Kesalahan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan pada Peserta Didik Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR)

Serlia Nurul Aizzah, Anesa Surya

Abstract

Problem solving in mathematics, especially fraction word problems, is a challenge for elementary school students which can affect understanding of concepts. This research aims to examine the literature on the forms of errors made by students in solving fraction story problems and the factors that cause them. The method used is Systematic Literature Review (SLR), analyzing scientific articles published between 2015 and 2025, through the Google Scholar database with the keywords: "problem solving", "fraction word problems", and "mathematical errors". The research results show that the dominant types of student errors in problem solving include: (1) errors in understanding the problem; (2) errors in selecting surgery; (3) errors in calculating; (4) errors in interpreting answers. The causal factors include: (1) lack of understanding of the concept of fractions; (2) low reading ability; (3) limited problem solving strategies. The teacher's role in providing scaffolding and selecting a contextual approach is very important to reduce student errors. Thus, learning intervention based on error diagnosis is an important step to increase the effectiveness of solving fraction story problems in elementary school students.

Pemecahan masalah dalam matematika, khususnya pada soal cerita pecahan, menjadi tantangan bagi peserta didik sekolah dasar yang dapat memengaruhi pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam memcahkan masalah soal cerita pecahan serta faktor-faktor penyebabnya. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) artikel-artikel ilmiah yang dianalisis dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025, melalui database Google Scholar dengan kata kunci: "problem solving", "fraction word problems", dan "mathematical errors". Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan peserta didik dalam pemecahan masalah yang dominan meliputi: (1) kesalahan dalam memahami masalah; (2) kesalahan dalam memilih operasi; (3) kesalahan dalam melakukan perhitungan; (4) kesalahan dalam menafsirkan jawaban. Faktor penyebabnya antara lain: (1) kurangnya pemahaman konsep pecahan; (2) rendahnya kemampuan membaca; (3) keterbatasan strategi pemecahan masalah. Peran guru dalam memberikan scaffolding dan pemilihan pendekatan kontekstual sangat penting untuk mengurangi kesalahan peserta didik. Dengan demikian, intervensi pembelajaran berbasis diagnosis kesalahan menjadi langkah penting untuk meningkatkan efektivitas pemecahan masalah soal cerita pecahan pada peserta didik sekolah dasar.

Keywords

Pemecahan Masalah, Pecahan, Soal Cerita, Kesalahan Peserta Didik, Systematic Literature Review (SLR)

Full Text:

PDF

References

Aji, R. S., & Prasetyo, K. B. (2025). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan kelas III SD Negeri Sidorejo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 293–303. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24605

Alwandita, H. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas VI di Sekolah Dasar Kartika XVII-1 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(3), 15957–15966.

Arini, R., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan di kelas V sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety and its cognitive consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Ashcraft, M. H., & Krause, J. A. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. Psychonomic Bulletin & Review, 14(2), 243–248. https://doi.org/10.3758/BF03194059

Chonesty, E., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. http://jcc.ppj.unp.ac.id/index.php/jcpd/article/view/2

Fatimah, S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan dengan pendekatan Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 145–152.

Fikri, I. A., Khamdun, K., & Ulya, H. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 139–143. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1796

Fitri Ramadani, B. R. S. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan kelas IV di SD Taman Harapan. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(7), 1245–1252.

Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi pecahan kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435–444. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/947

Heruman. (2008). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Istiqomah, I., & Zakiyah, N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas IV SD. http://eprints.umsida.ac.id/606/

Kemendikbudristek. (2022). Laporan hasil asesmen nasional: Literasi dan numerasi tahun 2022. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lubis, A. F., & Surya, E. (2020). Analisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 665–674. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.350

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Novia, E. N. A., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34–40.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Payung, Z., Kusumah, Y. S., Mulyaning, E. C., & Avip, B. (2025). Application of Newman’s Error Analysis to identify students’ errors in solving fraction problems. Journal of Innovative Mathematics Learning, 8(2), 343–353. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jiml/article/view/27320

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. John Wiley & Sons.

Polya, G. (1945). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press.

Pramesti, T., & Wardana, M. S. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School, 7(1), 26–36.

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense-making in mathematics. In D. A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 334–370). Macmillan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.