Literasi Budaya Melalui Pembelajaran Seni Rupa Di SD Negeri 2 Sumbang

Rhegita Gandes Pramesti, Lia Mareza, Okto Wijayanti

Abstract

Cultural literacy is an important aspect of basic education to foster understanding and appreciation of Indonesia's cultural diversity from an early age. Fine arts learning is one of the effective means in instilling cultural values to students. This study aims to determine students' cultural literacy through fine arts learning and identify the supporting and inhibiting factors. The method used is qualitative research with a case study approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation at SD Negeri 2 Sumbang. The results showed that fine arts learning through hands-on practices, such as making hand-written batik, handicrafts from used goods, and stamping, was able to improve students' understanding of the meaning of culture, visual culture, and local culture-based work skills. The involvement of practitioners from outside the school also enriches students' learning experience and strengthens their identity and pride in the nation's culture. The conclusion of this research is that contextualized and local culture-based fine arts learning is proven effective in fostering students' cultural literacy from an early age.

Literasi budaya merupakan aspek penting dalam pendidikan dasar untuk menumbuhkan pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman budaya Indonesia sejak dini. Pembelajaran seni rupa menjadi salah satu sarana yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai budaya kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi budaya siswa melalui pembelajaran seni rupa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SD Negeri 2 Sumbang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni rupa yang dilaksanakan melalui praktik langsung, seperti pembuatan batik tulis, kerajinan dari barang bekas, dan cap, mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap makna budaya, visual budaya, dan keterampilan berkarya berbasis budaya lokal. Keterlibatan praktisi dari luar sekolah turut memperkaya pengalaman belajar siswa dan memperkuat identitas serta rasa bangga terhadap budaya bangsa. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran seni rupa yang kontekstual dan berbasis budaya lokal terbukti efektif dalam menumbuhkan literasi budaya siswa sejak usia dini.

Keywords

Literasi Budaya, Pembelajaran Seni Rupa, Praktik Langsung

Full Text:

PDF

References

Damayanti, S., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Tema Kearifan Lokal di Kelompok B RA Nurul Yaqin Desa Seri Tanjung Ogan Ilir. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13115

Diba Catur Putri, F., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167–2173. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Galindo, E. and Andriyanti, E. (2021). Multicultural competence awarness among international students in yogyakarta state university. Humaniora, 12(2). https://doi.org/10.21512/humaniora.v12i2.6949

Ghina, H., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pengimplementasian literasi budaya di sekolah dasar melalui program Inilah Budayaku. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(1), 217–222. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.498

Gustyas, A. D., Mareza, L., & Ernawati, A. (2021). KREATIVITAS GURU SDN 1 PURBALINGGA WETAN DALAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 22. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1014

Hartono, H., Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestar, A. W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476–5486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894

Hidayah, Y., Suyitno, S., & Trihastuti, M. (2022). Promoting the Values of Pancasila for Elemntary School Through Interactive Learning Media: Responding to Challenges and Responses of Citizenship Education in a Pandemic Covid-19. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636(Acec 2021), 486–491. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.087

Ismoyo, S. L. (2024). Seni rupa sebagai media pengembangan keterampilan metakognitif dan neurosains pada anak. Jurnal Sendikraf, 5(1), 32–39.

Kabari, M. I., Hayati, R. M., Ningsih, S. W., Dafara, Z. D., & Dafit, F. (2023). Pengembangan literasi budaya dan kewarganegaraan di sekolah dasar: studi kasus di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 73–82.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 3. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kurniawan, R. M. K. N., Fajrie, N., & Oktavianti, I. (2023). Literasi budaya sebagai penguatan karakter peserta didik dalam pembelajaran seni budaya di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 17143–17150. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.1011

Kurniawan, M. K. N., Fajrie, N., & Oktavianti, I. (2025). Eksplorasi kreativitas siswa dalam seni ecoprint: Antusiasme dan pemahaman ecoprint teknik pounding di kelas IV SD Negeri 2 Manyargading. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 200–213.

Mareza, L. (2018). Strategi dan model pembelajaran seni rupa bagi anak berkebutuhan khusus. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(2), 86–96.

Mukarromah, N. (2023). A systematic review: development of literature capacity in elementary school. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(2), 343-355. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i2.54037

Muzaki, F. (2023). Challenges and strategies in developing sociolinguistic competence for indonesian elementary school students. Journal of Language and Linguistics in Society, (33), 11-20. https://doi.org/10.55529/jlls.33.11.20

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 9(1), 227. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Pratama, B., & Sari, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Seni Rupa: Implementasi di Kelompok Bermain Mawar Indah. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak …, 1(1), 5–8. https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/tiflun/article/view/77

Pringgabaya, M., & Loita, A. (2022). Analisis Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar Dalam Praktik Membuat Batik Sukapura. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 481–494. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i3.53455

Sandi, N. V. (2022). Analisis kreativitas siswa dalam teknik pembuatan Batik Jumputan di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 220–239. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2556

Sutarto, H., Widiyanto, & Murdiyah, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar dengan Fasilitas Terbatas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 657–66

Triwardhani, I. J., Mulyani, D., & Pratama, R. (2023). Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3962

Wahab, I. and Amaliyah, N. (2021). The implementation of school literacy movement by using storybook in elementary school. International Journal of Elementary Education, 5(2), 393. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36727

Yayuk Primawati. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, Vol. 1 No.(2), 1–10. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecs

Yulia Marni, Desyandri, & Farida Mayar. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah Dasar : Strategi Dan Praktek Terbaik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2658–2667. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.950

Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa Sma Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 22–28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Refbacks

  • There are currently no refbacks.