Evaluasi Kesiapan Guru dan Siswa terhadap Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Problem solving Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA

Muhammad Hafid Syafly, Kartika Chrysti Suryandari, Rita Retnosari

Abstract

The rapid development of technology makes learning readiness a crucial competency for both teachers and students. The readiness of teachers and students in implementing digital literacy encompasses an understanding of scientific concepts and the ability to apply knowledge in solving everyday problems. This research aims to evaluate the readiness of teachers and students to face digital literacy in science education to enhance problem-solving skills. This study employs a descriptive qualitative research design with the participation of elementary school teachers and students. A mixed-methods approach was utilized, involving 23 respondents, combining observation sheets, checklists, and interviews to assess the understanding and ability of teachers and students to effectively utilize technology in the learning process. The results, analyzed through descriptive statistics, indicate that teachers and students have met most of the aspects used in the application of digital literacy. This research concludes that teachers and students are considered ready to implement digital literacy learning to improve problem-solving abilities in science education.

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan kesiapan belajar kompetensi penting bagi guru dan siswa, kesiapan guru dan siswa dalam pengimplementasian literasi digital mencakup pemahaman konsep ilmiah dan kemampuan menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru dan siswa dalam menghadapi literasi digital pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan problem solving. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipasi guru dan siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method, dengan mengambil 23 responden yang menggabungkan lembar observasi, ceklist dan wawancara untuk menilai pemahaman dan kemampuan guru serta siswa dalam memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Hasil pengolahan data melalui statistik deskriptif penelitian menunjukkan bahawa guru dan siswa sudah memenuhi sebagain besar aspek yang digunakan dalam penerapan literasi digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru dan siswa sudah dikatakan siap dalam menerapkan pembelajaran literasi digital sebagai peningkatan kemampuan problem solving pada pembelajaran IPA.

Keywords

Literasi Digital, Problem solving, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References

Arsyad, M., Suprayogi, M., Siregar, N., Maysara, Syuhud, Bahri, S., Chodijah, S., Napitupulu, M., Saswati, R., & Sitorus, N. (2025). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Ashari, M., & Idris, N. S. (2019). KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GENERASI DIGITAL NATIVE. Seminar Internasional Riksa Bahasa. https://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1019

Fatimah, S., Prasetyo, S., & Munastiwi, E. (2024). Inovasi dalam Pengajaran IPA di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Teknologi Digital. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), 15–27.

Fiqtianisa, A., & Purwanti. (2025). Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa di era digital. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(3), Article 3.

ISNA, D. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS [Diploma, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/31583/

Kemendikdasmen. (2024). Dikdasmen. http://www.kemendikdasmen.go.id/berita/11392-ptp-connect-2024-ajang-kolaborasi-dan-inovasi-teknologi-pembelajaran

Kurnianto, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaraan Problem solving Disertai LKS pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X M-IPA 3 Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018.

Liputo, M. A. (2025, Februari 23). (PDF) Konsep Teoritis dan Praktik Pemecahan Masalah dalam Pengembangan Literasi Digital. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/389246384_Konsep_Teoritis_dan_Praktik_Pemecahan_Masalah_dalam_Pengembangan_Literasi_Digital

Nastiti, A. G. N., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19741

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202.

Nguyen, L. A. T., & Habók, A. (2024). Tools for assessing teacher digital literacy: A review. Journal of Computers in Education, 11(1), 305–346. https://doi.org/10.1007/s40692-022-00257-5

Puspa, R. D., Asari, A. R., & Sukoriyanto, S. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Kajian Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 86–94.

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Suryandari, K. C., Rohkmaniyah, & Chamdani, M. (2019). Analysis of student responses for scientific reading based project (SRBP) model: Using Rasch modeling. 2194. Scopus. https://doi.org/10.1063/1.5139852

Suryandari, K. C., Rokhmaniyah, R., Salimi, M., & Fatimah, S. (2022). Involvement of Teachers, Parents, and School Committees in Improving Scientific Attitudes of Elementary School Students: Application of Rasch Model Analysis. International Journal of Educational Methodology, 8(4), 783–794. https://doi.org/10.12973/ijem.8.4.783

Sutiadi, A., & Nurwijayaningsih, H. (2016). Konstruksi dan Profil Problem solving Skill Siswa SMP dalam Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 37–42.

Syafrial, H. (2023). Literasi Digital. Nas Media Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.