Penerapan Aplikasi Wordwall Sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Teks Ekplanasi di SMP Nasyrul Ulum Aengdake Sumenep

Qurrotul Aini, Liana Rochmatul Wachidah, Sahrul Romadhon, Mochamad Arifin Alatas

Abstract

This study aims to describe the responses and learning outcomes of students through Wordwall-based formative evaluation in explanatory text learning. Various challenges in 21st-century learning require evaluation innovations that not only measure academic achievement, but are able to foster active involvement, collaboration, and overall student learning motivation. This study uses the Classroom Action Research (CAR) design of the Kemmis and McTaggart model with a descriptive qualitative approach, involving 27 ninth-grade students of Nasyrul Ulum Middle School as purposively selected subjects. Data were collected through observation, interviews, questionnaires, and documentation with expert-validated instruments, analyzed using the Miles and Huberman interactive model, and validated through triangulation and member check techniques. The results show an increase in student understanding from 61.11% in cycle I to 80.22% in cycle II, accompanied by enthusiasm, active participation, and higher learning motivation. Wordwall has been proven to be effective in producing interactive and interactive evaluations, as well as other digital media as innovative alternatives in learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons dan hasil belajar siswa melalui evaluasi formatif berbasis Wordwall dalam pembelajaran teks eksplanasi.Berbagai tantangan dalam pembelajaran abad ke-21 menuntut adanya inovasi evaluasi yang tidak hanya mengukur capaian akademik, tetapi juga mampu menumbuhkan keterlibatan aktif, kolaborasi, dan motivasi belajar siswa secara menyeluruh.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melibatkan 27 siswa kelas IX SMP Nasyrul Ulum sebagai subjek yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan instrumen yang divalidasi ahli, dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, serta divalidasi melalui teknik triangulasi dan member check.Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 61,11% pada siklus I menjadi 80,22% pada siklus II, disertai antusiasme, partisipasi aktif, dan motivasi belajar yang lebih tinggi.Wordwall terbukti efektif menciptakan evaluasi yang interaktif dan bermakna, serta mendorong pengembangan media evaluasi digital lainnya sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran.

Keywords

Evaluasi , Wordwall, TGT, teks eksplanasi, pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1666.

Agustin, D., & Regina, B. D. (2024). Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-B sekolah dasar. Jurnal Parameter, 36(2), 150–165.

Bako, E. N. (2025). Integrasi game puzzle budaya dan model PBL-GBL untuk meningkatkan pemahaman budaya peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran IPAS. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 5(1), 57–63. https://doi.org/10.57251/ped.v5i1.1685

Febriyanto, Sumarno, & Dies Hendra, W. W. (2024). Peningkatan keterampilan komunikasi melalui pembelajaran Window Shopping berbasis diferensiasi konten dan proses pada materi jaringan. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1).https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.835

Hartanto, A. (2017). Penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis genre untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Surakarta semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Empirisme, Edisi Desember, 2017. Sang Surya Media.

Indra, I. M. (2019). Cara mudah memahami metodologi penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Prenada Media Group.

Kamil, N. (2023). Game edukatif: Aplikasi Quizizz untuk evaluasi hasil belajar mahasiswa terhadap pemahaman materi pembelajaran. Prosiding The 7th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kustini, T. (2019). Pendekatan Communicative Language Teaching dalam video project YouTube untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 16.

Latjompoh, M., & Usman, N. F. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi Wordwall untuk menunjang evaluasi pembelajaran di sekolah. Damhil: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 43–49.

Nurhanudin, N., & Kartimi, K. (2025). Memahami penciptaan, perkembangan, dan tantangan manusia di era digital. Journal on Education, 7(2), 9283–9292. http://jonedu.org/index.php/joe

Maliasih, & Hartono. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif melalui metode Teams Games Tournaments dengan strategi peta konsep pada siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 2, 222–226.

Sardjo, S. (2016). Implementasi model evaluasi formatif program pembangunan sosial (EFPPS): Partisipasi multipihak dalam evaluasi program. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (PTK): Solusi alternatif problematika pembelajaran.jurnal Edunomika, 2(1), 36–42.

Tamimi, F. (2024). Teknologi sebagai kegiatan manusia dalam era modern kehidupan masyarakat. Saturnus: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 66–74.

Yanuarto, W. N., & Setyaningsih, E. (2024). A learnability study on Wordwall.net: Online educational tool for mathematics learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 119–130.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.