Analisis Problematika Pembelajaran Bilangan Pecahan dan Alternatif Strategi Pemecahannya di Sekolah Dasar

Dewi Indrapangastuti, Novita Riana Sari, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

Mathematics instruction on fractional numbers in elementary schools often poses significant challenges for students due to its abstract nature and limited connection to real-life contexts. These difficulties contribute to poor conceptual understanding and low academic performance among students. This study aims to analyze the problems encountered in the teaching of fractions and to formulate alternative strategies to address them. The research adopts a qualitative descriptive design using a literature review method. The subjects of this study are elementary school students. Data were collected through an extensive review of 14 scientific journals, reference books, and relevant research reports published within the last ten years. The analysis was carried out systematically through stages of abstract screening, comprehensive reading of selected literature, and extraction of relevant information based on the study’s thematic focus. The findings reveal that students’ difficulties in learning fractions are influenced by three main factors: weak understanding of basic fractional concepts, limited instructional methods and media employed by teachers, and psychological and environmental factors that hinder the learning process. Recommended alternative strategies include the implementation of Problem-Based Learning (PBL), the Realistic Mathematics Education (RME) approach, the use of concrete materials and educational games, and the active involvement of parents in supporting the learning process. Innovative, contextual, and interactive instructional approaches have proven effective in enhancing students’ conceptual understanding of fractions in a more meaningful and applicable manner.

Pembelajaran matematika pada materi bilangan pecahan di sekolah dasar seringkali menimbulkan kesulitan bagi siswa karena sifatnya yang abstrak dan minimnya keterkaitan dengan konteks nyata. Kesulitan ini berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dalam pembelajaran bilangan pecahan serta merumuskan alternatif strategi pemecahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kajian pustaka. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek kajian adalah siswa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui penelusuran pustaka dari 14 jurnal ilmiah, buku referensi, dan laporan penelitian yang relevan dalam rentang waktu tahun 2017-2025. Proses analisis dilakukan secara sistematis melalui tahapan telaah abstrak, pembacaan menyeluruh terhadap literatur terpilih, dan penarikan informasi berdasarkan fokus kajian, Hasil kajian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam pembelajaran pecahan dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu: lemahnya pemahaman konsep dasar pecahan, keterbatasan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru, serta faktor psikologis dan lingkungan belajar yang kurang mendukung. Alternatif strategi yang direkomendasikan meliputi penerapan model Problem-Based Learning (PBL), pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), penggunaan media konkret dan permainan edukatif, serta keterlibatan orang tua dalam mendukung proses belajar. Pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan interaktif terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan secara lebih bermakna dan aplikatif bagi siswa sekolah dasar.

Keywords

Bilangan Pecahan, Problematika, Sekolah Dasar, Strategi Pemecahan

Full Text:

PDF

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education , 123-133.

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan Students' Difficulties in Understanding the Concept of Fractions . Journal of Elementary Educational Research, 1-12.

Amirulloh, T. R., Risnasari, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 115-123.

Arini, R., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3247-3256.

Atiaturrahmaniah, Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebaba Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 268-278.

Aulia, A., Putri, A. A., & Kowiyah, K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bilangan dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-9.

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara . Media Pendidikan Matematika, 96-103.

Azura, D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 267-281.

Berliani, E., & Persada, Y. I. (2024). Pengaruh Gejala Psikologis Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Ebtida': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 439-449.

Damarsari, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II di SDN Bangurejo 2 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 253.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-6.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Jurnal Primatika, 61-70.

Hariyani, M., Hermawan, T., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2022). Exploration of Student Learning Obstacles in Solving Fraction Problems in Elementary School. International Journal of Educational Methodology, 505-515.

Hikmah, S. N., & Vioreza, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar . Pusaka: Journal of Educational Review, 12-22.

Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 12-18.

Kholiyanti, A. (2018). Pembelajaran Matematika Dari Konkrit ke Abstrak dalam Membangun Konsep Dasar Geometri Bagi Siswa Sekolah Dasar. Mathematics Education Journal, 40-46.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 35-46.

Maulidina, A., Subrata, H., & Muhimmah, H. A. (2023). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 110-123.

Murni, Y. S., Salimi, M., & Sudarso. (2023). Improvement of Fractional Material Mathematics Learning Outcomes Through a Problem Based Learning Model in Grade 4 Elementary School Students. Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series, 225-233.

OECD. (2022). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education Volume I. OECD Publishing, 1-488.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 264-279.

Primasari, I. F., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 1888-1899.

Rahmawati, A. S., & Wahyudin. (2022). Students Difficulties in Solving Fraction Operations in Elementary School. ICEE-4 " The Direction of Elementary Education in the Future Challenge", 72-80.

Rifdah, K. M., Zaini, M., & Wardhana, K. E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Materi Operasi Bilangan Pecahan Model PBL. Jurnal Pendidikan Profesi Guru (SIPPG), 1-16.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 41-53.

Suciati, I. (2021). Media Permainan “Ular Tangga” pada Pembelajaran Matematika . Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 10-21.

Sumaryana, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 161-169.

Syukra, S. K., Adrias, & Syam, S. S. (2025). Systematic Literature Review: Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Pecahan pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 1-11.

Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 534-540.

Warsito, Nuraini, Y., Sukirwan, & Muhtadi, D. (2018). The Design Learning of Fraction with Realistic Mathematics Education in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1-10.

Yanti, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tentang Pecahan dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1-39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.