Studi Literatur: Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPAS Melalui Model Team Games Tournament (TGT)
Abstract
Collaborative skills play a crucial role in preparing students to face the challenges of 21st-century education, particularly in the IPAS (Science and Social Studies Integration) subject at the elementary school level. This study aims to review the literature on the Team Games Tournament (TGT) model to improve students' collaborative skills. The study employs a qualitative method with a systematic literature review approach, drawing from various academic sources published between 2020 and 2025, including journals, books, and previous relevant studies. A total of four scientific articles were selected using the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis) method to identify appropriate sources. The subjects of this study are students who demonstrate low levels of collaborative skills. The review findings indicate that the TGT model is effective in creating a collaborative learning environment, enabling students to actively contribute, work productively with others, take responsibility, show flexibility and willingness to compromise, and communicate effectively. Therefore, the Team Games Tournament (TGT) model is recommended as an educational innovation in IPAS learning to enhance collaborative skills among elementary school students.
Keterampilan kolaborasi berperan penting dalam membekali siswa untuk menghadapi tantangan pendidikan di abad 21, khususnya dalam mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji literatur tentang Model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur (systematic literature review) dari berbagai sumber akademik rentang tahun 2020-2025 seperti jurnal, buku, dan hasil penelitian sebelumnya sejumlah empat artikel ilmiah dengan yang menggunakan proses pengumpulan data PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analysis) untuk mendapatkan jurnal yang dibutuhkan. Subjek kajian ini yaitu peserta didik yang masih rendah untuk keterampilan kolaborasi. Hasil kajian menunjukkan model Team Games Tournament (TGT) terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar kolaboratif yang mampu memfasilitasi siswa untuk berkontribusi secara aktif, bekerja sama secara produktif, sikap tanggung jawab, fleksibel dan kompromi serta omunikasi. Dengan demikian, model Team Games Tournament (TGT) dapat direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran IPAS untuk peningkatan keterampilan kolaboratif pada siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, U. B., & Wahyudi, W. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1). 88-97. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/11280/2660/44157
Amanatus Solikhah, L., Nurwinanti, D., & Prajabatan IPA, P. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Coperative Learning Tipe TGT Di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1). 1-9. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/2429
Akbar, E. A., Balqis, B., & Nurhayati, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 197-205. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18326
Anton, A., & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 528-535. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1895
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Chen, Y. S., Chou, C. H., & Chiu, H. Y. (2020). The Effect of TGT Cooperative Learning Strategy on Promoting Compromise Ability Among Elementary School Students in Taiwan. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 16(3).
Devi, R. S., & Mulyasari, E. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 517-526. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.669
Dewi, P. D. K. P., & I Dewa Putu, J. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 Dapat Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 121–133. https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2790
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850-860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459
Hendra, Y., & Rahayu, T. (2020). The Effectiveness Of Teams Games Tournament (Tgt) Learning Model And Make A Match Against Collaboration Ability On Science Content At Fifth Grade Elementary School-Meta Analysis. International Journal of Elementary Education, 4(4), 510–518. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Husamah, Arina Restian, & Rohmad Widodo. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ihwanto, N., Warni, H., & Mashud, M. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model team games tournament. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 12(2), 191-195. https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo
Khotimah, K., Nusantara, T., & Mashfufah, A. (2024). Tantangan Membelajarkan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(1), 73-81. https://journal2.um.ac.id/index.php/sd
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan social learning network dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017, 3(2), 167-172. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/859
Mahrun, M. M., Awaluddin, R., & Ardiansyah, A. (2023). Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dengan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 5(1), 24-35. https://doi.org/10.33627/gg.v5i1.1033
McKay, J., & Sridharan, B. (2024). Student perceptions of collaborative group work (CGW) in higher education. Studies in Higher Education, 49(2), 221-234. https://doi.org/10.1080/03075079.2023.2227677
Milawati, N. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Times Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Disik Kelas VII DI SMP Amal Bakti Jati Agung Lampung Selatan. (Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung) https://repository.radenintan.ac.id/6328/
Muna, F., Saputra, H. J., & Baktiningsih, D. (2023, July). 73. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 659-667).
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. PI-MATH-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1-10. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math
Pratiwi, N. L. P. Y., Gading, I. K., & Suartama, I. K. (2015). Analisis proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran ipa dan dampaknya terhadap hasil belajar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5820
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal penelitian bidang IPA dan pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Setiawan, Z. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sigli (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18750/
Setiawan, Z., & Lastya, H. A. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 05(2), 131–137. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee
Suardin, S., & Andriani, W. O. L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289
Sulorante, L. T. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Koloid Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Bagi KELAS XI IPA DI SMA YPPKK Moria Kota Sorong Tahun 2020. Soscied, 6(1), 171-181. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.613
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037-2041. 10.31004/basicedu.v3i4.260
Teladaningsih, O., Mawardi, M., & Huliana, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 SD: Teams Games Tournament, keterampilan kolaboratif. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 17-30. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530
Wyk, M. M. van. (2015). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183–193. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895
Refbacks
- There are currently no refbacks.