Analisis Kelayakan Isi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar

Retma Iswandari, Dedy Irawan

Abstract

Textbooks play a crucial role in achieving learning objectives, as they contain instructional materials that help enhance students knowledge. A high-quality textbook should meet the content feasibility standards established by the National Education Standards Agency (BSNP), thus contributing to improved student learning outcomes and academic performance in schools. This study aims to evaluate the content feasibility of the third-grade Bahasa Indonesia textbook published by EG. The research employs a qualitative approach using content analysis methods and field note-taking techniques. Data were analyzed through descriptive analysis, and data validity was ensured through technique triangulation. The findings indicate that the content of the third-grade Bahasa Indonesia textbook by EG largely aligns with the content feasibility criteria, particularly in terms of alignment with learning objectives, material accuracy, and the presence of supportive learning materials. The study concludes that the textbook meets the content quality standards and is suitable for use as a supplementary textbook during the learning process.

Buku teks berperan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, karena pada buku teks berisi materi-materi yang mampu meningkatkan pengetahuan siswa. Buku teks yang memiliki kualitas baik, memenuhi standar kualitas kelayakan isi yang sesuai dengan standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang ditetapkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia kelas III dari penerbit EG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, dan menggunakan teknik catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk mengukur keabsahan data. Hasil analisis isi dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas III dari penerbit EG sebagian besar sudah sesuai dengan kelayakan isinya berdasarkan komponen kesesuaian capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran. Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas buku teks Bahasa Indonesia kelas III dari penerbit EG sudah sesuai dengan kriteria kelayakan isi buku teks, dan layak dijadikan sebagai buku pendamping dalam proses pembelajaran. Dalam buku teks bahasa Indonesia kelas III dari penerbit EG sudah sesuai engan kriteria kelayakan isi

Keywords

Buku Teks, Kelayakan, Isi, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References

Ahour, T., Towhidiyan, B., & Saeidi, M. (2014). The evaluation of “English Textbook 2” taught in Iranian high schools from teachers’ perspective. English Language Teaching, 7(3), 150-158.

Alviya, S. R. N., Mulyaningsih, I., & Khuzaemah, E. (2020). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Mahir Berbahasa Indonesia (MARBI) Kelas VII Edisi Revisi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya, 8(2), 325-337.

Apriliana, Y. (2017). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Edisi Revisi 2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(6), 704–713.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asri, A. S. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82

Braga Garcia, T. (2014). Criteria Used by Teachers in Brazilian Public Elementary Schools in the Process of Textbook Selection. Orbis Scholae, 8(2), 9–22.

Chico, J., & Montes, M. Á. (2023). Semiotic Representations of Multiplication and Division in Elementary School Textbooks. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 37(75), 296–316.

Febriani, M. (2018). Kesesuaian Materi Apresiasi Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 123-137.

Halitopo, M. (2020). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Buku Teks Bahasa Inggris Untuk SMK. Journal Pendidikan Universitas Sarjawiyata Tamansiswa.Yogyakarta. 1(1), 54–61.

Huda, Miftakhul dan Dini Restiyanti Pratiwi. 2020. Kajian Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. Banyumas : Pena Persada.

Irawan, D. (2021). Pendekatan Pembelajaran Membaca Pada Buku Teks Pelajaran Tematik Kelas III SD/MI Di Kecamatan Purbalingga. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 173–180.

Irsyada, R. (2016). Analisis Isi dan Kelayakan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Health & Sport, 3((2)), 121–126.

Jusuf, H. (2018). The models of checklist method in evaluating ELT textbooks. Journal Al-Lisan, 3(2), 17-35.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

O’keeffe, L. (2013). A Framework for Textbook Analysis. International Review of Contemporary Learning Research. 2(1). 1-13.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sani, M. (2020). Evaluasi kelayakan buku teks di Indonesia. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Sari, I., Nikmah, F., Rahayu, T. I., & Utami, S. P. T. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 24–31.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alphabet, CV.

Sitepu. (2015). Penulisan Buku Text Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Usman, Moh. (2002). Menjadi Guru Profesional (Cet. XIV). Ed. II. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wardani, O. P. (2018). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks SMA Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 75-82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.