Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar STEAM-PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
Abstract
The low level of scientific literacy among Indonesian students, as indicated by the PISA results, demands innovation in learning approaches that are more contextual and transdisciplinary. This study aims to analyze the effect of using STEAM-PjBL-based teaching materials on improving elementary school students’ scientific literacy. The study employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically the Matching Only Pretest-Posttest Group Design. The sample consisted of 28 students in the experimental class and 27 students in the control class. The instrument used was a multiple-choice scientific literacy test developed based on four components: context, scientific competencies, scientific knowledge (content, procedural, epistemic), and scientific attitudes. The data were analyzed using descriptive statistics and an independent samples t-test with the help of SPSS. The results showed that students in the experimental group had significantly higher posttest scores than those in the control group. In addition, the learning process also fostered students’ curiosity, sense of responsibility, and critical thinking skills. These findings indicate that STEAM-PjBL-based teaching materials are effective in enhancing students’ scientific literacy in a contextual and meaningful way
Rendahnya literasi sains siswa Indonesia, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil PISA, menuntut adanya inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan transdisipliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis STEAM-PjBL terhadap peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yaitu Matching Only Pretest-Posttest Group Design. Sampel terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda literasi sains yang disusun berdasarkan empat komponen: konteks, kompetensi ilmiah, pengetahuan ilmiah (konten, prosedural, epistemik), dan sikap saintifik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t dua sampel bebas dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki skor posttest yang secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Selain itu, pembelajaran juga mendorong munculnya rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis STEAM-PjBL efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa secara kontekstual dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danuri, D., & Yanti, A. D. (2025). Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek dengan STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama siswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 5(1), 85–97.
Ekawati, D., Adnyani, N. L. S., Widyantari, N. P. S. W., & Susiani, K. (2025). Mengintegrasikan perspektif SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk membangun kepedulian dan rasa tanggung jawab sosial. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 10(1), 56–61.
Fatma, H. (2021). Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran bioteknologi dengan PjBL berbasis STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14.
Fitria, Y., & Indra, W. (2021). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226.
Hafild, M. N. R. & Yulianti, D. (2025). Pengembangan LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas IV SD (Tesis Doktor, Universitas Lampung).
Hafsah, S., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2025). Pengembangan modul ajar terintegrasi STEAM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi pada materi kesetimbangan benda tegar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8649–8656.
Humam, M. S., & Hanif, M. (2025). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan keterampilan kritikal siswa di era modern. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 262–281.
Izzania, R. D. S. M., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. Penggunaan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Izzania, R. D. S. M., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PjBL Terintegrasi STEAM Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146-157.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Nanda, W. (2022). Pengaruh model PjBL (Project Based Learning) dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) terhadap kemampuan computational thinking pada pelajaran fisika [Disertasi doktoral, UIN Raden Intan Lampung].
OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning outcomes. OECD Publishing.
Rahayu, S., & Dewi, C. A. (2025). Case-based learning: Strategi meningkatkan literasi sains dan problem solving. Penerbit Andi.
Ramadhana, S. D. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran daring dengan model PjBL-STEAM pada materi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan [Skripsi, UIN Walisongo Semarang].
Ramadhana, S. D., Norra, B. I., & Rasyida, N. (2021). Keefektifan perangkat pembelajaran dengan model PJBL-STEAM pada materi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 75–81.
Sastradinata, B. L. N. (2023). Transformasi mindset dalam membangun kemampuan berpikir kritis melalui metode pembelajaran aktif. Deepublish.
Setiawan, N. R., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2021). Perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL pada muatan IPA di sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 40–54.
Setiawati, D. T., Halimah, S., & Budiyanti, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar PAI. Research and Development Journal of Education, 10(1), 169–177.
Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & Binti Ab Rahman, S. F. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(2), 158–176.
Siregar, S. (2024). Pengembangan e-modul dengan pendekatan STEAM-PjBL pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(3)
Sugita, D., Sabela, E., Sari, F. M., Idayanti, R., & Erika, F. (2025). Literatur review: Penerapan pendekatan STEAM pada pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 103–114.
Suharni, S., Sulistiawati, I., & Irawan, N. (2024). Analisis model pembelajaran STEAM sebagai strategi pengembangan numerasi aljabar di sekolah menengah pertama. Bima Journal of Elementary Education, 2(2), 78–86.
Wedanthi, L. P. R., & Dantes, N. (2025). Model pembelajaran berbasis masalah berorientasi STEAM terhadap hasil belajar IPAS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 9(1), 39–49.
Yulia, D. C. (2023, December). Inovasi pembelajaran di era digital: Pengaruh positif kombinasi pendekatan STEAM dan PjBL terhadap pencapaian akademik. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA) (Vol. 3, pp. 22–30). Universitas Sanata Dharma.
Refbacks
- There are currently no refbacks.