Evaluasi Pembelajaran Digital Bahasa Indonesia melalui Integrasi Google Form dan Buku Teks pada Siswa Kelas IX SMP/MTs
Abstract
This research is motivated by the development of technology that encourages teachers to combine textbooks with digital instruments such as Google Form to support the effectiveness of the learning evaluation process. This study aims to describe the use of Google Form and textbooks as evaluation tools for Indonesian language learning for grade IX students of junior high schools/Islamic junior high schools. The method used is a literature study with a qualitative approach, the data of which is obtained from reference books and scientific journal articles. Data analysis was carried out through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and inference drawing. The results of the study show that the use of Google Form provides convenience in managing and accessing evaluation results quickly, while textbooks still provide varying depth of material and validity of questions. The collaboration between these two instruments has been shown to increase the efficiency and quality of Indonesian language learning evaluation. The conclusion of this study is that the integration of Google Form and textbooks is an effective and relevant digital evaluation innovation to support continuous learning in the technological era.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi yang mendorong guru untuk mengombinasikan buku teks dengan instrumen digital seperti Google Form guna mendukung efektivitas proses evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Google Form dan buku teks sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX SMP/MTs. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, yang datanya diperoleh dari buku-buku referensi dan artikel jurnal ilmiah. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Form memberikan kemudahan dalam mengelola dan mengakses hasil evaluasi secara cepat, sementara buku teks tetap memberikan kedalaman materi dan validitas soal yang bervariasi. Kolaborasi antara kedua instrumen ini terbukti meningkatkan efisiensi dan kualitas evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi Google Form dan buku teks merupakan inovasi evaluasi digital yang efektif dan relevan untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan di era teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arjiman, N., Nelva Saputra, H., & Asrul, A. (2022). Analisis Respon terhadap Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP), 3(3), 141–150. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i3.500
Dani, B. T. E. S. (2021). Bentuk-bentuk tes dan karakteristiknya. 8(12), 296–306.
Diputera, A. M. (2019). Teori Penilaian Tes Essai atau Uraian. Journal Reseapedia, 1(1), 1–3.
El Hasbi, A. Z., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Teknik Pengolahan Tes Pada Bidang Pendidikan (Tes Tertulis, Tes Lisan, Tes Perbuatan). Al Furqan : Jurnal Agama, Sosisal, dan Budaya, 3(3), 1428–1449.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Irsan Harlin, Muhammad Siri Dangnga, Buhaerah, Hamdanah, & Muh. Akib. (2024). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo : The Utilization of Google Form as an Evaluation Tool for Islamic Education Learning in SMK YPPP Wonomulyo . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 19(1 SE-Articles), 58~74. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3907
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Muhammad Widodo, Bambang Genjik, H. S. (2023). Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas Xi. Khatulistiwa: Pendidikan dan Pembelajaran, 12(7), 1745–1752.
Mutiah, N. (2020). Pengaruh Tes Objektif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidenreng Rappang Pembelajaran dapat Terlaksana dengan Baik .03, 200–217.
Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024). Langkah-Langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572
Purwati, N. K. R., & Sumandya, W. (2019). Penerapan Partial Credit Model (PCM) dalam Mengevaluasi Tes Uraian Application of Partial Credit Model (PCM) in Evaluating the Essay Tes. Emasains.
Rahman, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Uwais Inspiratif Indonesia.
Ratna Widya Wijayanti, Yatim Riyanto, & Waspodo Tjipto Subroto. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Digital Untuk Mengukur Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 127–136. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.230
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan. 3(1), 16–22. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67
Siregar, I. A. (2021). Analisis dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Q. Alvaberta.
Susila, R. H., Arief, Eriyanti, & Elfiana. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(1), 107–114. https://doi.org/10.31980/jpetik.v10i1.1061
Wardani, O. P. (2018). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks SMA Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 75. https://doi.org/10.30659/j.v5i2.2352
Yuliana, B., Gummah, S., & Sukroyanti, B. A. (2021). Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pelajaran Fisika Kelas X. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 178. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4691
Refbacks
- There are currently no refbacks.