Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Pemecahan Masalah Matematika Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Pendidikan Dasar
Abstract
This study aims to analyze the needs in the development of mathematics problem-solving teaching materials for elementary education students in Indonesia, focusing on the existing challenges in mathematics education, particularly the low problem-solving abilities among students. The method employed is Research and Development (R&D) utilizing the ADDIE model, which comprises five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation; however, this study only utilized the Analysis stage. Data were collected through questionnaires involving 30 students to explore their perceptions regarding the importance of problem-solving skills and the available teaching materials. The research findings indicate a significant gap in the quality and relevance of the current teaching materials, as well as a need for additional, more contextual teaching resources. The study concludes that the development of teaching materials that are responsive to the needs of students is crucial for enhancing problem-solving skills in mathematics education and fostering a generation of more competent educators.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dalam pengembangan bahan ajar pemecahan masalah matematika untuk mahasiswa pendidikan dasar di Indonesia, di mana tantangan dalam pendidikan matematika terutama terletak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah mereka. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi namun pada penelitian ini hanya menggukan tahap Analisis. Data dikumpulkan melalui angket yang melibatkan 30 mahasiswa untuk menggali persepsi mereka terhadap pentingnya kemampuan pemecahan masalah dan bahan ajar yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan signifikan dalam kualitas dan relevansi bahan ajar saat ini, serta kebutuhan akan bahan ajar tambahan yang lebih kontekstual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar yang responsif terhadap kebutuhan mahasiswa sangat penting untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dalam pendidikan matematika, serta menciptakan generasi pendidik yang lebih kompeten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agarwal, P., Idrees, S., & Obaid, A. (2021). Blockchain and iot technology in transformation of education sector. International Journal of Online and Biomedical Engineering (Ijoe), 17(12), 4-18. https://doi.org/10.3991/ijoe.v17i12.25015
Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).
Carbonneau, K., Marley, S., & Selig, J. (2013). A meta-analysis of the efficacy of teaching mathematics with concrete manipulatives.. Journal of Educational Psychology, 105(2), 380-400. https://doi.org/10.1037/a0031084
Darma, Y. and Firdaus, M. (2016). Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif ditinjau dari kemandirian belajar mahasiswa calon guru matematika. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.849
Diman, D., Zanthy, L., Hendriana, H., & Fitrianna, A. (2024). Practicality tests of teaching materials on series and sequences using canva media through realistic mathematical approach. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 7(1), 67-75. https://doi.org/10.22460/jiml.v7i1.19132
Galla, B., Plummer, B., White, R., Meketon, D., D’Mello, S., & Duckworth, A. (2014). The academic diligence task (adt): assessing individual differences in effort on tedious but important schoolwork. Contemporary Educational Psychology, 39(4), 314-325. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2014.08.001
Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah analisis real. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216-3228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2913
Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118-129. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.26985
Nasution, A. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.. https://doi.org/10.31227/osf.io/ftyu6
Netriwati, N. (2016). Analisis kemampuan mahasiswa dalam pemecahkan masalah matematis menurut teori polya. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.32
Ni’am, M. and Asikin, M. (2020). The development of science, technology, engineering, and mathematics (stem)-based mathematics teaching materials to increase mathematical connection ability. Mapan, 8(1), 153. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v8n1a12
Pirma, F. and Caswita, C. (2023). Analysis of the needs for developing e-modules with flipping books as ethnomathematics-based teaching materials. Journal of Mathematics Education, 8(2), 232-239. https://doi.org/10.31327/jme.v8i2.1974
Purba, F., Sihotang, H., Sukma, M., Tarigan, N., Sarah, S., Sihombing, T., … & Prasasti, T. (2024). Analysis of reading and writing skills on the ability to solve math story problems of junior high school students in saribudolok. Education Achievement Journal of Science and Research, 345-355. https://doi.org/10.51178/jsr.v5i2.1870
Saputri, W. D., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Luas Kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Schmidt, F., Fleckenstein, J., Retelsdorf, J., Eskreis-Winkler, L., & Møller, J. (2019). Measuring grit. European Journal of Psychological Assessment, 35(3), 436-447. https://doi.org/10.1027/1015-5759/a000407
Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika pada tingkat sekolah dasar dengan satuan hitung tidak baku khas banyumas. Jurnal Eduscience, 9(1), 227-234. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2571
Subekti, F. and Jazuli, A. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2687
Sumartini, T. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. Pendampingan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III SDN 01 Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 4).
Supriatna, I., Herman, H., Agusdianita, N., Yusnia, Y., & Izzania, R. D. S. M. Model Problem Based Learning Terdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Usher, E., Li, C., Butz, A., & Rojas, J. (2019). Perseverant grit and self-efficacy: are both essential for children’s academic success?. Journal of Educational Psychology, 111(5), 877-902. https://doi.org/10.1037/edu0000324
Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Yunarti, Y. and Ningsih, S. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis web dengan menggunakan adobe dreamweaver cs6 pada mata kuliah evaluasi proses dan hasil pembelajaran semester v program studi teknologi pendidikan universitas baturaja. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(2), 119-128. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v20i2.114
Yusnia, Y., Irawan, O. A., & Agusdianita, N. Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas IV. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.