Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesi Pendidik di Era Digital
Abstract
The digital era brings significant transformations to education, requiring educators to adapt quickly to technology and new learning approaches. This article explores the importance of the teaching profession in the digital age, the challenges faced, and the strategies for continuous professional development. The study employs a literature review method based on recent sources related to educational digitalization and teacher development. The findings highlight the need for educators to possess digital competence, adaptive pedagogical skills, and a lifelong learning mindset. It concludes that strengthening training, policy support, and cross-sector collaboration is essential to navigate the evolving landscape of the teaching profession in the digital age.
Era digital membawa transformasi besar dalam dunia pendidikan, menuntut pendidik untuk mengadopsi teknologi serta pendekatan pembelajaran yang inovatif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pendidik di era digital, tantangan yang dihadapi, serta strategi pengembangan profesi secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur terhadap berbagai sumber ilmiah terbitan 2014–2024, yang relevan dengan tema digitalisasi pendidikan dan profesionalisme guru. Subjek dalam kajian ini adalah konsep dan fenomena terkait profesi pendidik di era digital sebagaimana direpresentasikan dalam dokumen akademik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran basis data seperti Scopus, ERIC, ProQuest, dan Google Scholar dengan kata kunci spesifik. Instrumen yang digunakan adalah matriks ekstraksi data untuk mengidentifikasi tujuan, metode, dan temuan utama dari setiap sumber. Analisis data dilakukan dengan pendekatan konten tematik untuk merumuskan isu kunci dan strategi pengembangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidik perlu memiliki kompetensi digital, pedagogi yang adaptif, serta komitmen terhadap pembelajaran sepanjang hayat. Kesimpulannya, penguatan pelatihan, dukungan kebijakan, dan kolaborasi lintas sektor menjadi krusial untuk mendukung transformasi profesi pendidik di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Nurhamidah, N., & Arma, D. J. (2025). Analisis Kode Etik Guru dalam Menjalankan Profesi dan Problematikanya di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dasar Habi.
Ainiyah, N., Nizammudin, M. R. S., Wicaksono, R. D., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (2025). Strategi dan tantangan pengembangan karir profesional berkelanjutan guru di era digital. Jurnal Pendidik Indonesia, 6(2), 99-119.
Bilassa’idah, S., & Nabila, I. (2025). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Teaching and Learning Journal.
Faradila, A. S., & Rahmadhoni, P. A. (2025). Membangun Kompetensi Guru Profesional dalam Menanamkan Karakter Kreatif di Era Digital. Jurnal Pendidikan Guru.
Ginting, A. N. B., Zahra, S., & Aulia, M. (2025). Menganalisis Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Seumur Hidup di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Manajemen Pendidikan STKIP Pessel. https://ejurnal.stkip-pesse
Ginting, A. N. B., Zahra, S., Aulia, M., Zahra, L., Sigiro, M., Purba, S. G. T., ... & Subaedah, S. (2025). MENGANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN SEUMUR HIDUP DI ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 121-127.
Ketaren, M. A., Siagian, M., & Sinaga, T. H. B. (2025). Peran dan Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Profesi Kependidikan di Era Digital. Jurnal Intelek Insan Cendekia.
Marliani, N. (2025). Literasi Teknologi di Sekolah Dasar dalam Pendidikan STEAM. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial.
Mawarni, D., Amanda, A., Agustin, A., & Salvana, V. (2025). Analisis Kebijakan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sejarah.
Miswaty, T. C. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Bahasa Inggris dengan Canva dan PowerPoint untuk Guru SMP. Jurnal Ragam Pengabdian.
Nafisah, R. M., Rahmawati, Z., & Ummah, L. A. (2025). LANGKAH STRATEGIS MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA PENDIDIKAN ABAD 21: 1. Karakteristik guru professional 2. Tantangan guru pada abad 21 3. Pengembangan kualitas profesionalisme guru 4. Langkah strategis menjadi guru professional. AL AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 7(01), 59-74.
Nasrul, M., Hidayat, F., & Dewi, W. P. (2025). Pelatihan Integrasi TPACK sebagai Strategi Penguatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., & Azzahra, M. (2024). Peran filsafat ilmu pendidikan dalam pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar: Tinjauan literatur. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137-144.
Rahmadani, S. (2024). Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital: Tinjauan literatur kualitatif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Rodhiyana, M. (2025). Peran strategis guru dalam pendidikan dan masyarakat: Tantangan dan inovasi di era digital. Spektra: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial.
Rodhiyana, M. A. (2025). Peran strategis guru dalam pendidikan dan masyarakat: Tantangan dan inovasi di era digital. Spektra: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 202-220.
Sa’Diyah, H. A. (2023). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru. Seri Publ. Pembelajaran, 1(1), 1-12.
Sa’idah, I. (2025). Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial: Tantangan Profesi Pendidik di Era Digital. IAIN Madura Repository.
Saddam, S., & Setyowati, D. L. (2025). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Berbasis Nilai Digital Culture. Madani: Journal of Social Science.
Sakirman, S. (2025). Evaluasi Kebijakan Pengembangan dan Profesi Guru di Era Digital. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Shelvia, B. (2025). Efektivitas Supervisi Akademik Berbasis Digital dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Era Kurikulum Merdeka. Equity In Education Journal.
Syafi’i, I., Aziz, Y., & Alviatin, A. K. (2025). Guru Profesional Sebagai Pilar Utama dalam Mewujudkan Generasi Unggul di Era Pendidikan 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Wahyuanto, M. M. E. (2025). Manajemen Komunikasi Digital. Google Books.
Windarti, A., Rusyani, D., Rohma, F. L., Fakhrurozi, M., & Hadiati, E. (2025). MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU PAUD: STRATEGI PENGEMBANGAN DI ERA DIGITAL. Edukreatif: Jurnal Kreativitas dalam Pendidikan, 6(1).
Zuhriyah, I. A., Maulida, R., & Minnah, A. T. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penerapan Sistem dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru pada Era Digital. Jurnal Arrisalah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.