Pengaruh Reliabilitas Instrumen Evaluasi Berbasis Nearpod terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Sosilinguistik

Nora Erika Aulia, Agik Nur Efendi, Liana Rachmatul Wachidah

Abstract

The reliability of an instrument in learning evaluation is a crucial aspect that determines the consistency of measurement results. Reliability testing of evaluation instruments can minimize errors in describing student learning achievement. This study aims to determine the effect of the reliability of Nearpod-based evaluation instruments on student learning outcomes in the Sociolinguistics course. The method used in this study is quantitative with a test-retest approach, namely retesting the same instrument at two different times. The subjects of this study were 20 students of the Indonesian Language Education Study Program, Class of 2023 at UIN Madura. The instrument was in the form of 10 multiple-choice questions tested through the Nearpod platform with a five-day gap between the two tests. The data analysis technique used Pearson Product Moment Correlation which was processed through the SPSS application. The results of the study showed a correlation coefficient value of r = 0.827 with a significance level of p = 0.000, which indicated that the Nearpod-based instrument had very high reliability and was considered feasible and reliable for use. Thus, the Nearpod-based evaluation instrument has a very high level of reliability which contributes significantly to producing consistent and accurate measurements, as well as supporting the improvement of student learning outcomes in sociolinguistics courses.

Keandalan suatu instrumen dalam evaluasi pembelajaran merupakan aspek krusial yang menentukan konsistensi hasil pengukuran. Uji keandalan terhadap instrumen evaluasi dapat meminimalisasi kekeliruan dalam menggambarkan tentang pencapaian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reliabiltas instrumen evaluasi berbasis Nearpod terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sosiolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan test-retest, yakni pengujian ulang suatu instrumen yang sama dalam dua waktu berbeda. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2023 di UIN Madura. Instrumen berupa 10 soal pilihan ganda yang diujikan melalui platform Nearpod dengan jeda lima hari antara kedua tes. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment yang diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,827 dengan tingkat siginifikansi p = 0,000, yang mengindikasikan bahwa instrumen berbasis Nearpod memiliki reliabilitas sangat tinggi serta dinilai layak dan andal untuk digunakan, serta memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, instrumen evaluasi berbasis Nearpod memiliki tingkat reliabilitas sangat tinggi yang berkontribusi secara signifikan dalam menghasilkan pengukuran secara konsisten dan akurat, serta mendukung peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sosiolinguistik.

Keywords

reliabilitas, evaluasi pembelajaran, uji ulang, Nearpod, sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References

Ami, R. A. (2021). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI NEARPOD. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Aryani, P. I., Patmawati, H., & Santika, S. (2023). Penerapan Nearpod Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2966–2976. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1349

Buka, N., Ayu Jayamin, M., Kholis, N., & Akbar Rasyid Program Pascasarjana Uin Alauddin Makassar, N. (2025). Peran Validitas dan Rehabilitas Dalam Evaluasi Pembelajaran. https://doi.org/10.5281/zenodo.15557188

Choiroh, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING ‫ NASKHI Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 2021. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi ‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Development of nearpod-based e module on science material “energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i2.400

Fitriana, D. A. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Matematika Dengan Problem Solving Berbasis Penskoran Politomus. IKLILA: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 5(1), 13–25.

Forester, B. J., Idris, A., Khater, A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian Kuantitatif: Uji Reliabilitas. Dalam Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4).

Indrawan Sanny, B., Kaniawati Dewi, R. (2020). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/jurnal

Khotimah, K., Darwati, S. (2020). Aspek-Aspek dalam Evaluasi Pembelajaran. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6656

Khumaedi, M. (2012). Reliabitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25—30. https://doi.org/10.15294/jptm.v12i1.5273

Mardiani, S. M, Saleh, L. M, Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asmara MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432—439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Nurhabiba, F. D., Misdalina, M., Tanzimah. (2023). Kemampuan Higher Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Berdiferensisiasi SD 19 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 492—504. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1405

Oktaviani, R., & Nurhamidah, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 717–726. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1121

Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578

Pramesti, I. C., & Camellia, C. (2024). Penerapan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa. Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 90–94. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v5i2.2486

Putikadyanto, A. P. A., Efendi, A. N., Romadhon, S., Amin, Moh. B., & Sefrianah, N. A. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Daring di SMAN 1 Pasuruan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 104–116. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5398

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Special Edition Lalongèt IV, 214–226. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancaran/article/view/11752

Rahmawati, L., E., Miftahul, H. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Risky, S. N., Auliya, R., Anjarwati, S., A’liyah, U. H., & Hadi, M. S. (2023). Pemanfaatan E-Media Nearpod dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis dan Motivasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.4952

Rizal Faudiy, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 175—197. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratiningsih, M., & Yeni Cania, P. (2022). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK : ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VIDEO PODCAST DEDY CORBUZIER DAN CINTA LAURA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 244–251. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.209

Swarjana, I., K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tahrir, T., dkk. (2020). Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19: Peluang, Tantangan dan Strategi. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Umami, S., & Delia, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPPGSD), 13(3), 856—870. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/68950

Wachidah, L. R., Laila, Y., Irmawati, A., Amin, S., Bahasa Indonesia, T., & Madura, I. (2020). Implementasi Penggunaan Tes Essay dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tlanakan KONFERENSI NASIONAL LALONGÉT II. https://repository.iainmadura.ac.id/411/1/LIANA_Implementasi%20Penggunaan%20Tes%20Essay%20dalam%20Evaluasi%20Pembelajaran%20Daring.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.