Listentagram: Inovasi Media Pembelajaran Instagram dalam Keterampilan menyimak pada Siswa Kelas X MA An-Najah I Karduluk Sumenep
Abstract
This study is motivated by the low interest and effectiveness of listening learning among tenth-grade students, as well as the development of digital technology. The aim of this research is to describe the implementation of an innovative learning media called ListenTagram (Listening via Instagram) in listening lessons for tenth-grade students at MA An-Najah I Karduluk Sumenep. The subjects of this study were the Indonesian language teacher and 25 tenth-grade students. This research employed a descriptive qualitative approach with data collection techniques including observation and interviews. The data analysis techniques used were data reduction, data display, and conclusion drawing. The results showed that using Instagram as a listening learning medium created a more interactive, enjoyable, and contextual learning atmosphere. Instagram features such as short videos, captions, and comment sections were utilized to train students in understanding meaning, capturing key information, and developing critical responses to audio-visual content. Student participation also increased as they were not only passively listening but also actively interacting with the material and their peers. The conclusion of this study is that ListenTagram is effective as a digital learning innovation that supports the enhancement of listening skills while fostering sustainable learning interest in the digital era.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan efektivitas pembelajaran menyimak pada siswa kelas X serta adanya perkembangan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran inovatif bernama ListenTagram (Listening via Instagram) dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas X MA An-Najah I Karduluk Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran menyimak menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan kontekstual. Fitur-fitur Instagram seperti video pendek, caption, dan kolom komentar dimanfaatkan untuk melatih siswa memahami makna, menangkap informasi penting, serta mengembangkan respons kritis terhadap konten audio-visual. Partisipasi siswa juga meningkat karena mereka tidak hanya menyimak secara pasif, tetapi juga aktif berinteraksi dengan materi dan rekan sejawat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ListenTagram efektif sebagai inovasi pembelajaran digital yang mendukung penguatan keterampilan menyimak sekaligus menumbuhkan minat belajar yang berkelanjutan di era teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal Paud, 35.
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Budiman. (2022). Pemaanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 154.
Feri, N. (2020). Inovasi Pembelajaran: Dari Ide Kreatif di Kepala Sekolah Sampai Praktik Inovatif di Kelas. Lansbang Pustaka.
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus,. Jawa Barat: CV Jejak.
Gunawan, & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Rajawali Pers.
Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Herawati, D. L., & Taofik, D. B. I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Youtube sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 42–46. https://doi.org/10.31980/jls.v4i2.2349
Huljana, A. M., & dkk. (2024). Pengembangan Keterampilan Menyimak Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 44.
Husnun, A. L., & dkk. (2024). Analisis Permasalahan dalam Keterampilan Menyimak pada Kelompok Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indri, 77.
Indah , S. N., & dkk. (2023). Pengaruh Media Soial Instagram dala Pembelajaran Teks Ceramah Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa SMA Negeri 11 Pangkep. Innovatif: Journal Of Social Science Research.
Kustiawan, U. (2016). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Magdalena, I., & dkk. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas VIdi SDN Gondrong 2. Jurnal Edukasi dan Sains, 244.
Moleong. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. PT Global Ekslusif Teknologi.
Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 767–793. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2130
Nisa, E. W., Septiana, I., & Warkito, P. J. (n.d.). Penerapan Media Youtube “ Aku Paham ” Dalam Pembelajaran Teks Biografi Kelas X SMK Negeri 6 Semarang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(02), 127–133.
Pertiwi, S. A., & Dwi , M. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5.
Putra, D. L., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. In Transformation of Mandika (Vol. 4, Issue 8). https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning, Dalam Merdeka Belajar Tekseksposisi. 5(1), 10–21.
Ridwan, A., Abdurrohim, & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plawad 04. 7(2), 276–283.
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence ( AI ) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401
Rudy, S. M. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Pustaka Abadi.
Sari, R., & dkk. (2022). Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa. Junal Dedikasi, 23.
Sobri, S., Hilaliyah, T., Solihat, I., & Safi’i, I. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 103–109. https://doi.org/10.30653/003.202281.217
Sugiono. (2022). Medode Penelitian Kualitatif.
Suwarto, Muzaki, A., & Muhtarom. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531
Wahyu, N. M. (2022). Perspekti mahasiswa Terhdap Literasi Digital Di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran bahasa Indonesia. JurJurnal Literasi.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.