Inovasi Media Pembelajaran Powtoonsimakvasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Observasi Kelas X Sekolah Menengah Atas

Moh. Da’i, Mochamad Arifin Alatas, Iswah Adriana

Abstract

The development of the digital era, which demands the integration of technology in learning, requires innovative media that can actively and reflectively sharpen students' listening skills, such as using PowToonSimakvasi as an interactive medium in learning observational report texts. This research aims to examine the application of the PowToonSimakvasi learning media in improving students' listening skills for observational report text material. This research was conducted in class X of Raudlatul Jannah High School using a descriptive qualitative approach with observation and documentation techniques. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of PowToonSimakvasi is able to increase concentration, active participation of students, and improve students' understanding of observational report texts. The advantages of this medium lie in its use of engaging audio-visual elements for students, its flexibility, and its ease of access, which will optimally support learning achievement goals. However, this media is also influenced by the availability of adequate infrastructure and the competence of teachers to apply this digital platform. Therefore, PowToonSimakvasi media can be recommended as a relevant medium for the demands of the digital age, effective in supporting Indonesian language learning, especially for observational report text material.

Perkembangan era digital yang menuntut integrasi teknologi dalam pembelajaran, dibutuhkan media inovatif yang dapat mengasah keterampilan menyimak siswa secara aktif dan reflektif, seperti penggunaan PowToonSimakvasi sebagai media interaktif dalam pembelajaran teks laporan observasi. Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media pembelajaran PowToonSimakvasi dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa terhadap materi teks laporan observasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMA Raudlatul Jannah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi PowToonSimakvasi mampu meningkatkan konsentrasi, partisipasi aktif dari peserta didik, dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap teks laporan observasi. Keunggulan media ini terletak pada penggunaan audio-visual yang menarik pada siswa, fleksibelitas pengunaannya, serta kemudahan dalam aksesnya, sehingga akan mendukung terhadap tujuan capaian pembelajaran secara optimal. Namun, media ini juga dipengaruhi oleh ketersedian infrastruktur yang memadai dan juga kompetensi guru untuk mengaplikasikan platform digital ini. Oleh karena itu media PowToonSimakvasi dapat direkomendasikan sebagai media relevan dengan tuntutan di era digital yang efektif dalam mendukung pembelajaran bahasa indonesia, terlebih khusu dalam materi teks laporan observasi.

Keywords

Media Pembelajaran, PowToonSimakvsi, Teks Laporan Observsi

Full Text:

PDF

References

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiana, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Astuti, E. D. P., Widagdo, P. P., & Irsyad, A. (2023). Pembuatan Video Alur Pelayanan Kepegawaian pada Sub Bagian Pembinaan di Kejaksaan Negeri Samarinda dengan Powtoon sebagai Media Informasi. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(1), 32–38.

Ergawati, Affan, I., Zulfahmi, T., Liesmaniar, C., Marsithah, I., & Milfayetty, S. (2023). Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaan. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 212.

Huberman, M. B. M. & A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.

Laia, E. (2023). analisis struktur teks laporan observasi siswa kelas x sma negeri 2 susua tahun pelajaran 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23.

Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61–66.

Ningsih, F. (2025). Pengembangan media Powtoon untuk meningkatkan motivasi dan pembelajaran ekonomi. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(13), 40–58.

Risana, F., Herlina, Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Safe’i, I. (2025). Transformasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam: Dari konvensional ke pendekatan student-centered learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 619–632.

Rizqillah, Z. A. N., & Hanindita, A. W. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Media Powtoon Pada Materi Menulis Teks Puisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd: The Effect Of Project Based Learning Model Based On Powtoon Media On The Material Of Writing Poetry Texts On The Learning . Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 15(1), 94–102.

Safitri, Y., & Jupriyanto. (2025). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Budaya dalam Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 84–96.

Subroto, D. E., Rahmadani, K., & Sianturi, R. (2025). Implementasi Video Animasi Melalui Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Kelas X Di Smk Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Dinamika Pendidikan Nusantara, 6(1).

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140.

Wibowo, H. S. (2023). Teknologi Media Pembelajaran. Tiram Media.

Yogi, A. S., Pahriyah, S., Ani, S. I., Japar, M., & Kardiman, Y. (2025). Inovasi Pembelajaran Pkn Di Era Digital Dengan Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 484–494.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.