Penggunaan Model QODE Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 2 Bumirejo Kebumen

Novita Ramadani, Ade Nofita Karim, Wiwit Triyaningsih, Alvin Rahman, Ahmad Suhadi, Siti Fatimah, Oky Ristya Trisnawati

Abstract

Critical thinking skills are one of the essential 21st-century competencies that students must possess, aimed at enhancing their reasoning abilities in solving problems encountered during the learning process. The objective of this research is to improve critical thinking skills in the subject of local wisdom in the surrounding community using the QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) learning model. This study is a Classroom Action Research (CAR) consisting of 2 cycles, with each cycle comprising 2 sessions. The subject of this research is 28 fourth-grade students at SD N 2 Bumirejo, Kebumen. Data collection techniques used include observation, interviews, documents related to classroom action research, documentation, and tests. Data analysis was conducted using the Miles & Huberman & Saldana model, which consists of data condensation, data display, and data verification. The research results demonstrate that the Local Wisdom-Based QODE Model can enhance students' critical thinking skills at SD N 2 Bumirejo, Kebumen. The improvement rate in Cycle I was 46%, while in Cycle II, it reached 86%. 

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa yang bertujuan untuk meningkatkan nalar siswa dalam memecahkan masalah yang ada pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam materi kearifan lokal di masyarakat sekitarku yang menggunakan model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus,masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SD N 2 Bumirejo, Kebumen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman & Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa  model QODE Berbasis Kearifan Lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SD N 2 Bumirejo, Kebumen. Dengan besar peningkatan di siklus 1 adalah sebesar 46 % dan besar peningkatan di siklus II adalah sebesar 86%.  

Keywords

Model QODE, Kearifan Lokal, Kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References

Aini, N., Surya, Y.F., & Pebriana, P.H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(2), 179-182.

Apriyanti,Y. Lorita, E. Yusuarsono. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Professional FIS UNIVED. Vol.6 (1)

Ardiansyah, Risnita, Jailani. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnalpendidikan Islam. Vol. 1,(2) 1-9.

Chusna, I.F., Aini, I.N., Putri, K.A., & Elisa, M.C. (2024). Literatur Review: Urgensi Keterampilan Abad 21 Pada Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 1-5. doi: 10.17977/um065.v4.i4.2024.1

Fitrian, N., Syaikhu, A., & Rahmad, I.N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu Dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (SEMNARA 2021), 261-269.

Hapsoh, R, S. (2020). Analisis Kesulitan Menentukan Ide Pokok Paragraf Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasanah, A., Anggraini, A. E., & Suciptaningsih. (2024). Analisis Filsafat dalam Proses Berpikir Kritis pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6666-6681, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7736

Irawati, R. (2015). Gambaran Pengenalan Model Pembelajaran Qode (Questioning, Organizing, Doing And Evaluating) Pada Guru IPA SMP Di Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (Jpfa), 5(2), 51-55.

Lestari, V., Imansyah, F., & Fakhrudin, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 423-431.

Miles, M. B, Hubermen, AM, & Saldana, J. (2014). Qualitatif Data Analysis: A Methodes SourceBook (Edition 3). California: SAGE Publication.

Montessori, V.E., Murwaningsih, T., & Susilowati, T.(2023). Implementasi Keterampilan Abad 21 (6c) Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Simulasi Bisnis. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(1), 65-72.

Mulatiningsih, Rindrayani, S, R. (2025). Teknik Dan Instrumen Pengumpulan Data Kuantitatif dan Kualitatif. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial. Vol.7,(2).

Musarwan & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep, Fungsi, dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam. 1(2). 186-199.

Ngatminiati, Hidayah, Y., Suhono. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 8210-8216.

Nikmah, F., Muzdalifah2 , & Retnanto, A. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Terintegrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 129-146.

Nurlinawati, (2022). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Materi Listrik Statis Dengan Model Pembelajaran Qode Berbantu Alat Peraga Pada Siswa Kelas IX. Sumayyah Di SMP Negeri 10 Langsa Tahun 2019. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 17-23.

Putri, N.M. (2024). Mengintegrasikan TPACK dan Kearifan Lokal Melalui Model Inquiri Terbimbing dan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kompetensi Berpikir Siswa SD. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendiidikan Dasar , 9(4), 455-466.

Rizkia, A., Zahrotin, A., Agnafia, D.N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran QODE dan Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pelajaran IPA. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 781-793. DOI: https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-12

Sa’diyah.H., Islamiyah R., Fajari L.E.W. (2022).Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SiswaMelalui Metode Diskusi Kelompok:Literatur Review. Journal of Professional Elementery Education, 1 (2), 148-157.

Shufa, N.K.F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53.

Sumayani, L. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Tanya Jawab di RA Islamiyah Tanjung Morawa. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Utomo, P., Asvio,N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian, Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.