Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di SD Negeri Ciputih 03
Abstract
The lack of interactive and engaging learning media in elementary IPAS (Integrated Science and Social Studies) lessons contributes to low student motivation and learning outcomes, particularly on the topic of natural resources. This study aims to develop an interactive learning media based on Genially assisted by Canva that is feasible and effective in improving students’ motivation and academic performance in third-grade classes at SD Negeri Ciputih 03. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instruments included validation sheets for content experts, media experts, and language experts, as well as student response questionnaires and post-test assessments. Validation results indicated that the developed media was categorized as “highly feasible,” with expert ratings ranging from 84% to 94.67%. Student responses showed that 94% found the media highly engaging, easy to understand, and enjoyable. Post-test results revealed that 88% of students scored above the Minimum Mastery Criterion (KKM). Based on these findings, it can be concluded that the interactive learning media based on Genially assisted by Canva is feasible and effective for use in IPAS learning to improve students’ motivation and learning outcomes in elementary school.
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi Sumber Daya Alam. Studi ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Genially berbantuan Canva yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri Ciputih 03. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan mencakup angket validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta angket respon peserta didik dan tes hasil belajar (post-test). Hasil validasi membuktikan bahwa media yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan masing-masing ahli berada pada rentang 84% hingga 94,67%. Respon peserta didik terhadap media menunjukkan bahwa 94% menyatakan media sangat menarik, mudah dipahami, dan menyenangkan. Hasil post-test menunjukkan bahwa 88% peserta didik mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Genially berbantuan Canva layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Aprilia, I. N., Sundari, F. S., & Wijaya, A. (2024). Pengembangan Media Interaktif Genially pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 22–30.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.
Dewi, L. C., Churiyah, M., Winarno, A., Istanti, L. N., & Siswanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dan Self-Regulated Learning Melalui Media Digital. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 177–192.
Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955
García-Ruiz, R., & Pérez-Escoda, A. (2020). Communication and Education in a Digital Connected World. Icono14, 18(2), 1–15. https://doi.org/10.7195/RI14.V18I2.1580
Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Platform Genially. Jurnal Pendidikan Sains, 4, 14440–14451.
Iis Yanawati, A. B. P. (2022). Projected Motion sebagai Media Pembelajaran IPA SD. Indonesian Journal of Educational Science, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1337
Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). The Importance of Interactive Learning Media in a New Civilization Era. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 48–60. https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3298
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Putri, H. R., Setiawan, R., Ramadan, S., & Peng, L.-H. (2023). Development of Genially-Based History Learning Media. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 10(2), 198–209. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/61854
Rahmawati, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially pada Subtema Kekayaan Alam. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(4), 819–827. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas/article/view/3196
Sakila, R., Lubis, N. F., Saftina, M., & Asriani, D. (2023). Pentingnya IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam, 2(1), 119–123.
Saputra, M. W., & Fathoni, A. (2024). Media Scrapbook Sebagai Sarana Pemahaman Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.125638
Septianingsih, M., Kurnia, D., & Hikmah, N. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Genially. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 15, 34–38.
Sri Gusty, M., dkk. (2023). Ilmu Lingkungan Hidup. Surabaya: Pustaka Akademik.
Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2022). Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 145–152. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.17590
Sadiman, A. S., dkk. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Nieveen, N. (2007). Formative Evaluation in Educational Design Research. Dalam J. van den Akker et al. (Eds.), Educational Design Research (pp. 89–102). Routledge.
Mata, B., Pai, P., Smk, D., & Semarang, N. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Prosiding Nasional Pendidikan Dasar, 3, 72–78.
Yuliana, R., & Mahardika, D. (2021). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 87–95. https://doi.org/10.35568/jpdn.v7i2.1224
Refbacks
- There are currently no refbacks.