Pengaruh Guru Pendamping Khusus terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif
Abstract
GPK play a key role in the learning process for inclusive education, but some inclusive schools do not yet meet the need for special education teachers. The purpose of this study is to determine the influence of special education teachers on the implementation of inclusive education. This study uses a quantitative correlation method with data collection techniques through questionnaires, observations, and interviews. The population of this study consists of special education teachers in inclusive schools across Kebumen Regency, and the sample was selected using purposive sampling. Data analysis techniques employed Pearson's correlation with the assistance of SPSS. The results of the study indicate that the correlation coefficient at a significance level of 0.01 indicates a strong correlation between special education teachers and the implementation of inclusive education. This strong relationship should be considered to ensure that teachers are evenly distributed across all inclusive schools, enabling education for children with special needs to proceed smoothly and equitably. The conclusion of this study is that GPK have a positive influence on the implementation of inclusive education.
GPK dalam proses pembelajaran untuk pendidikan inklusif menjadi bagian yang utama tetapi ada beberapa sekolah inklusi yang belum memenuhi kebutuhan akan guru pendamping khusus. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh guru pendamping khusus terhadap implementasi pendidikan inklusif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Populasi dari penelitian ini yaitu guru pendamping khusus di sekolah inklusi se-Kebupaten Kebumen dan sampel diambil menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil korelasi pada signifikasi sebesar 0,01 yang menyatakan bahwa hubungan antara guru pendamping khusus dengan implementasi pendidikan inklusif berkorelasi kuat. Hubungan yang kuat dapat menjadi perhatian untuk meratakan guru di setiap sekolah inklusi sehingga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dapat berjalan dengan baik dan seimbang. Simpulan penelitian ini yaitu GPK berpengaruh positif terhadap implementasi pendidikan inklusif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliani, R., Yunitasari, S. E., Fajriah, D., Salmiani, S., & Gustini, E. (2024). Sarana dan Prasarana Sekolah Inklusi “Kunci Sukses Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 361-366. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.361-366.2024
Aprianti, Y., Ramdani, I. L. A., Ali, M., Rifki, M., & Utomo, R. B. Perspektif Teori Konstruktivisme Vygotsky terhadap kemampuan bersosialisasi siswa slow learner di sekolah dasar inklusi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 9(1), 135-147. https://doi.org/10.20961/jdc.v9i1.99167
Arifin, F., Supena, A., & Yufiarti, Y. (2023). Praktik Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 198-208. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4191
Chamdani, M., Fatimah, S., & Maryanti. (2022). Inclusive School Learning Management In Kebumen District. In Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 2(1), 359-376.
Juntak, J. N. S., Rynaldi, A., Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 5(2), 205-214.
Kompas. (2023). Defisit Guru Pendamping Khusus Hambat Pendidikan Inklusi. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/11/12/defisit-guru-khusus-menghambat-pendidikan-inklusi diakses tanggal 1 Juli.
Kurnianingrum, D., & Darsinah. (2023). Pengaruh BIMTEK Guru Pembimbing Khusus terhadap Kinerja Guru Pembimbing Khusus TK Inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3935-3945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4807
Martina, N. I., & Fauji, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Berbahasa terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Kelas X PPDU Putri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3741-3746. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4077
Munawir, M., Septya, N. M., Amalia, R., & Muallifa, Z. (2025). Tantangan dan Strategi Guru Profesional dalam Menangani Keberagaman Siswa di Pendidikan Inklusif. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(2), 275-283. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i2.858
Nisrina, N., & Sa’adah, M. A. (2025). Optimalisasi Peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam Menerapkan Permainan Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sd Islam Al Madani Banjarbaru. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 3(6), 540-551.
Nurhayati., Satispi, E., Izzatusolekha., & Salam, R. (2023). Implementation of Inclusive Education Policies in the City of Tangerang Selatan. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 6(2), 1–17. https://doi.org/10.54783/endlessjournal.v6i2.147
Pauji, A. I. (2024). Strategi Pengelolaan Model Pendidikan Inklusif sebagai Sekolah Ramah Anak bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Manajerial| Journal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 127-138.
Prasetyo, A. (2022). The Marginalization of Children with Disabilities in Indonesia: A Case Study. International Journal of Inclusive Education, 26(1), 33-46.
Pratiwi, L. T., Maghfiroh, M. N., Andika, D. S., Marcela, I. N., & Afifah, A. F. (2022). Permasalahan yang dihadapi dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314-318. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.704
Pujiaty, E. (2024). Strategi Pengelolaan Pendidikan Inklusif untuk Meningkatkan Aksesibilitas di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(2), 241-252. https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.584
Rahman, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & Suradi, S. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1075-1082. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1075-1082.2023
Rahmawati, Y., Syaodih, C., Nurjanah, S., Ambarwati, Y., & Ningrum, L. (2023). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pembimbing Khusus Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Ibnu Sina. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 414-427. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.562
Rizqianti, N. A., Ningsih, P. K., Ediyanto, E., & Sunandar, A. (2022). Implementasi Tugas Guru Pembimbing Khusus serta Kendala sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Sekolah Inklusi Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 67-75. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.609
Santoso, B. (2021). Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepala Masyarakat (JPPM), 2(3), 473–483.
Sembung, M. P., Rotty, V. N. J., & Lumapow, H. R. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 613-621. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384
Surianto, S. P., & PMat, M. (2025). Pendidikan Inklusif (Perspektif Teori dan Praktek). Umsu Press.
UNESCO. (2025). What You Need to Know About Inclusion in Education. https://www-unesco-org.translate.goog/en/inclusion-education/need-know?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc diakses pada 1 Juli 2025.
Waruwu, M., Puat, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917-932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61-66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313-327. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2270
Yusuf, M., Anggarani, F. K., Wiliyanto, D. A., & Supratiwi, M. (2023). Program Mahasiswa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Suporting Guru Pembimbing Khusus di Sekolah Inklusi Kota Surakarta. SPEED Journal: Journal of Special Education, 7(1), 90-98.
Refbacks
- There are currently no refbacks.