Urgensi Literasi Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar: Kajian Literatur dan Strategi Implementasi
Abstract
The transformation of digital technology demands the strengthening of digital literacy since the primary education level. This study aims to examine the urgency of digital literacy in shaping 21st century skills and formulate contextual implementation strategies. This research uses a literature study approach by analyzing five national and international scientific articles relevant to the topic of digital literacy in primary education, published between 2019-2025. The data analysis technique used was thematic content analysis, by systematically reviewing the contents of ten national and international scientific articles to identify the main themes related to the urgency of digital literacy and its implementation strategies in basic education. The results of the literature review of the last ten national and international articles show that digital literacy plays an important role in developing students' critical thinking, collaboration, communication and creativity skills. However, challenges such as disparities in access to technology and lack of teacher training remain significant barriers. Therefore, a collaborative strategy between teachers, schools and government is needed to strengthen digital literacy in primary schools.
Transformasi teknologi digital menuntut penguatan literasi digital sejak jenjang pendidikan dasar. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi literasi digital dalam membentuk keterampilan abad ke-21 serta merumuskan strategi implementasi yang kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menganalisis lima artikel ilmiah nasional dan internasional yang relevan dengan topik literasi digital di pendidikan dasar, terbit antara 2019–2025. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten tematik, dengan menelaah isi dari sepuluh artikel ilmiah nasional dan internasional secara sistematis untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait urgensi literasi digital dan strategi implementasinya di pendidikan dasar. Hasil kajian pustaka terhadap artikel nasional dan internasional sepuluh lima terakhir menunjukkan bahwa literasi digital berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas siswa. Namun demikian, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan minimnya pelatihan guru masih menjadi hambatan signifikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi kolaboratif antara guru, sekolah, dan pemerintah untuk memperkuat literasi digital di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818
Cahya, U. D. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis digital abad 21. In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Efriyana Theresia, & Marpaung Marlin P. (2023). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi, KreativitasDan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD ST. PRS Jakarta Utara. Journal Of Social Science Research, 3(3), 8968–8981. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360
Kusumasari, E. D., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Kurikulum Merdeka. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1399
Maitsa Sajidah, Mita Chairunnisa Rahman, Rinanda Achirani Dewi, Sofi Nur Kamilah, & Neneng Sri Wulan. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 171–182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.821
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
Prabowo, S., Andayani, A., & Hanafi, H. (2023). Literasi Digital dalam Pembelajaran: Perspektif Alumni PGSD. Jurnal Basicedu, 7(1), 99–105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4322
San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti Lumbantobing, Mima Defliyanti Saragih, Al Firman Mangunsong, Chairun Nisa, Johan Pardamean Simanjuntak, & Jamaludin Jamaludin. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Subkhi, M., & Haning Tyas, D. A. (2024). Enhancing Arabic Vocabulary Mastery through Digital Literacy: Overcoming Challenges and Implementing Effective Strategies. Language, Technology, and Social Media, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.70211/ltsm.v2i1.38
Warastuti, W., Prayitno, H. J., & Rahmawati, L. E. (2025). Penerapan Literasi Digital dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 350–365. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4143
winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Isi, Strategi, dan Penilaian. Bumi Aksara.
Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.
Zuhri, S., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Literasi digital dan kecakapan abad ke-21 : analisis komprehensif dari literatur terkini. 5(2), 149–155.
Refbacks
- There are currently no refbacks.