Implementasi Metode Ummi melalui media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Pemahaman Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas 1 MI Al- Huda Karanggetas Purworejo
Abstract
Understanding the recognition of Hijaiyah letters is a fundamental basis in Qur'an learning, especially at the elementary school level. The aim of this study is to improve the understanding of Hijaiyah letters among first-grade students at MI Karanggates Purworejo through the implementation of the Ummi method combined with flashcard learning media. This research is a Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles, with each cycle comprising two meetings. Data collection techniques included tests, observation, interviews, and documentation. Data analysis employed the Miles, Huberman, and Saldana model, which includes data condensation, data display, and data verification stages. The results of the study showed that the Ummi method integrated with flashcards significantly improved the students’ understanding of Hijaiyah letters in grade 1 at MI Al Huda Karanggetas, Purworejo. The improvement in Cycle 1 reached 53%, while in Cycle II it increased to 82%. The conclusion of the study is that the use of the Ummi method through flashcards is effective in enhancing students' ability to recognize and understand Hijaiyah letters in grade 1 at MI Al Huda Karanggetas, Pituruh, Purworejo.
Pemahaman pengenalan huruf hijaiyah merupakan dasar fundamental dalam pembelajaran Al-Qur’an, terutama di tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa kelas 1 MI Karanggates Purworejo melalui penerapan metode Ummi yang dipadukan dengan media pembelajaran flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman & Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode ummi melalui media flascard dapat meningkatkan pengenalan pemahaman huruf Hijaiyah pada siswa kelas 1 MI Al Huda Karanggetas Purworejo. Dengan besar peningkatan di siklus 1 adalah sebesar 53% dan besar peningkatan di siklus 2 adalah sebesar 82%. Kesimpulan hasil penelitian pengenalan huruf hijaiyah dengan metode UMMI melalui media Flascard efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali dan memahami huruf hijaiyah pada siswa kelas 1 MI Al Huda Karanggetas Pituruh Purworejo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, A. F., Nurjanah, S. F., & Larasati, S. (2025). Imple$me$ntasi me$tode$ Ummi dalam me$nge$nalkan huruf hijaiyah anak usia dini usia 3–4 tahun. J-KPI (Jurnal Komunikasi dan Pe$ndidikan Islam), 1(1), 11–19. Yayasan Irsyadul Ibad Mojopurno. Diakse$s dari https://journal.irsyad.org/inde$x.php/J-KPI/article$/vie$w/7/11
Aini, Q. T. (2022). Imple$me$ntasi Me$tode$ Ummi Pada Pe$mbe$lajaran Me$mbaca Al-Qur'an di TK E$xce$lle$nt Islamic School (E$XISS) ABATA Jakarta, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. Re$positori Institusional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakse$s dari https://re$pository.uinjkt.ac.id/dspace$/handle$/123456789/61347
Alucyana, A., Suparman, U., & Syahzuni, A. (2020). Pe$ne$litian tindakan ke$las: Konse$p dan praktik. Bandung: Widina Bhakti Pe$rsada Bandung.
Ananda, R., Hamzah, U., & Malawat, E$. (2015). Pe$ne$litian tindakan ke$las. Me$dan: CV Pe$rdana Publishing.
Apriliani, T., Azhar, H., Fatimah, S., Subarkah, I., Awanis, A., & Mae$saroh, M. (2024). Pe$ne$rapan me$tode$ Inside$ Outside$ Circle$ (IOC) dalam me$ningkatkan hasil be$lajar siswa pada pe$mbe$lajaran Al Qur’an Hadits di MTs Plus Nurul Ihsan Muktamarul Ke$bume$n. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 396–407. Diakse$s dari https://e$journal.iainu-ke$bume$n.ac.id/inde$x.php/Tarbi/article$/vie$w/1247
Azhari, M. R., Mashuri, S., & Alhabsyi, F. (2022). Inte$grasi Pe$ndidikan Agama Islam dalam Pe$manfaatan Te$knologi di E$ra Socie$ty 5.0. Prosiding Kajian Islam dan Inte$grasi Ilmu di E$ra Socie$ty 5.0 (KIIIE$S 5.0), 1(1), 188-196. Diakse$s dari https://jurnal.uindatokarama.ac.id/inde$x.php/kilie$s50/article$/vie$w/1069
Cre$swe$ll, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative$ inquiry and re$se$arch de$sign: Choosing among five$ approache$s (4th e$d.). Thousand Oaks, CA: SAGE$ Publications.
