Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
This study aims to determine the effect of using the Teams Games Tournament model assisted by interactive multimedia on the learning outcomes of elementary school students in cluster 9 (nine) Bengkulu City. This research is a quantitative using a quasy-experimental research method and The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were grade IV students of cluster XII Bengkulu City. While the samples were IVA class students of SDN 60 Bengkulu City as the experimental group and IVB class students of SDN 81 Bengkulu City as the control group obtained through cluster random sampling. The techniques used in this study were pre-test and post-test designed in the form of 10 multiple-choice questions. The results of hypothesis test in the experimental group showed that the tcount value using Equal Variences Assumed = 5.615 and the Sig value. (2-tailed) value is 0.000 and the ttable distribution value is 1.692, so that tcount value > ttabel (5.615 > 1.692) and Sig. (2-tailed) 0.000 <0.05. This data shows that there are differences in learning outcomes in the experimental group and control group caused by the treatment of the two different groups. Based on this, it can be concluded that there is an effect of the Teams Games Tournament model assisted by interactive multimedia on the learning outcomes of the knowledge aspects of elementary school students in cluster 9 (nine) Bengkulu City.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model teams games tournament berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa SD gugus XII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasy experiment dan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus XII Kota Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA SDN 60 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 81 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol yang diperoleh melalui cluster random sampling. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan post-test yang dirancang dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 10 soal. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 5.615 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0.000 serta nilai distribusi ttabel adalah 1.692, sehingga thitung > ttabel (5.615 > 1.692) dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelompok yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model teams games tournament berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa SD gugus XII Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N., Ratna, K., Via, Y., Nurhasanah, M., & Purnamasari, W. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Kelas III SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Multi disiplin Dehasen (Mude), 4(1), 161–168. Agusdianita, N., Yusnia, Puspita, R. A., & Kasthori, M. (2025). Penerapan model tgt dalam meningkatkan aktivitas & hasil belajar pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas vd sdn 5 kota bengkulu. Prisiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16(November 2024), 81–88. Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372 Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247 Hasanah, U., & Izzah, N. (2023). The Influence of the Team Game Tournament (TGT) Learning Model on Student Learning Outcomes in Thematic Learning in Grade VI at SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. IJIE International Journal of Islamic Education, 2(1), 41–48. Khotimah, U. (2022). Pengaruh Teknologi terhadap Pembelajaran Abad ke 21. Universitas Lambung Mangkurat, 1–26. Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45. Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta. Nurhasanah, S. S., Nugraha, R. G., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Interaktif Mentimeter terhadap Hasil Belajar IPAS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1628–1634. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1195 Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital. Santosa, D. S. S. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran. Jurnal ecodunamika, 53(9), 1689–1699. Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. Sri, N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103 Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114 Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2100–2112. Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara. Yuniarti, Y., Budiman, N., & Ayudyaningtias, N. (2023). Penggunaan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPA Materi Tata Surya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, IX(I), 1097–1108. Yusnia, Y., Kurniawati, I., Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 462–467. https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/33204 Zahara, B. N. (2024). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Pembelajaran Seni Tari Kelas V SD Negeri di Kecamatan Gading Cempaka. Universitas Bengkulu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.