ExposeTube Media Pembelajaran Youtube dalam Me nulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas

Mila Ayu Sri Wardani, Mochamad Arifin Alatas, Aguspurnomo Ahmad Putikadyanto, Aldi Firnanda

Abstract

This study examines the use of ExpoTube as a YouTube-based learning media in the process of teaching writing exposition texts to grade XII students at SMA Negeri 1 Pademawu. The background of this study is the low interest and ability of students in writing exposition texts systematically, logically, and persuasively. The purpose of this study was to describe the effectiveness of ExpoTube in improving exposition text writing skills and to reveal students' responses to the media. This study used a quantitative approach with a one-group pretest-posttest pre-experimental design. The subjects of the study were grade XII students who were selected purposively. The research instruments included an exposition text writing test and a questionnaire to determine students' responses. The results showed a significant increase in the ability to write exposition texts after learning using ExpoTube, indicated by an increase in the average posttest score compared to the pretest. In addition, the majority of students gave a positive response to the use of ExpoTube because it was considered interesting, easy to access, and helped understand the structure and linguistic characteristics of exposition texts. Thus, it can be concluded that ExpoTube is an effective and innovative learning media to improve the ability to write exposition texts at the high school level.

Penelitian ini meneliti penggunaan ExpoTube sebagai media pembelajaran berbasis YouTube dalam proses pengajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Pademawu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi secara sistematis, logis, dan persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggetahui efektivitas ExpoTube dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi serta mengungkap tanggapan siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XII yang dipilih secara purposif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan mengacu pada model analisis interaktif Miles dan Huberman. Data kemudian ditelaah secara tematik guna mengidentifikasi pola-pola peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi serta kecenderungan tanggapan siswa terhadap pemanfaatan ExpoTube. Instrumen penelitian mencakup tes menulis teks eksposisi dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks eksposisi setelah pembelajaran menggunakan ExpoTube, ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata posttest dibandingkan dengan pretest. Selain itu, mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan ExpoTube karena dinilai menarik, mudah diakses, dan membantu memahami struktur serta ciri kebahasaan teks eksposisi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ExpoTube merupakan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi di jenjang SMA.

Keywords

ExposeTube, media pembelajaran, teks eksposisi

Full Text:

PDF

References

Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.

Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118

Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Feri, N. (2020). Inovasi Pembelajaran: Dari Ide Kreatif di Kepala Sekolah Sampai Praktik Inovatif di Kelas. Lansbang Pustaka.

Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137

Gunawan, & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Rajawali Pers.

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id

Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196

Herawati, D. L., & Taofik, D. B. I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Youtube sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 42–46. https://doi.org/10.31980/jls.v4i2.2349

Moleong. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. PT Global Ekslusif Teknologi.

Mustafa, P. S., & Suryadi, M. (2022). Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 767–793. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2130

Nisa, E. W., Septiana, I., & Warkito, P. J. (n.d.). Penerapan Media Youtube “ Aku Paham ” Dalam Pembelajaran Teks Biografi Kelas X SMK Negeri 6 Semarang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(02), 127–133.

Putra, D. L., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. In Transformation of Mandika (Vol. 4, Issue 8). https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning, Dalam Merdeka Belajar Tekseksposisi. 5(1), 10–21.

Ridwan, A., Abdurrohim, & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plawad 04. 7(2), 276–283.

Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124

Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence ( AI ) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401

Sobri, S., Hilaliyah, T., Solihat, I., & Safi’i, I. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 103–109. https://doi.org/10.30653/003.202281.217

Sugiono. (2022). Medode Penelitian Kualitatif.

Suwarto, Muzaki, A., & Muhtarom. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.