini, R., & Taufik, T. W. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 14 PADANG ARO KABUPATEN SOLOK SELATAN. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 6(1), 63–73.
Cahyaningsuh, A. A. N., Sukmarani, D., & Istinigsih, G. (2024). Efektivitas Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kartu TTS Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Organ Pencernaan Manusia. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 87. https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.18573
Dewi, F. S., & Widyasari, C. (2024). Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik dan Hasil Belajar IPAS Kelas IV melalui Model Pembelajaran STAD di Sekolah Dasar. Fondatia, 8(2), 367–380. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4753
Dikri, A., Yuliana, R., & Hayati, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Iv Sd N Banjarsari 5 Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad). Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 134–147. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.39
Fajriyana, N. B., Purbasari, I., & Fakhriyah, F. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD melalui Model STAD Berbasis Projek Dengan Media EDO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6597–6606.
Hanafi, K. D., Kasdriyanto, D. Y., & Qomariah, R. S. (2024). Model Pembelajaran Stad Dalam Meningkatkan Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sd Namira Probolinggo. Jurnal Pepadu, 5(1), 132–138. https://doi.org/10.29303/pepadu.v5i1.4189
Indrianto, R. (n.d.). PENERAPAN MODEL STAD GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD NEGERI KECIPIR 02 Berdasarkan hasil analisis bahwa akar penyebab masalah murid memiliki pemahaman yang rendah terhadap kenampakan alam dan pemanfaatannya adalah model pembelajaran ko. 1, 365–377.
Kafiar, R., & Wardani, K. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Journal on Education, 06(01), 5348–5356.
Karma, I. W., Suma, K., & Astawan, I. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berseting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 356–364. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61027
Khairunnisa, S. A., & Wahyudin, D. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Https://Jurnal.Habi.Ac.Id/Index.Php/Pendikdas, 05(02), 39–48. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14128%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/14128/9/1911031080-LAMPIRAN.pdf
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lukitasari, V. E., & Mufidah, L. N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Dalam Menguatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) MIN 4 Tulungagung. The Elementary Journal, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.56404/tej.v2i1.89
Lestari, I. D., Indawati, N., & Urdiana, V. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPAS Materi Siklus pada Makhluk Hidup melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Kelas III Sekolah Dasar Pendahuluan Pendidikan adalah proses tahap seorang anak dalam menjalani kehidupa. 1(2), 1086–1095.
Luthfi, S. A., Hayat, M. S., & Natalia, D. (2024). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA SISWA KELAS V SD N KALICARI 01 SEMARANG. 7–11.
Marheni, N. K., Jampel, i N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4, 351–361.
Murthada, M., & Sulubara, S. M. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.659
Nazilah, I. S., Wiryanto, L. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI. Www.Journal.Unublitar.Ac.Id/Jp, 8(4). https://doi.org/10.51178/jesa.v5i2.1950
Putri, A. B., & Halidjah, S. (2023). Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong Ipas Dengan Model Pembelajaran Stad Kelas V Sekolah Dasar. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.46368/bjpd.v4i2.1484
Putri, D. E. L., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Academic Journal Research, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.61796/acjoure.v1i1.13
Ruliandari, L., Sari, M., Alfiana, R., & Shafitri, N. M. (2025). Analisis Tantangan dan Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA di SD. 5, 3129–3139.
Suriyani. (2025). The Effect of the Augmented Reality-Based STAD Model on IPAS Learning Outcomes. Journal of Educational Learning and Innovation, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.46229/elia.V5i1
Susanti, A. A., Nisak, J., & Salimi, M. (2024). Penggunaan Metode Kooperatif Model STAD Dengan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Kelas IV. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(4), 383–389.
Tsabita, D. W., Zulkarnain, F. O., Adi, I. G. A. R. K. D., & Evaldus, J. D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 466–474. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.321
Wahyuni, M. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD Negeri 007 Serusa Mati Kecamatan Sinaboi …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(October 2021), 19243–19246. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11185
Winaastari, N. P. A., Yudiana, K., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 280. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617
Zulhaida, M. M., Sanoto, H., Guru, P. P., Keguruan, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantu Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Application of the Three-Dimensional Media-Assisted STAD Type Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes. 11(2), 129–144.
Refbacks
- There are currently no refbacks.