Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SDN 1 Bayongbong
Abstract
This study aims to determine the effect of gallery walk This study aims to examine the effect of the gallery walk strategy on the scientific literacy of fifth-grade students in science subjects at SDN 1 Bayongbong. The research employed a quasi-experimental method with a Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used was purposive sampling, with class VA assigned as the experimental group (29 students) and class VB as the control group (29 students), resulting in a total sample of 58 students. The instrument used was a test, and data analysis was conducted using a t-test. The calculation results showed that the post-test t-count of 5.1820 was greater than the t-table value of 2.0148, indicating that Hα is accepted. Therefore, it can be concluded that the implementation of the gallery walk strategy has a significant effect on the scientific literacy skills of fifth-grade students in science subjects at SDN 1 Bayongbong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gallery walk terhadap literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Bayongbong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, di mana kelas VA ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 29 siswa, dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang juga terdiri dari 29 siswa, sehingga jumlah total sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes, dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung post-test sebesar 5,1820 lebih besar dari t tabel sebesar 2,0148, sehingga Hα diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode gallery walk berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Bayongbong..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Latip. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5(1), 444-445.
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5.
Ahmad, R., Sari, M. N., & Lestari, D. A. (2023). The effectiveness of gallery walk strategy to improve students’ scientific literacy in secondary school. Journal of Science Education and Innovation, 7(1), 45–56.
Ardiansyah, A. A. I., Irwandi, D., & Murniati, D. (2016). Analisis literasi sains siswa kelas XI IPA pada materi hukum dasar kimia di Jakarta Selatan. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1(2), 149–161.
Asniati. (2019). Pengembangan Instrumen Literasi Sains berbasis Googleform. Jurnal UIN Raden Intan Lampung. 2(1), 20-24
Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 4, 197.
Basuki. (2019). Analisis Faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPA dan Literasi Sains.Jurnal EDUFISIKA. 4(2), 31-33
Ghani, A. N. (2014). Experimental research methods for students in built environment and engineering. MATEC Web of Conferences, 10(1). https://doi.org/10.1051/matecconf/201410 01001
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International journal of environmental and science education, 4(3), 275-288.
National Research Council. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/13165
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran IPA berbasis socioscientific issues (SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Sugiono. (2010) Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D) Cet.9; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19 (2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Turner, Dana. P. (2020). Sampling Methods in Research Design.
Wina, Sanjaya (2019). Media Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pranemedia, 2(3), 31-36
Windyariani, S. (2017). Kemampuan literasi sains siswa sd pada konteks melestarikan
capung. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 17-21.
Wulandari. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan Kompetensi Sains Siswa. Journal EDUSAINS. 8(1), 66-67
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).
OECD. (2018). PISA 2018 assessment and analytical framework: Reading, mathematics and science. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Grossman Publishers.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.