Pelatihan Pembuatan Modul Cerita Rakyat Madura Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru SD melalui Literasi Digital Libraries The University of Iowa
Abstract
This community service initiative was motivated by the suboptimal preservation of local culture through primary education due to limited learning resources integrated with local wisdom. This study aims to enhance the knowledge and skills of elementary school teachers in developing Madurese folktale modules based on local wisdom through digital literacy-based training, particularly utilizing the Digital Libraries from The University of Iowa. The method used was descriptive qualitative in the form of community service, consisting of preliminary study, training design, implementation, and evaluation stages. The data were analyzed qualitatively using data reduction, data display, and conclusion drawing techniques. The results showed that the training successfully improved teachers' ability to access digital references, develop contextual folktale modules, and strengthen collaboration between schools and local communities in documenting culture. Teachers also demonstrated increased creativity and enthusiasm in adapting folktales into teaching media suited to students’ characteristics. Thus, the training proved effective in empowering teachers to develop culturally-based learning relevant to the digital era and contributing to sustainable education.
Pengabdian ini dilatalarbelakangi belum optimalnya pelestarian budaya lokal melalui pendidikan dasar karena keterbatasan sumber belajar yang terintegrasi dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SD dalam menyusun modul cerita rakyat Madura berbasis kearifan lokal melalui pelatihan berbasis literasi digital, khususnya memanfaatkan Digital Libraries dari The University of Iowa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tahapan studi pendahuluan, desain pelatihan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam mengakses referensi digital, menyusun modul cerita rakyat yang kontekstual, serta memperkuat kolaborasi antara sekolah dan komunitas lokal dalam pendokumentasian budaya. Guru-guru juga menunjukkan peningkatan kreativitas dan antusiasme dalam mengadaptasi cerita rakyat ke dalam media ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Dengan demikian, pelatihan ini efektif sebagai upaya pemberdayaan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis budaya lokal yang relevan dengan era digital dan berkontribusi pada pendidikan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E. M. Y. S. R. (n.d.). Pengembangan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas VII MTs Bahrul Ulum di Kabupaten Ketapang. 71–72.
Alatas, M. A. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia (H. A. Ghazali, Ed.). Malang: CV. Madza Media. Retrieved from http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/327
Alatas, M. A., & Albaburrahim. (2021). Penggunaan Teknik Modelling Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 177–192. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.160
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., Efendi, A. N., & Zahroh, F. (2022). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa IAIN Madura: Teknik dan Strategi Pengelolaan Kelas Praktik Platform Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Special Ed, 352–360. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8175
Ashoumi, H., & Yusuf, M. A. (2024). Pendidikan Inklusi : Integrasi Konsep Konstruktivistik Vygotsky dan Landasan Al-Qur ’ an untuk Mendukung SDGs 4. 14(3), 321–344. https://doi.org/10.33367/ji.v14i3.6308
Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2021). Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian …, 1(3), 258–266. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.166
Fathoni, T. (2025). Integrasi Konsep Pengalaman Belajar John Dewey Dalam Pembelajaran Al-Qur ’ an Anak. 5(2), 124–139.
Horst, R., & Gladwin, D. (2024). Multiple futures literacies: An interdisciplinary review. Journal of Curriculum and Pedagogy, 21(1), 42–64. https://doi.org/10.1080/15505170.2022.2094510
Iqbal Nurul Azhar. (2016). KONSTRUKSI PETA CERITA RAKYAT MADURA DI PULAU MADURA Madurese Folktales Map Construction in Madura Island Iqbal. Kongres Budaya Indonesia.
Mujianto, G., & Sudjalil, S. (2021). Pengelolaan kelas pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bidang studi bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Malang. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(2), 255–265. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14057
Nasbey, J. S. S. Y. R. M. R. M. H. M. W. R. M. F. K. R. H. D. C. D. P. N. B. I. M. H. (2023). Pengantar Literasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Purwasih, R., & Apsari, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru Ma Cahaya Harapan Melalui Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Lms Moodle Di Era Post Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1060
Rofi’i, M., & Effendy, M. H. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI di MA Al-Husaini Pasanggar Pegantenan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan …, 52–60. Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancaran/article/view/2986
Rokhmansyah, W. A. H. E. D. S. A. (2019). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepala Dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. 3(4), 442–452.
Sri Devi Handayani Simanjuntak, Sri Wahyuni, & Azlin Atika Putri. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.174
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. Retrieved February 8, 2020, from Kompas website: https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/
Syafitri, E., Nisa, K., Anim, A., Sirait, S., Rahmadani, E., & Rahayu, S. (2024). Analisis Kesulitan Pelaksanaan Perkuliahan PPG Dalam Jabatan dalam Lingkup Kemendikbud. Journal of Education Research, 5(1), 230–240. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/829
Woldu, M. G. (2024). Unlocking the potentials of community ecotourism: a promising agent of post war reintegration and sustainable development for Ethiopia and Eritrea. Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2386711
Refbacks
- There are currently no refbacks.