Kemampuan Numerasi di Sekolah Dasar: Systematic Literature review
Abstract
Numeracy is an important skill for learners to master in understanding and solving daily life problems. This study aims to comprehensively review the literature on numeracy skills of primary school students. This research method is a systematic literature review (SLR). The scientific articles analyzed were articles published from 2020 - 2025 using the keywords numeracy skills, student numeracy factors, mathematical reasoning, and elementary school in the Google Scholar database. The results showed that the numeracy skills of primary school students are basic skills that are broader than ordinary mathematical calculations, including the application of numbers and mathematical symbols to solve various issues faced in everyday life, as well as the ability to analyze data in various formats. Various factors affect numeracy skills, namely cognitive and non-cognitive aspects (self-confidence, mathematical disposition, discipline), variations in student ability levels, lack of numeracy literacy-related training, as well as learning approaches and curricula that need to be adapted to the context of students' real lives. Thus, it is necessary to improve efforts in developing primary school students' numeracy skills through innovative learning strategies by considering other factors that influence it.
Kemampuan numerasi merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai peserta didik dalam memahami dan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang kemampuan numerasi siswa sekolah dasar dengan secara komprehensif. Metode penelitian ini adalah systematic literature review (SLR). Artikel ilmiah yang dianalisis merupakan artikel yang diterbitkan dari tahun 2020 – 2025 dengan menggunakan kata kunci kemampuan numerasi, faktor numerasi siswa, penalaran matematis, dan sekolah dasar pada database Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuam numerasi siswa sekolah dasar merupakan keterampilan dasar yang lebih luas dari perhitungan matematika biasa, meliputi penerapan angka serta simbol matematika untuk memecahkan berbagai isu yang dihadapi dalam keseharian, serta kemampuan dalam menganalisis data dalam beragam format. Berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan numerasi yaitu aspek kognitif dan non-kognitif (self eficacy, disposisi matematis, kedisiplinan), variasi dalam tingkat kemampuan siswa, minimnya latihan terkait literasi numerasi, serta pendekatan pembelajaran dan kurikulum yang perlu disesuaikan dengan konteks kehidupan nyata siswa. Dengan demikian diperlukan upaya peningkatan dalam mengembangkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar melalui strategi pembelajaran yang inovatif dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, D. W., Nurhasanah., & Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066-1070.
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Eraly Childhood, 6(2), 152-158.
Apipatunnisa, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2022). Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Permodelan Rasch. Journal of Elementary Education, 5(4), 668-680.
Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 1-9.
Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10-19.
Hidayati, N., dkk. (2025). Kurikulum Matematika Abad ke-21 di Pendidikan Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (2), 789-801.
Igo, O. P., dkk. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi Di SD Inpres Dhereisa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 324-337.
Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS (Hisgh Order Thingking Skols) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi numerasi di Sekolah dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 50-55.
Karseno. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Didaktikan Pendidikan Dasar, 7(2), 585-602.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. Jakarta: Pusat Assesmen Pendidikan-Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan-Kemendikbudristek.
Khasanah, M., & Abduh, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan dukungan Orang Tua terhadap hasil Belajar matematika Soal Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1529-1543.
Kholifatun, S., Jumini, S., & Sugiyanto, B. (2023). Hubungan Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemahaman Konse Matematika pada Siswa Kelas 5 di MIN 3 Banjarnegara Tahun 2022/2023. Jurnal Pendidikan Modern, 9(1), 37-44.
Mariamah, suciyati., & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 17-19.
Maulyda, M. A., dkk. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619-630.
Mayani, N., Witono, A. H., & Asrin. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDN 2 Selebung Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2549-2554.
Murniati, S. W., Arjudin., Hakim, M. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 28-33,
Ndakularak, I. L., dkk. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 18-27
Nurgiyanto, T. R., Rulviana, V., & Rohmanurmeta, F. M. (2022). Analisis kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Assessmen Kompetensi Minimum (AKM) Matematikan di SDN 01 Klagen. Prosiding Konferensi Ilmiah, 2, 174-184.
Nursyifa, A., & Masyithoh, S. (2023). Analisis Hubungan Literasi Numerasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(1), 22-29.
Prihapsari, V. Y., Hadi, F. R., & Pradana, L. N. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 768-775.
Rafiah, H. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika. Elemnta: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 2(2), 335-345.
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Sekolah Dasar, 2(6), 90-93.
Sastypratiwi, H., & Nyoto, R. D. (2020). Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. 6(2), 250-257.
Simamora, S. C., Gaffar, V., & Arief, M. (2024). Systematic Literature Review dengan Metode Prisma: Dampak Teknologi Blockhain terhadap Periklanan Digital. Jurnal Ilmiah M-Progress, 14(1), 1-11.
Udil, P. A., & Samo, D. D. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SDN Bokong 2. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4 (2), 141-151.
Yohanah, E., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2024). Pengaruh Game Morning Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 19-30.
Yunus, N. A., Djakaria, I., & Hulukati, E. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal Of Mathematics, 2(1), 30-38.
Refbacks
- There are currently no refbacks.