Efektivitas Modul Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Hak dan Kewajiban di Fase B Sekolah Dasar
Abstract
The research was motivated by low ability in understanding the concepts of rights and obligations and the rare application of varied teaching modules in learning Pancasila Education. The research aims to determine the effectiveness of scientific approach teaching modules to improve the ability to understanding the concepts on material of rights and obligations. The method used a quantitative approach with pre-experimental one group pre-test post-test design. This research involved 26 of third grade students in phase B of elementary school as the sample. Data were collected through observation, interview, and tests that had been tested previously for validity and reliability. Data analysis was conducted using Wilcoxon and N-Gain tests. The results showed that the average score of pre-test 50,40 and post-test 87,65. Based on the results of the average difference test which obtained a significance value of 0,000 < 0,05 which means Ha is accepted, shows that there is a significant increase in a student’s conceptual understanding ability. And then the results of the N-Gain score was 77,44% in the high effectiveness criteria. So it can be concluded that the scientific approach teaching module is effective for improving the ability to understand concepts on the material of right and obligations in phase B of elementary school.
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada materi hak dan kewajiban dan masih jarang penerapan modul ajar yang bervariatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas modul ajar berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi hak dan kewajiban. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pre-experimental one group pre-test post-test design. Penelitian ini melibatkan 26 peserta didik fase B kelas III sekolah dasar sebagai sampel. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Analisis data dilakukan melalui uji Wilcoxon dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 50,40 dan post-test 87,65. Berdasarkan hasil uji perbedaan rerata diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang signifikan. Adapun hasil skor N-Gain sebesar 77,44% berada pada kriteria keefektifan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis pendekatan saintifik efektif untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep materi hak dan kewajiban di fase B sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. (2024). Efektivitas Modul Ajar Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Materi Ekosistem Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056.
Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137
Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283
Fahrurrozi, Edwita, & Bintoro, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ Press.
Fitri, A., Agustina, L., & Septiani, E. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 281 Jakarta. Original Research, 80, 205–212.
Hasibuan, A., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Islami Materi Hak dan Kewajiban terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah 32 Medan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.322
Hendriani, A., Rohayati, E., & Herlambang, Y. T. (2020). Pendidikan dan Keterampilan Berpikir Abad ke-21. Ksatria Siliwangi.
Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303
Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/f6d7x
Khaira, U., Murni, I., & Desyandri. (2023). Uji Praktikalitas Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 34 Sungai Limau. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 119–121.
Kusaeni, I., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2329–2338. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1134
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Murron, F. S., Heryanto, D., Somantri, M., Darmayanti, M., Hendriyani, A., & Hermawan, R. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 880–888. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4411
Nisa, N., Hurit, A. A., & Bari, A. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 416–422. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66971
Nurjanah, S., Hendriani, A., & Somantri, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Tanoma Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Norma di Fase C Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 1–23.
Pancasari, T. D., Utami, W. T. P., Erissandy, N., & Yuniati. (2023). Analisis Penggunaan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 1 Pengasih. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(3), 316–326. https://doi.org/10.33603/y3e82n11
Raini, G. K. (2022). Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.42944
Saputri, A. I. D., Pangestu, E. W. P., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Andayani, T. W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404
Sari, F. W. P., Nurhasanah, & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 118–122. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2236
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarli, S., Anitra, R., & Safitri, S. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Sd Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Ditinjau Dari Gaya Belajar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 150–165. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.208
Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.