Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Muhamad Romdon, Maulida Aulia Rahman, Rakhmi Rakhmanissa Budhiningsih, Lutfi Asyari, Karantiano S Putra

Abstract

The increasing phenomenon of deviant behavior among elementary school students has become a problem in the formation of student character. This research is quantitative research. The sample from this research was class V at SDN 2 Haruman Leles, totaling 30 students. Data collection techniques in this research used questionnaires and documentation. Data analysis techniques in this research include normality tests, homogeneity tests, linearity tests using the SPSS version 22 for Windows program. Based on the results of research and data analysis regarding the influence of parenting patterns on the character formation of class V children at SDN 2 Haruman Leles, the calculated F value was 4.569 > F table 4.20, meaning that rejecting Ho was rejected and Ha was accepted, with an influence of 33%. And it has a regression value of 0.007 so it has the influence of parental parenting on character. It can be concluded that there is an influence of parental parenting on the character formation of students at SDN 2 Haruman  Leles.

Meningkatkanya fenomena perilaku menyimpang dikalangan siswa sekolah dasar menjadi sebuah permasalahan dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter siswa. Kelas V sekolah dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini kelas V di SDN 2 Haruman Leles yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas menggunakan program SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SDN 2 Haruman Leles, diperoleh nilai nilai F hitung 4,569 > F tabel 4,20 artinya menolak Ho ditolak dan Ha diterima, dengan memiliki pengaruh sebesar 33%. Serta memiliki nilai regresi sebesar 0,007 sehingga memiliki pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter. Sehingga didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter siswa SDN 2 Haruman Leles.

Keywords

Pola Asuh Orangtua, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. ISTIQRA.

Elminah, Hesrawati, E. D., & Syafwanti. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Sosial Dan Teknologi.

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240–246.

Muhibbah, U., & Kurniawan, M. I. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 974–985.

Nafisah, I. L., & Basuki, D. D. (2023). Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Pada Anak Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 272–282. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.545

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Nurlaela, L. S., Pratomo, H. W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Pembentukan Karakter Anak pada Siswa Kelas III Mandrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Asasul Huda Ranjikulon. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), 226–241.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Prastyawati, T., Aji, S. D., & Soraya, J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Otoriter, Autoritatif, Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPS.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.

Sulastri, N. M., & Hariyanti, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di Paud Taman Bangsa Gegutu. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Urvita, R., Nugrahini, W. A., Yuana, P., Membangun, W. :, Siswa, K., Dasar, S., Harmilasari, M., Wati, P. Y., Slamet, U., & Surakarta, R. (2021). MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI POLA ASUH ORANG TUA UNTUK PERANGI TINDAKAN BULLYING (Vol. 13, Issue 2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.