Fathoni, F. (2023). Upaya Pe$ningkatan Daya Hafal Siswa Me$lalui Imple$me$ntasi Pe$rmainan Kartu Gambar dan Huruf dalam Pe$mbe$lajaran Bahasa Arab. Khatulistiwa, 4(2), 25–40. Diakse$s dari https://doi.org/10.69901/kh.v4i2.186
Hasanah, D., Putri, D. S., & Syahbani, N. (2023). Pe$mbe$lajaran me$mbaca Al‑Qur’an de$ngan Me$tode$ Ummi di Taman Pe$ndidikan Al‑Qur’an. Islamic E$ducation Studie$s: An Indone$sia Journal, 6(2), Diakse$s dari https://ie$s.ftk.uinjambi.ac.id/ie$s/article$/vie$w/86
Hidayat,R & Abdillah. (2019). Ilmu Pe$ndidikan: Konse$p,Te$ori,dan Aplikasinya. Me$dan : Le$mbaga Pe$duli Pe$nge$mbangan Pe$ndidikan Indone$sia (LPPPI)
Isnaini, N., & Roziqin, R. (2024). Pe$nge$nalan huruf hijaiyah me$lalui me$tode$ Ummi di TK Kre$atif Al-Furqon. Bouse$ik: Jurnal Pe$ndidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Nove$mbe$r. Diakse$s dari https://jurnal.staibsllg.ac.id/inde$x.php/bouse$ik/article$/vie$w/926
Kemmis, S. and McTaggart, R. (2005) Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. Dalam N. Denzin & Y. Lincoln (Ed.), Handbook of Qualitative Research (hal. 559–604). Thousand Oaks, CA: Sage. Diakses dari https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=1832297
Majid,A. (2021). Me$tode$ E$fe$ktif Pe$mbe$lajaran Al-Qur’an: Pe$nde$katan Talaqqi dan Te$knik De$ngar-Ulang. Surabaya: Pustaka Ilmu Qurani.
Mole$ong, L. J. (2021). Me$todologi pe$ne$litian kualitatif (E$disi re$visi). Bandung: Re$maja Rosdakarya.
Muiz, A., & Umatin. (2022). Ke$unggulan tartil Al-Qur’an me$lalui me$tode$ Ummi di SMK Al Kautsar. Tadrib: Jurnal Pe$ndidikan Islam, 7(1), 45–55. Diakse$s dari https://jurnalsyntaxadmiration.com/inde$x.php/jurnal/article$/vie$w/1083
Nurhayati, Siti. (2020). Panduan Dasar Me$mbaca Huruf Hijaiyah untuk Pe$mula. Jakarta: Bumi Aksara
Rahmah, K. N., Nirmala, I., & Munafiah, N. (2023). Pe$nggunaan me$dia flashcard huruf hijaiyah untuk me$nge$nalkan huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun di PAUDQU Al-Amanah Karawang. Jurnal PAUD Agape$dia, 7(2), 123-135. Diakse$s dari https://e$journal.upi.e$du/inde$x.php/agape$dia
Rosi, Fathor & Faliyandra, Faisal. (2021). Urge$nsi Pe$mbe$lajaran Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pe$ndidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 36–53. Diakse$s dari https://doi.org/10.36835/au.v3i2.579
Sanjaya, W. (2016). Pe$ne$litian tindakan ke$las. Jakarta: Ke$ncana Pre$nadame$dia Group.
Sugiyono. (2021). Me$tode$ pe$ne$litian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (E$disi ke$-2). Bandung: Alfabe$ta.
Sugiyono. (2021). Me$tode$ pe$ne$litian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (E$disi ke$-2). Bandung: Alfabe$ta.
Sugiyono. (2019). Me$tode$ Pe$ne$litian Pe$ndidikan: Pe$nde$katan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ce$t. Ke$-4). Bandung: Alfabe$ta
Ummi Foundation. (2022). Me$tode$ Ummi: Mode$l pe$mbe$lajaran Al-Qur’an yang me$nye$nangkan dan siste$matis. Ummi Foundation Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.